whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Menggunakan Solder Pot

Pot solder adalah pot atau tangki kecil yang dikontrol suhu dengan bibir menyala yang digunakan untuk memasang kawat dan tips menyolder. Pot solder juga sangat berguna untuk pencelupan elektronik seperti papan sirkuit cetak (PCB) dengan komponen bertimbal melalui lubang. Pot solder digunakan dalam aplikasi industri yang lebih kecil atau di negara-negara di mana teknologi tidak mudah diakses.

Langkah 1
Ubah pot solder menjadi maksimal. Gunakan vume hood asap Anda (ini adalah proses yang berbau).

Langkah 2
Tambahkan bar solder ke pot sampai solder terlihat seperti akan tumpah di tepinya. Itu harus memiliki penampilan yang dibuat-buat.

Langkah 3
Gunakan strip koran dan sentuh ujungnya pada solder. Ketika strip menjadi cokelat muda, suhu pot sudah benar. (Kira-kira 250 hingga 260 derajat Celcius untuk sebagian besar aplikasi.) Jika suhunya terlalu dingin, kertas tidak akan berubah warna. Jika suhunya terlalu panas, kertas dapat terbakar atau terbakar.

Langkah 4
Lepaskan permukaan solder yang kusam dan terkorosi dengan menyisir bagian atas solder dengan strip kertas atau dengan menggunakan skimmer. (Beberapa unit dilengkapi dengan penghilang sampah.) Simpan sampah di stoples bekas atau kaleng untuk didaur ulang nanti.

Langkah 5
Tempatkan baki kaca di sebelah panci solder, dan tuangkan fluks rosin cair sekitar 1 /Kedalaman 4 inci. Tempatkan bagian 1-kaki-1-kaki bagian dari kertas timah di sebelah panci solder.

Langkah 6
Seka kabel dengan kain dan segera celupkan ujung kabel ke dalam fluks dan ", 3, [[Pastikan untuk menyingsingkan ujungnya saja dan jangan sampai menyolder pada insulasi (itu akan terbakar).

Langkah 7
Pegang kawat di atas kertas timah selama 10 hingga 12 detik agar solder mendingin. Jangan memindahkannya; Solder berlipir akan membakar kulit dengan mudah.
Matikan pot Anda setelah selesai. Bersihkan kotoran apa pun saat solder masih panas. Biarkan solder bersih hingga dingin di panci untuk penggunaan berikutnya. Tuang sisa fluks Anda dalam wadah kedap udara dan simpan untuk waktu berikutnya. Matikan ventilasi asap Anda setelah pot berhenti mengeluarkan bau.

Kiat
Jaga pot solder Anda tetap penuh dengan menambahkan solder secara teratur. Saat Anda selesai, cuci tangan Anda dengan baik, sehingga partikel timbal yang kecil tidak berpindah dari tangan dan pakaian Anda ke dalam makanan Anda, karena ini dapat menyebabkan keracunan timbal. Gunakan penjepit atau tang hidung panjang untuk menahan pekerjaan Anda saat mencelupkan PCB. Selain itu, panaskan PCB di atas pemanas radiasi untuk menguapkan pelarut rosin sebelum dicelupkan ke dalam pot solder. Donasi sampah Anda ke rumah perakitan PCB.

Peringatan

  • Panci solder panas, dan solder lebur akan membakar apa yang disentuhnya.

    Barang yang Anda butuhkan

  • Panci solder persegi atau persegi panjang dengan kontrol suhu
  • Solder batang (tipe timah /timah 63/37 persen)
  • Baki kaca
  • Fluks rosin cair (jenis tidak bersih)
  • Foil timah
  • Koran

  • Sarung Tangan
  • Panjang penjepit atau tang jarum-hidung (untuk PCB)
  • Pemanas radiasi (untuk PCB)
  • Tudung asap berventilasi
  • Wadah logam untuk kelebihan sampah

  • Wadah dengan tutup sekrup untuk menyimpan damar yang tidak terpakai
  • Rag


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101300898.html

  • Perangkat keras
    • Cara Menggunakan Kamera Super 8

      Kamera film Super 8 adalah versi yang lebih sederhana dari kamera film Hollywood, tetapi lebih rumit daripada kamera video. Inilah cara menggunakan Super 8 Anda untuk membuat film berkualitas tinggi. Langkah 1 Beli film yang benar. Film Super 8 berasal dari Kodak. Mereka saat ini menjual film Ek

    • Cara Menggunakan CB Radio System

      Setelah Anda memahami dasar-dasarnya, mudah untuk menggunakan sistem radio CB. Radio CB adalah perangkat komunikasi dua arah jarak pendek yang digunakan antara dua operator CB. Radio CB dapat mencapai hingga 4 atau 5 mil, tergantung pada cuaca dan jenis medan di daerah tersebut. Berikut adalah beber

    • Cara Menggunakan LED untuk Membunuh Bacteria

      Lampu LED, atau dioda pemancar cahaya, dapat digunakan untuk membunuh bakteri. Banyak penelitian telah dilakukan membuktikan keefektifan lampu LED untuk membunuh bakteri dan mengobati jerawat, sariawan akibat kemoterapi dan luka diabetes. Cahaya dari LED bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com