whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Perbedaan Antara Ethernet, Token Ring, FIDDI & Wireless

Menurut laporan Sensus terbaru, 70 persen rumah tangga di Amerika Serikat memiliki setidaknya satu komputer yang terhubung ke Internet, digunakan untuk komunikasi, mencari berita dan informasi, dan tugas-tugas lain seperti belanja online. Jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya bervariasi selama bertahun-tahun. Sementara Ethernet dan jaringan nirkabel adalah yang paling umum saat ini, ini tidak selalu terjadi. Pada suatu waktu, Token Ring adalah yang paling umum. Setiap teknologi jaringan memiliki kemampuan dan keterbatasannya sendiri, termasuk kecepatan dan jangkauan data, sehingga berguna dalam beberapa situasi, tetapi tidak berguna dalam situasi lain.

Ethernet
Ethernet adalah teknologi jaringan yang paling umum digunakan dalam jaringan area lokal dan dapat dengan mudah diidentifikasi oleh konektor RJ-45 pada masing-masing kabelnya, yang menyerupai jack telepon ekstra-lebar. Kabel Ethernet, yang biasanya biru, kuning atau merah, sedikit lebih ramping dari sedotan dan memiliki jangkauan maksimum 328 kaki. Ethernet dapat membawa hingga 10 megabit per detik (Mbps), yang merupakan 10 juta bit informasi setiap detik. Fast Ethernet dapat membawa hingga 100Mbps dan gigabit Ethernet dapat membawa hingga 1000Mbps. Data dikirim dalam paket, dengan setiap paket berisi informasi untuk menentukan ke mana data akan dikirim dan sebuah checksum yang memastikan bahwa tidak ada data dalam paket yang rusak atau hilang selama transmisi. Salah satu alasan Ethernet sangat populer adalah karena mendukung Protokol Kontrol Transmisi dan Protokol Internet yang digunakan oleh Internet, seperangkat protokol yang dikenal sebagai TCP /IP.

Token Ring
Dikembangkan oleh IBM, Token ring pernah menjadi teknologi populer yang digunakan dalam LAN sebelum sebagian besar organisasi pindah ke Ethernet. Saat ini mungkin sulit ditemukan. Seperti namanya, komputer disusun dalam cincin dan token tunggal terus-menerus diteruskan dari komputer ke komputer. Ketika komputer ingin mengirim data ke komputer lain, ia menunggu token untuk muncul dan kemudian melampirkan datanya ke dalamnya. Token tersebut kemudian diteruskan ke komputer berikutnya di dalam cincin sampai mencapai komputer penerima. Penerima menempelkan dua bit data ke token untuk memberi tahu pengirim bahwa data telah diterima. Komputer lain tidak dapat mengirim data sampai dering gratis lagi. Ini mungkin terdengar lambat, tetapi sebenarnya sangat cepat untuk waktunya - hingga 16Mpbs.

FDDI
Antarmuka Data Terdistribusi Serat adalah seperangkat standar untuk mentransmisikan data melalui kabel serat optik dalam rentang waktu ke atas ke 124 mil. FDDI biasanya digunakan sebagai tulang punggung dalam Wide Area Network (WAN), seperti yang menghubungkan dua bangunan berbeda di kota yang sama. FDDI mirip dengan Token Ring kuno, tetapi menggunakan dua cincin token: cincin primer dan cincin sekunder, masing-masing mampu membawa 100Mbps. Jika dering utama berfungsi dengan benar, cincin cadangan juga dapat digunakan, menggandakan kapasitas hingga 200Mbps. Namun, dual ring memiliki jarak maksimum hanya 62 mil. Untuk jarak yang lebih jauh dari itu, hanya satu dering yang dapat digunakan sekaligus.

Nirkabel
Meskipun Nirkabel dapat merujuk ke banyak teknologi, dalam jaringan teknologi yang paling umum digunakan di rumah dan kantor adalah 802.11 Nirkabel Lokal Area Network (WLAN), juga disebut Wi-Fi. Akses ke WLAN dikendalikan oleh titik akses nirkabel, yang umumnya merupakan router nirkabel. Komputer atau perangkat nirkabel apa pun - seperti iPhone, laptop, atau TV pintar - harus meminta akses dari titik akses dan memberikan kata sandi yang sesuai jika diminta sebelum bergabung dengan jaringan nirkabel. Saat ini, nirkabel tercepat adalah teknologi 802.11n, yang dapat mengirimkan hingga 300Mbps. Teknologi 802.11ac yang akan datang dapat mentransfer hingga 433Mbps. Meskipun rentang dipengaruhi oleh penghalang dan bahkan kondisi atmosfer, jangkauan umumnya hingga 230 kaki di dalam ruangan dan 800 kaki di luar ruangan.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101308531.html

Jaringan
  • Perbedaan Antara GPRS & EGPRS

    Perbedaan operasi antara GPRS dan EGPRS adalah bahwa EGPRS, juga disebut EDGE, adalah pengembangan yang lebih baru dan perluasan teknologi GPRS yang menawarkan kecepatan transfer data paket yang jauh lebih cepat. Ini mengarah ke pengalaman data seluler yang lebih baik secara keseluruhan. GPRS GP

  • Perbedaan Antara DSL & VDSL

    Internet telah berkembang menjadi kekuatan dunia yang ditenagai oleh teknologi yang terus berubah. Bertahun-tahun yang lalu, satu-satunya keputusan yang harus diambil oleh pengguna Internet adalah apakah akan memasang saluran telepon kedua, karena sedang online sepanjang hari menghasilkan sinyal

  • Perbedaan Antara SNMP V2 & V2C

    Protokol Manajemen Jaringan Sederhana adalah protokol Internet yang digunakan untuk mengelola perangkat di jaringan. Protokol telah mengalami beberapa transformasi sepanjang pengembangannya. SNMP Versi 2 adalah salah satu transformasi tersebut, dirilis pada 1990-an dan memiliki sub-protokol send

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com