whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Media sosial

Apa Kelemahan Facebook?

Sejak diluncurkan pada 2004, layanan jejaring sosial Facebook telah berkembang menjadi lebih dari satu miliar pengguna. Meskipun ada banyak keuntungan menggunakan layanan ini, sayangnya ada juga beberapa aspek negatif. Selain berpotensi menimbulkan kecanduan dan menghambat produktivitas, layanan ini dapat membuat Anda rentan terhadap malware, virus, dan bahkan pencurian identitas jika Anda tidak berhati-hati. Facebook juga dikenal membuat ketegangan pada hubungan karena betapa mudahnya untuk terhubung dengan orang-orang dari masa lalu Anda.

Ketergantungan
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Leif Denti di Universitas Gothenburg , menghabiskan waktu di Facebook bisa membuat ketagihan. Peserta dalam penelitian ini melaporkan bahwa mereka merasa tidak nyaman ketika mereka tidak dapat secara teratur memeriksa akun Facebook mereka. Dengan orang lain yang terus-menerus memposting foto baru atau pembaruan status, orang yang menjadi kecanduan Facebook dapat merasa seperti mereka kehilangan jika mereka tidak terus-menerus masuk. Menurut penelitian, pengguna ini bahkan tidak menyadari bahwa mereka terlibat dalam penggunaan yang berlebihan. layanan, karena menjadi kebiasaan yang tidak disadari.

Kehilangan Produktivitas
Facebook dapat menjadi ancaman serius bagi produktivitas baik siswa maupun karyawan. Studi oleh Nucleus Research menunjukkan bahwa rata-rata 1,5 persen dari total produktivitas kantor hilang melalui karyawan yang mengakses Facebook selama jam kerja. Dua pertiga dari peserta dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa mereka mengakses akun Facebook mereka saat bekerja, dengan 6 persen mengakui bahwa seluruh profil Facebook mereka dibuat di tempat kerja. Studi yang dilakukan di Ohio State University menunjukkan bahwa pengguna Facebook belajar antara satu dan lima jam seminggu sementara non-pengguna biasanya menghabiskan 11 jam atau lebih belajar. Produktivitas dapat berkurang karena waktu yang dihabiskan di Facebook untuk bermain game, mengobrol dengan teman, atau menjelajahi foto baru. Banyak game di Facebook mengharuskan Anda untuk memeriksa kembali setiap beberapa menit agar dapat terus bermain, yang dapat menghabiskan banyak waktu.

Malware & Virus
Basis pengguna yang besar dan kemudahan kontennya dibagikan di Facebook menjadikan situs ini sasaran empuk malware, meskipun Facebook berupaya mencegah infeksi malware dan virus. Ketika akun Facebook dikompromikan oleh virus atau malware, sering kali secara otomatis memposting tautan dan pembaruan status dalam upaya untuk menipu pengguna lain. Jika Anda mengklik salah satu tautan spam ini, itu dapat menyebabkan akun Anda sendiri dikompromikan. Hindari mengklik tautan Facebook yang menjanjikan untuk menampilkan konten atau video mengejutkan yang mengharuskan Anda menginstal pembaruan untuk dilihat.

Pencurian Identitas
Facebook memungkinkan Anda untuk membagikan banyak informasi pribadi tentang diri Anda, yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan pencurian identitas. Kecuali jika Anda sangat berhati-hati tentang pengaturan privasi di akun Anda dan menerima permintaan teman dari orang asing, mungkin saja informasi pribadi Anda berakhir di tangan yang salah. Peretas kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk mendapatkan akses ke akun online Anda yang lain, atau bahkan membuka akun baru menggunakan identitas Anda. Informasi yang diungkapkan pengguna secara sukarela di Facebook seringkali merupakan informasi yang sama yang digunakan sebagai pertanyaan keamanan umum saat membuka akun online. Pengguna yang tidak bertanggung jawab yang dipersenjatai dengan informasi ini dapat melakukan banyak kerusakan pada reputasi dan keuangan Anda.

Perilaku Antisosial
Studi oleh seorang profesor psikologi di California State University menunjukkan bahwa terlalu sering menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook dapat menyebabkan perilaku antisosial. Remaja mungkin juga menjadi korban intimidasi dunia maya di Facebook atau terlibat dalam perilaku narsisistik sendiri. Menurut sebuah survei oleh Internet & American Life Project dari Pew Research Center, hingga 15 persen remaja di jejaring sosial telah menjadi target penindasan dunia maya, sementara 88 persen menyaksikan orang lain jahat. Karena Facebook memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto diri mereka yang kemudian dapat "disukai" oleh teman-teman, itu dapat menyebabkan remaja memiliki masalah harga diri jika foto mereka tidak mengumpulkan sebanyak yang disukai teman-teman mereka. Pengguna juga lebih cenderung terlibat dalam argumen online karena mereka tidak bertatap muka langsung dengan orang tersebut.

Masalah Hubungan
Karena Facebook memudahkan untuk menemukan dan terhubung dengan orang-orang dari masa lalu Anda, itu juga dapat menempatkan ketegangan pada hubungan. Sebuah survei yang dilakukan oleh situs perceraian Inggris mengungkapkan bahwa Facebook sering disebut sebagai alasan perceraian. Melihat pasangan berteman atau berbicara dengan seseorang di Facebook dengan siapa dia memiliki hubungan sebelumnya dapat menyebabkan kecemasan dan rasa tidak aman. Orang-orang mungkin juga beralih ke Facebook ketika mereka berkelahi atau berselisih dengan pasangan mereka. Hal ini dapat menyebabkan cucian kotor ditayangkan di publik melalui komentar yang tidak pantas atau pembaruan status yang diposting dalam kemarahan. Pasangan yang putus juga dapat menggunakan Facebook sebagai platform untuk kembali pada mantan mitra mereka, yang dapat membahayakan hubungan di masa depan. Dalam sebuah survei oleh American Academy of Matrimonial Lawyers, Facebook dikutip sebagai sumber utama informasi kompromi yang mengarah pada perceraian.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Media-sosial/101309011.html

Media sosial
  • Apa Kelemahan Rekam Medis Elektronik?

    Lembaga keuangan dan banyak bisnis lainnya telah berhasil beralih dari file berbasis kertas ke file elektronik, tetapi industri perawatan kesehatan adalah masalah lain. Sementara teknologi tinggi digunakan untuk mendiagnosis dan mengobati banyak penyakit, kantor pusat masih berjalan di atas kertas.

  • Apa Kelemahan dari Pertemuan Virtual?

    Ada banyak keuntungan memiliki pertemuan virtual seperti uang yang dihemat untuk perjalanan, kenyamanan, kemudahan membuat akomodasi, dan kemampuan orang untuk kembali bekerja dengan benar jauh setelah pertemuan berakhir. Namun, ada juga beberapa kerugian penting untuk pertemuan virtual. Signifik

  • Apa Fungsi Router di Internet?

    Router adalah perangkat yang digunakan pada jaringan untuk mengarahkan lalu lintas Internet dari sumber ke tujuan. Router digunakan di jaringan pribadi dan di Internet. Router juga berfungsi untuk melindungi terhadap lalu lintas luar yang memasuki jaringan internal. Segmentasi Router dapat menge

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com