whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Bagaimana Saya Dapat Mengetahui apakah CPU Saya Buruk?

Karena CPU melakukan semua pekerjaan berat ketika melakukan perhitungan dan pengoperasian, itu adalah jantung dari sistem komputer mana pun. Oleh karena itu, mungkin sulit, atau tidak mungkin, melakukan apa pun dengan PC Anda ketika CPU rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam beberapa kasus, mendeteksi CPU yang buruk mungkin hanya membutuhkan beberapa detik. Namun, di waktu lain, mendiagnosis CPU yang salah mungkin membutuhkan waktu yang lama dan memerlukan penggunaan sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak eksternal.

Menghilangkan Kemungkinan Lain
CPU yang gagal sama sekali jarang terjadi. Oleh karena itu, sebelum Anda mencoba menentukan apakah CPU sistem Anda rusak, Anda harus mengesampingkan kemungkinan kegagalan perangkat keras lainnya terlebih dahulu. Jika komputer tidak mau boot atau hidup sama sekali, lepaskan semua hard drive, drive optis dan kabel perangkat keras lainnya di dalam case. Selain itu, lepaskan semua kartu tambahan, seperti kartu NIC atau kartu pengontrol, dimasukkan ke motherboard. Coba nyalakan komputer hanya dengan catu daya dan kabel video yang tersambung. Jika komputer melakukan boot, sambungkan kembali atau ganti komponen perangkat keras lainnya satu per satu hingga sistem gagal. Jika sistem gagal untuk boot, lepaskan atau lepaskan perangkat dan coba lagi. Jika komputer tidak mau boot dengan hanya PSU dan monitor yang terhubung, coba cari catu daya dan kartu video lain untuk dicoba dengan motherboard. Akhirnya, jika itu gagal, masukkan CPU ke motherboard lain dan lihat apakah boot sistem itu. Menggunakan metode percobaan-dan-kesalahan membutuhkan banyak waktu, tetapi biasanya cara paling pasti untuk menemukan kegagalan perangkat keras.

Tes Keyboard
Bahkan jika monitor Anda tidak menampilkan gambar saat mencoba untuk mem-boot komputer Anda, keyboard mungkin dapat memberi tahu Anda apakah motherboard dan CPU Anda setidaknya berfungsi cukup baik untuk lulus tes POST dasar. Jika setelah mencoba mem-boot komputer, monitor tidak menampilkan layar POST awal atau logo perusahaan, matikan PC dan nyalakan kembali. Segera setelah Anda menekan tombol Daya, lihat tiga lampu LED di atas papan nomor pada keyboard. " dan "Caps Lock" LED semua berkedip sebentar, kemungkinan bagus bahwa motherboard dan CPU mendapatkan daya dan fungsional. Coba letakkan kembali kartu video dan modul memori, lalu coba boot ulang komputer.

Masalah Panas
Salah satu masalah paling umum dengan prosesor adalah panas. Sementara CPU dapat bekerja selama bertahun-tahun tanpa masalah, hal yang sama tidak biasanya berlaku pada kipas yang mendinginkan prosesor. Dengan pembersihan sesekali untuk menghilangkan kotoran, debu, dan debu, kipas pendingin CPU dapat bertahan beberapa tahun. Namun, jika kipas menjadi terlalu kotor, bilah mungkin tidak berputar cukup cepat, atau perangkat pendingin bisa gagal total. Jika komputer Anda melakukan booting secara normal, tetapi kemudian macet atau mati setelah beberapa menit, periksa kipas CPU. Bersihkan kipas CPU, atau jika perlu ganti, sebelum me-reboot komputer. Untuk memastikan CPU benar-benar dingin, matikan komputer selama beberapa jam sebelum mencoba untuk mem-boot ulangnya. Atau, lepaskan CPU dari motherboard, letakkan di dalam tas anti-statis dan letakkan di freezer selama satu jam atau lebih. Selama tidak ada uap air yang dapat masuk ke CPU, udara dingin di dalam freezer tidak akan memengaruhi prosesor.

Kesalahan Perlindungan Umum
Banyak masalah perangkat keras dapat menyebabkan BSOD (Blue Screens of Death,) yang selalu mengakibatkan penguncian atau shutdown sistem. Penyebab BSOD yang paling umum adalah General Protection Faults, atau GPFs. Menurut definisinya, GPF menunjukkan bahwa prosesor telah gagal dalam beberapa cara. Namun, dalam kebanyakan kasus, kegagalan bukanlah prosesor itu sendiri, tetapi hanya kegagalan CPU untuk menerima data dari bus atau komponen perangkat keras lainnya. Namun demikian, jika Anda melihat pesan "Stack Overflow" atau "Divide by Zero" di layar GPF atau BSOD, kemungkinan besar, prosesor mungkin rusak, terlalu panas atau terlalu banyak di-overclock di BIOS. Jika Anda melakukan overclock prosesor Anda, kurangi kecepatan bus dan pengganda untuk CPU di BIOS untuk menentukan apakah ini menyebabkan sistem Anda macet atau BSOD. Jika Anda tidak meng-overclock CPU Anda, coba nonaktifkan cache eksternal untuk prosesor di BIOS. Jika menonaktifkan cache menyelesaikan masalah, boot sistem beberapa kali, dan kemudian aktifkan kembali cache. Jika masalahnya kembali, periksa motherboard juga untuk kapasitor yang buncit atau muncul.

Pengujian Perangkat Lunak
Jika Anda melakukan overclock pada prosesor Anda, sepertinya akan berjalan baik sebagian besar waktu. Di waktu lain, sistem mungkin tampak macet secara acak dan tanpa alasan sama sekali. Dalam kebanyakan kasus, hanya mengembalikan pengaturan prosesor BIOS ke pengaturan defaultnya akan memberi tahu Anda apakah ini memang masalahnya. Namun, jika Anda yakin prosesor berjalan pada kecepatan clock yang sesuai, relatif yakin bahwa kipas pendinginnya baik-baik saja dan tidak mencurigai motherboard lain atau masalah yang berhubungan dengan daya, pengujian perangkat lunak mungkin dapat membantu Anda menemukan masalahnya. Aplikasi perangkat lunak seperti Hot CPU Tester Pro, BurnIn64 dan PC Diag sangat baik untuk menguji stres CPU dan komponen penting lainnya (tautan dalam Sumber Daya). Aplikasi ini menyediakan banyak jenis tes khusus CPU serta tes burn-in, yang mensimulasikan penggunaan berat untuk periode yang lama. Jika ada masalah dengan CPU, stress testing seharusnya menghasilkan kesalahan relatif cepat. Namun demikian, Anda mungkin perlu membakar sistem selama 24 jam atau lebih untuk menentukan dengan pasti apakah prosesor berfungsi dengan baik dan andal.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101312460.html

Jaringan
  • Cara Mengatur UltraVNC

    Program sumber terbuka gratis UltraVNC memungkinkan Anda mengakses komputer lain dari jarak jauh melalui jaringan atau Internet. Ini menampilkan desktop komputer jarak jauh di layar Anda dan memungkinkan Anda mengontrolnya dengan keyboard dan mouse seolah-olah Anda sedang duduk di depan komputer

  • Bagaimana Saya Dapat Menggunakan Komputer Saya sebagai Telepon?

    Beberapa layanan memungkinkan Anda menggunakan komputer sebagai telepon dengan melakukan panggilan ke telepon rumah atau ponsel lain. Banyak dari layanan ini juga memungkinkan Anda melakukan panggilan komputer-ke-komputer dengan memutar nomor komputer lain yang dikonfigurasi untuk menerima panggilan

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com