whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Router Nirkabel Vs. Modem Nirkabel

Jaringan nirkabel memungkinkan komputer untuk terhubung ke Internet tanpa perlu kabel jaringan. Kemampuan ini sangat berguna untuk laptop karena memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet dari setiap ruangan di rumah tanpa menjalankan kabel ke setiap ruangan. Banyak universitas, bisnis, dan komunitas memiliki jaringan nirkabel besar yang memungkinkan pengguna terhubung ke Internet, termasuk dari area luar ruangan umum. Modem nirkabel dan router nirkabel memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan ini.

Perbedaan Dasar
Meskipun router nirkabel dan modem nirkabel memberikan hasil yang hampir sama, mereka bekerja dengan cara yang jauh berbeda. Router nirkabel adalah perangkat stasioner yang terhubung ke jaringan kabel, memungkinkan komputer yang dilengkapi dengan kartu antarmuka nirkabel untuk terhubung ke jaringan itu. Modem nirkabel adalah perangkat yang terhubung langsung ke komputer, memungkinkan akses ke jaringan nirkabel terdistribusi mirip dengan yang digunakan oleh ponsel.

Router Nirkabel
Router nirkabel, seperti semua router lainnya, terhubung langsung ke jalur akses jaringan melalui kabel jaringan, sama seperti komputer. Antena nirkabel di router mengirim dan menerima paket jaringan ke kartu antarmuka nirkabel dalam jangkauan, memungkinkan komputer untuk terhubung ke Internet melalui jalur akses kabel. Seringkali, jaringan nirkabel akan memiliki protokol keamanan untuk mencegah akses yang tidak sah.

Modem Nirkabel
Modem nirkabel berfungsi dengan prinsip yang sama dengan ponsel. Mereka mengirim dan menerima paket jaringan melalui sistem menara komunikasi yang menyediakan akses ke area yang luas. Beberapa ponsel dapat dihubungkan ke komputer untuk bertindak sebagai modem nirkabel melalui penyedia layanan ponsel. Ponsel pintar pada dasarnya adalah komputer yang diperkecil dan modem nirkabel dalam satu paket.

Kekhawatiran Praktis
Area layanan untuk modem nirkabel umumnya jauh lebih besar daripada untuk router nirkabel, meskipun ia mengandalkan pada infrastruktur publik skala besar berfungsi. Kisaran router nirkabel jarang melampaui bangunan tunggal, dan biasanya terbatas pada beberapa kamar di dalam gedung. Namun, ini dapat dihubungkan dengan repeater nirkabel dan router nirkabel lainnya untuk menciptakan area layanan yang jauh lebih besar. Router nirkabel dapat diharapkan untuk memberikan kecepatan koneksi yang dekat dengan layanan Internet kabel yang terhubung dengannya, dengan model-model terbaru yang menyediakan akses broadband nirkabel. Modem nirkabel rata-rata jauh lebih lambat, menyediakan kecepatan yang lebih dekat dengan koneksi dial-up di sebagian besar wilayah.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101310065.html

Jaringan
  • Cara Memasang Router ke Kabel Modem

    Banyak layanan Internet berkecepatan tinggi (seperti Internet kabel) menyediakan koneksi untuk hanya satu komputer pada modem mereka. Namun, rumah tangga dengan lebih dari satu komputer (dan juga usaha kecil) biasanya akan membutuhkan lebih dari satu komputer untuk terhubung ke Internet secara bersa

  • Cara Menggunakan Modem USB 3G Dengan Router Nirkabel

    Menggunakan modem USB 3G memberi Anda kenyamanan saat online saat bepergian atau jauh dari koneksi internet Anda yang biasa. Anda dapat berbagi koneksi modem USB 3G dengan perangkat lain dengan melampirkannya ke router nirkabel yang kompatibel. Gunakan router nirkabel yang khusus dirancang untuk dig

  • Cara Mengatur Router Linksys Sebagai Pengulang Nirkabel

    Alih-alih membuang atau menyimpan router Linksys lama Anda, atur sebagai switch, juga dikenal sebagai repeater. Dengan melakukan itu, Anda memiliki kemampuan untuk menyambungkan tujuh komputer ke jaringan Anda dan Anda secara efektif menggandakan ukuran jaringan nirkabel Anda. Setelah membuat be

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com