whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Jenis-Jenis Motherboard Connectors

Motherboard adalah papan sirkuit cetak terbesar di dalam casing komputer. Semua komponen di komputer terhubung dengan cara tertentu ke motherboard, dan berfungsi sebagai semacam pengontrol lalu lintas untuk data yang dikirim ke dan dari komponen komputer. Motherboard memiliki konektor untuk banyak jenis komponen yang berbeda, dan tata letak satu komponen dapat membingungkan bagi seseorang yang memeriksa bagian dalam komputernya untuk pertama kalinya.

Soket CPU
Soket CPU adalah susunan ratusan lubang atau pelat logam yang dihubungkan dengan unit pemrosesan pusat komputer. Soket CPU memasok daya ke prosesor dan memungkinkan data dikirim ke dan dari prosesor dari memori komputer.

Soket Memori
Motherboard biasa memiliki setidaknya dua soket untuk Random Access Memory (RAM) . RAM bertindak sebagai sistem berkecepatan tinggi untuk menyimpan sementara data yang dibutuhkan oleh program saat sedang berjalan. Saat prosesor memerlukan instruksi, prosesor menerima instruksi dari RAM, dan saat Anda menyimpan dokumen atau file, prosesor beralih dari RAM ke hard drive.

Konektor Hard Drive
Umumnya, motherboard memiliki Setidaknya dua konektor hard drive. Motherboard saat ini menggunakan konektor hard drive Serial Advanced Technology Attachment (SATA), yang memiliki kurva berbentuk L untuk memastikan bahwa kabel terhubung ke arah yang benar. Konektor Integrated Drive Electronics (IDE) yang lebih lama menggunakan dua baris masing-masing 20 pin. Beberapa motherboard memiliki konektor untuk drive SATA dan IDE. CD atau DVD drive komputer juga terhubung ke antarmuka IDE atau SATA.

Konektor Floppy Drive - Meskipun beberapa komputer modern menggunakan floppy drive untuk penyimpanan, banyak motherboard yang terus menyertakan konektor floppy drive untuk mendukung perangkat lawas. Konektor floppy drive memiliki dua baris masing-masing 17 pin.

Konektor Periferal
Motherboard memiliki konektor untuk berbagai jenis periferal, biasanya terletak di bidang belakang yang tetap terbuka di bagian belakang casing komputer saat Menara ditutup. Koneksi periferal yang paling umum adalah koneksi Universal Serial Bus (USB), sementara beberapa motherboard juga memiliki koneksi untuk speaker audio bersama dengan port untuk FireWire, perangkat serial dan paralel. Beberapa motherboard memiliki "header," atau pin bank tambahan, yang dapat digunakan untuk menghubungkan port periferal tambahan di bagian depan casing komputer.

Konektor Kartu Tambahan
Banyak motherboard memiliki konektor untuk komputer ", 3, [[Konektor ini adalah slot panjang untuk memasukkan kartu. Ada beberapa jenis konektor kartu tambahan. Beberapa yang paling umum termasuk Peripheral Component Interconnect Express (PCIe) dan Accelerated Graphics Port (AGP), digunakan terutama untuk kartu video, dan Interconnect Component Interconnect (PCI) konvensional, yang digunakan untuk jenis kartu tambahan lainnya seperti kartu suara dan pengontrol penyimpanan.

Konektor Daya
Setiap motherboard memiliki setidaknya satu konektor daya. Konektor ini digunakan untuk membawa daya dari catu daya utama komputer ke semua komponen komputer. Karena beberapa komputer desktop saat ini memiliki kebutuhan daya yang sangat tinggi, beberapa motherboard memiliki port tambahan untuk konektor daya tambahan.

Konektor Kasus
Di sisi motherboard yang paling dekat dengan bagian depan casing komputer, tersedia casing konektor, bank pin yang dilampirkan kabel sangat kecil. Konektor kasing digunakan untuk lampu daya dan status di bagian depan kasing komputer, serta tombol daya yang menghidupkan komputer.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101304649.html

Perangkat keras
  • Bagaimana Memeriksa Jika Motherboard Asus Masih Dalam Garansi?

    Saat Anda membeli komputer Asus, mesin Anda sepenuhnya dalam garansi pabrik untuk jangka waktu yang lama. Garansi ini mencakup semua bagian di dalam komputer, termasuk motherboard. Jika ada yang salah dengan unit Anda dan masih dalam garansi, Anda dapat mengganti motherboard Anda tanpa biaya. Jika A

  • Cara Mengatasi Masalah & Memperbaiki Motherboard Komputer

    Motherboard komputer tidak terlalu mahal, tetapi mereka adalah salah satu bagian terpenting dari komputer mana pun, karena semuanya terhubung ke motherboard. Karenanya pemecahan masalah motherboard bisa jadi rumit. Ketika Anda berpikir Anda memiliki masalah motherboard, Anda harus melakukan peme

  • Cara Memperbarui BIOS pada Motherboard RC410-M

    Sistem Input /Output Dasar (BIOS) memberi tahu komputer apa yang dilakukan sebelum program dimulai. Ini mengontrol informasi yang memungkinkan komputer Anda untuk hidup. Setiap pabrikan, termasuk HP, menyarankan Anda memeriksa driver yang diperbarui secara berkala, dan mengunduh serta menginstal

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com