whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Menyolder LED SMD

Ukuran kecil komponen SMD (Surface Mount Device) dan ruang kerja terbatas dari PCB (Printed Circuit Board) adalah bagian yang menantang dari solder SMD. Pendekatan terbaik adalah mendapatkan peralatan yang tepat dan merencanakan prosesnya, sebelum Anda benar-benar memulai. Bekerja dengan LED (Light Emitting Diode) tidak ada bedanya dengan bekerja dengan komponen SMD lainnya, kecuali bahwa LED itu terarah. Pemasangan yang benar dari LED tergantung pada menyolder ujung komponen yang benar ke bantalan yang benar (titik pemasangan) pada PCB.

Persiapan

Langkah 1 - Periksa dokumentasi untuk besi solder dan pastikan kemampuan suhu berlaku untuk jenis solder yang akan Anda gunakan. Sebagai contoh, titik lebur solder bebas timah Sn99 adalah 440 derajat Fahrenheit, tetapi komponen SMD dan pad PCB juga harus dipanaskan pada suhu tersebut. Karena perpindahan panas dan pembuangan, setrika harus menghasilkan lebih dari 440 derajat Fahrenheit.

Langkah 2
Tempatkan ujung ukuran yang tepat ke dalam setrika, sesuai dengan ukuran ruang kerja PCB dan bantalan. Ujung yang sempit dan rata sangat ideal untuk menyolder SMD, tetapi ujung yang lebih kecil juga berarti lebih sedikit panas yang akan dikirim ke sambungan solder. Sebaliknya, tip yang lebih besar dapat mentransfer lebih banyak panas, tetapi dapat menjadi rumit dan dapat merusak LED, komponen di sekitarnya dan PCB.

Langkah 3
Dapatkan solder yang benar. Cocokkan jenis solder dengan solder pada PCB (jika pra-perawatan dengan solder). Solder bebas timbal sering mengandung Solder perak (Ag) atau Timah (Sn) dan memiliki suhu leleh yang lebih tinggi daripada patri timbal (Pb) 40 persen. Selain itu, solder fluks-inti berdiameter lebih tipis sangat ideal untuk komponen SMD.

Langkah 4
Identifikasi katoda LED dengan merujuk pada lembar data LED. Harus ada garis atau tanda lain yang tercetak di salah satu ujung LED, menunjuk katoda. Sama seperti dioda standar, LED perlu berorientasi pada arah tertentu agar dapat bekerja dengan baik. Anda mungkin memerlukan kaca pembesar untuk membantu Anda melihat tanda.
Pastikan Anda akan menyolder ujung katoda LED pada bantalan yang benar pada PCB. Tinjau tata letak skematis atau PCB Anda untuk informasi katoda. Beberapa PCB bahkan mungkin memiliki tanda untuk komponen dan Anda akan melihat garis katoda.

Menyolder

Langkah 1
Bersihkan bantalan PCB tempat LED akan disolder. Setelah mengenakan kacamata pengaman, Anda dapat menyentuh setrika solder yang dipanaskan, melelehkan solder, atau dengan lembut Anda bisa mengikisnya dengan pisau hobi. Jika PCB memiliki bantalan tembaga telanjang, Anda mungkin harus menerapkan sedikit solder.

Langkah 2
Angkat LED dengan pinset dan letakkan ujung katoda pada bantalan yang benar pada PCB . Tengahkan setiap ujung LED pada setiap bantalan. Sebagian kecil setiap bantalan masih harus ditampilkan.

Langkah 3
Bersihkan ujung besi dan pasang sedikit solder. Sambil memegang LED dengan pinset, secara bersamaan letakkan ujung besi di ujung LED dan di pad. Solder harus meleleh dan mengalir di antara LED dan pad. Lepaskan ujung besi secara perlahan dari sambungan. Terus pegang LED dengan pinset selama beberapa detik lagi. Hapus pinset; LED harus tetap berada di PCB.

Langkah 4
Tempatkan ujung besi di ujung LED yang lain, pastikan itu menyentuh LED dan pad pada saat yang bersamaan. Geser panjang kawat solder di bawah ujung setrika, di persimpangan LED dan pad. Anda harus melihat aliran solder dan membentuk sambungan. Lepaskan secara perlahan besi dan kawat solder.

Langkah 5
Pasang kembali solder ke sisi lain LED. Sambungan solder awal hanya untuk menahan komponen pada tempatnya dan mungkin tidak sepenuhnya solid.
Periksa penyolderan Anda. Pastikan setiap sisi LED terhubung dengan benar ke setiap bantalan, tanpa celah. Sambungan solder yang ideal akan terlihat seperti kemiringan 45 derajat dari pad ke tepi atas LED, dengan kurva ke dalam.

Tips
Bawa setrika solder ke suhu yang tepat sebelum digunakan.
Jika Anda baru mengenal komponen SMD, berlatihlah menggunakan PCB "memo" sebelum mencoba yang asli. Terlalu banyak panas menyebabkan kerusakan, dan tidak cukup panas menyebabkan sambungan solder yang buruk.
Dapatkan ujung besi dengan benar "bisa" sebelum digunakan untuk pertama kali. Biarkan memanas, dan biarkan solder mengalir ke ujung telanjang. Ini memungkinkan perpindahan panas yang tepat dan melindungi ujungnya. Situs Bersihkan ujung besi. Celupkan ke dalam pembersih ujung atau lap di spons basah. Ini menghilangkan kotoran yang dapat menghambat proses penyolderan.
Biasanya, patri berbasis timah akan terlihat halus dan sedikit kusam. Solder bebas timah mungkin tampak kurang halus dan mengkilap.

Peringatan

  • Kenakan kacamata keselamatan yang disetujui ANSI setiap saat saat menyolder.
  • Kenakan pakaian yang pantas untuk melindungi kulit dari luka bakar.
  • Jangan pernah meninggalkan besi solder yang dipanaskan tanpa pengawasan.
  • Gunakan kipas angin atau ventilasi yang baik. Pakai masker wajah atau respirator, jika perlu.
  • Pakai sarung tangan karet tahan kimia atau gunakan tang untuk menangani kawat solder. Cuci tangan sampai bersih setelah penyolderan.
  • Putuskan sambungan daya ke PCB, sebelum mencoba menyolder.

    Barang yang Anda butuhkan

  • Skema rangkaian atau tata letak PCB
  • Lembar data LED
  • Solder dan penahan besi
    < li> Kawat solder
  • Tip pembersih atau spons basah
  • Pinset (non-magnetik, aman-statis)
  • Kacamata pengaman (disetujui ANSI)
  • Pisau hobi kecil (opsional)
  • Kaca pembesar (opsional)


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101305328.html

  • Perangkat keras
    • Cara Menggunakan LED untuk Membunuh Bacteria

      Lampu LED, atau dioda pemancar cahaya, dapat digunakan untuk membunuh bakteri. Banyak penelitian telah dilakukan membuktikan keefektifan lampu LED untuk membunuh bakteri dan mengobati jerawat, sariawan akibat kemoterapi dan luka diabetes. Cahaya dari LED bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah

    • Cara Menggunakan Solder Pot

      Pot solder adalah pot atau tangki kecil yang dikontrol suhu dengan bibir menyala yang digunakan untuk memasang kawat dan tips menyolder. Pot solder juga sangat berguna untuk pencelupan elektronik seperti papan sirkuit cetak (PCB) dengan komponen bertimbal melalui lubang. Pot solder digunakan dalam a

    • Cara Mengatasi Masalah Daewoo TV

      Rangkaian perangkat TV dari pabrikan Korea Selatan Daewoo telah menjadi populer karena biasanya lebih murah daripada yang dibuat oleh perusahaan Amerika Utara. Sayangnya, perangkat Daewoo TV terkadang mengalami masalah dan kegagalan fungsi. Pecahkan masalah TV Daewoo Anda untuk mengatasi masalah

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com