whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Jenis Antena dalam Sistem Komunikasi Dasar

Apakah Anda melihatnya atau tidak, setiap perangkat nirkabel menggunakan antena untuk mengirim dan menerima frekuensi radio. Ukuran dan bentuk antena tergantung pada ukuran panjang gelombang sinyal. Frekuensi radio tinggi, seperti yang digunakan di ponsel, memiliki panjang gelombang pendek, sehingga antena bisa sangat kecil. Sinyal radio frekuensi rendah memiliki panjang gelombang yang panjang, sehingga dibutuhkan antena yang lebih panjang. Antena dapat dibuat dari hampir semua logam atau paduan. Bagian yang menerima atau mengirim sinyal disebut elemen. Bagian lain yang mungkin Anda lihat menonjol dari antena disebut reflektor atau direktur, yang membantu menangkap sinyal pada elemen.

Base-Station dan Directional Antennas
Menara stasiun radio dan telepon seluler menara dikenal sebagai antena stasiun pangkalan. Ini adalah omnidirectional pada bidang horizontal, yang berarti mereka dapat mengirim dan menerima sinyal di segala arah yang sejajar dengan horizon. Antena terarah fokus hanya pada satu arah. Antena yang dipasang di parabola adalah directional. Contoh lain termasuk reflektor sudut, yang merupakan dua lempeng pada 90 derajat satu sama lain untuk memfokuskan sinyal, dan antena Yagi. Antena Yagi terdiri dari beberapa elemen lurus, masing-masing panjangnya setengah panjang gelombang, dengan batang lurus sejajar dengan setiap elemen yang disebut reflektor atau direktur. Contoh paling umum dari antena Yagi termasuk antena TV VHF dan UHF dan antena radio amatir frekuensi tinggi.

Antena Kendaraan
Antena yang Anda lihat di kendaraan, seperti truk dan kendaraan layanan darurat, disebut monopole , atau antena cambuk seperempat gelombang. Antena ini terdiri dari elemen vertikal tunggal, panjang gelombang seperempat panjangnya. Ketika dipasang di atap logam kendaraan, atap menjadi reflektor bidang tanah, membuat kendaraan dan antena antena dipol. Semakin rendah frekuensinya, semakin lama monopole perlu. Misalnya, antena VHF pita rendah 50 MHz harus setinggi 5 kaki. Monopole 850 MHz hanya setinggi 3,5 inci.

Antena Portabel
Antena pada radio portabel yang lebih lama menggunakan kabel yang dililitkan secara heliks di sekitar batang di dalam radio. Ini membuat antena cukup kecil sehingga radio dapat dipakai di ikat pinggang atau dijepit ke kerah, tetapi membuatnya mudah kehilangan sinyal. Karena panjang gelombang yang digunakan oleh ponsel dan komputer laptop sangat tinggi (2,4GHz dan 5,8GHz untuk Wi-Fi, misalnya), bahkan kasing terkecil dapat menampung beberapa antena di dalamnya. Hingga tahun 1993, telepon seluler memiliki antena tarik eksternal. Fitur ini diperlukan karena frekuensi ponsel berada di kisaran 900 MHz, dekat dengan telepon nirkabel, membutuhkan antena yang jauh lebih lama dari hari ini.

Antena Cerdas
Antena pintar array antena mencakup beberapa set elemen dan kontrol terkomputerisasi untuk memindahkan antena. Beberapa elemen dipindahkan untuk mengambil sinyal yang lebih akurat. Elemen lain digunakan untuk mengidentifikasi sinyal radio dari sumber yang tidak diinginkan yang jika tidak akan menyebabkan gangguan. Array kemudian dapat menyesuaikan diri untuk fokus pada sinyal yang dituju dan menghapus sinyal yang mengganggu. Array antena pintar mahal, tetapi umumnya menghadirkan penghematan biaya karena mereka dapat menerima dan memproses banyak sinyal secara bersamaan dari pengirim yang berbeda.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101308651.html

Jaringan
  • Directional Vs. Antena Multi Arah

    Proses menyiapkan peralatan hiburan rumah seringkali memaksa konsumen untuk memilih di antara berbagai jenis perangkat keras. Salah satu pilihan ini adalah memilih antara antena directional dan multidirectional. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Directional Antena terarah memberika

  • Peralatan Komunikasi yang Digunakan oleh Secret Service

    US Secret Service menggunakan peralatan komunikasi berteknologi tinggi untuk melindungi presiden Amerika Serikat, keluarganya, mantan presiden atau pejabat tinggi lainnya. Tidak semua peralatan Secret Service adalah diketahui oleh sektor sipil, tetapi beberapa bagian telah terungkap. Saluran Prom

  • Cara Menggunakan Router sebagai Antena

    Router adalah perangkat dalam jaringan komputer yang memungkinkan dua atau lebih komputer untuk terhubung atau berbicara satu sama lain. Terdiri dari kartu antarmuka dan antena, router meneruskan paket data berdasarkan alamat mereka ke tujuan mereka. Jika komputer desktop Anda saat ini terhubung ke

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com