whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Jenis-jenis CPU Sockets

Soket CPU mengunci unit pemrosesan pusat pada tempatnya, mencegahnya bergerak atau rusak. Ini juga membuat koneksi antara CPU dan board sehingga data dapat ditransfer ke CPU untuk diproses dan dikembalikan. Model dan tipe komputer yang berbeda memerlukan jenis soket CPU yang berbeda, karena tidak semua CPU kompatibel dengan setiap jenis soket. Perbedaan utama antara soket CPU adalah bagaimana dan di mana mereka terhubung ke CPU.

Socket PGA
Socket pin grid array (PGA) biasanya paket persegi yang terdiri dari sejumlah lubang di sebuah array. CPU itu sendiri memiliki pin yang dimasukkan ke dalam soket. Susunan pin pada CPU harus sesuai dengan slot pada soket; jika tidak, CPU tidak akan terhubung dengan benar ke board. Untuk mengamankan CPU ke soket PGA, Anda harus menekan ke bawah hingga pegas menguncinya - namun, jika Anda tidak memasang pin dengan benar, Anda dapat menekuk atau merusaknya.

ZIF Socket
Soket zero insertion force (ZIF) adalah perpanjangan dari soket PGA, dengan pin pada CPU. Dengan soket ZIF, Anda tidak perlu menekan CPU untuk menguncinya. Sebagai gantinya, Anda cukup meletakkan CPU ke dalam soket, lalu menguncinya menggunakan tuas atau slider di sisi soket. Ini menghasilkan lebih sedikit risiko Anda merusak CPU ketika Anda mencoba memasukkan atau melepasnya dari soket.

Soket LGA
Soket susunan jaringan kotak (LGA) pada dasarnya bertolak belakang dengan soket PGA. Alih-alih memiliki pin yang terhubung ke CPU, mereka terhubung ke soket itu sendiri sementara CPU memiliki slot dengan konektor. Untuk mengunci CPU ke dalam soket LGA, Anda harus meluruskan pin dan memberikan sedikit tekanan. Soket LGA secara keseluruhan kurang rapuh dibandingkan soket PGA, dan Anda juga dapat menyolder paket menggunakan teknologi surface mount.

Soket BGA
Array kisi-kisi bola (BGA) adalah varian lain pada soket PGA - tetapi bukannya pin, soket BGA memiliki bantalan tembaga yang disolder ke paket. Ini berarti bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang kerusakan beberapa ratus pin, terutama karena arsitektur pin-chip mendesain CPU dengan pin lebih dekat dan lebih dekat bersama. Ini juga berarti ada lebih sedikit jarak untuk perjalanan data, jadi ada sedikit peluang bahwa sinyal akan terdistorsi.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101308532.html

Jaringan
  • Jenis-Jenis Peretas Komputer

    Setiap sudut dunia maya telah dipengaruhi oleh upaya peretas. Peretas mengeksploitasi kelemahan dalam sistem keamanan dan program komputer untuk mendapatkan akses tanpa izin. Apa yang mereka lakukan dengan akses itu pada akhirnya tergantung pada jenis peretas mereka. Peretas biasanya dikategorik

  • Jenis-jenis Memori Eksternal

    Memori eksternal dapat berarti banyak hal tetapi apa yang kebanyakan orang pikirkan adalah penyimpanan portabel. Penyimpanan portabel dapat berkisar dari flash drive portabel, hard drive, atau kartu memori yang digunakan dalam perangkat seperti kamera. Menggunakan memori eksternal adalah cara yang b

  • Definisi Penggunaan CPU

    Penggunaan CPU adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seberapa banyak prosesor bekerja. Penggunaan CPU komputer dapat bervariasi tergantung pada jenis tugas yang sedang dilakukan oleh prosesor. Penggunaan CPU dapat dimonitor untuk melihat seberapa banyak kapasitas prosesor yang diguna

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com