whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Apa Fungsi Router di Internet?

Router adalah perangkat yang digunakan pada jaringan untuk mengarahkan lalu lintas Internet dari sumber ke tujuan. Router digunakan di jaringan pribadi dan di Internet. Router juga berfungsi untuk melindungi terhadap lalu lintas luar yang memasuki jaringan internal.

Segmentasi
Router dapat mengelompokkan jaringan Internet dari jaringan internal di rumah atau bisnis. Router mengirim paket dari jaringan internal ke Internet "cloud." Cloud Internet dianggap sebagai komputer apa pun di luar jaringan internal. Router berfungsi untuk menjaga lalu lintas yang didedikasikan untuk Internet di luar jaringan internal sebagai fitur keselamatan. Itu juga menghindari hilangnya data dari paket data yang masuk ke jaringan yang salah.

Penugasan IP
Setiap komputer di Internet memerlukan alamat Protokol Internet. Alamat IP adalah alamat komputer di jaringan, dan itu merupakan persyaratan untuk mengirim dan menerima paket komunikasi di Internet. Protokol konfigurasi host dinamis memberikan alamat IP ke komputer mana pun yang terhubung ke jaringan. DHCP adalah opsi umum pada sebagian besar perute di Internet, termasuk perute yang digunakan untuk jaringan rumah dan kantor.

Firewall
Jaringan internal memerlukan perlindungan dari peretas dan pengguna jahat yang tidak sah. Firewall memblokir lalu lintas dari pengguna yang tidak sah. Ini melindungi data perusahaan dengan hanya mengizinkan pengguna yang berwenang untuk memasuki jaringan. Firewall dapat diinstal pada setiap desktop di jaringan, tetapi router yang berada di Internet dikemas dengan firmware firewall dan perangkat lunak.

Periferal dan Berbagi File
Router juga memungkinkan beberapa pengguna berbagi sumber daya termasuk printer, faks , pemindai dan folder file pada drive jarak jauh. Administrator jaringan dapat mengatur printer dan faks pada router untuk digunakan oleh seluruh organisasi melalui jaringan. Ini menghilangkan biaya dan ruang yang dibutuhkan untuk memiliki printer untuk setiap pengguna di jaringan. File dan folder yang dibagikan pada hard drive pengguna dapat dibagikan di seluruh jaringan tanpa mencetak atau mengarsipkan hard copy. Ini juga menghemat uang dan sumber daya perusahaan, dan pengguna dapat melakukan fungsi lebih cepat bahkan ketika mereka berada di lokasi geografis yang terpisah.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101302272.html

Jaringan
  • Apa Itu Koneksi Jaringan Gateway Internet?

    Koneksi jaringan gateway Internet dibuat oleh perangkat yang menghubungkan jaringan rumah ke Internet, seperti router, hub, sakelar atau stasiun pangkalan. Banyak perangkat berbagi jaringan memiliki opsi ini untuk memungkinkan pengguna mengontrol statusnya, serta melihat laporan lalu lintas jaringan

  • Apa Bagian-Bagian dari Situs Web?

    Situs web adalah kumpulan halaman Web yang dapat diakses melalui satu domain. Situs web dapat melayani banyak tujuan yang berbeda, dan karena itu mereka dapat memiliki banyak gaya desain yang berbeda. Terlepas dari tujuan atau desainnya, sebagian besar situs web berbagi arsitektur yang sama. Selain

  • Apa Manfaat Protokol Pesan Kontrol Internet?

    Jaringan komputer menyediakan penggunaan yang tidak terbatas untuk masyarakat saat ini. Tanggung jawab administrator jaringan terdiri dari selalu dapat melacak masalah saat itu terjadi di jaringan. Untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif, mereka mengandalkan sejumlah besar alat dan keahlian.

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com