whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Apa Perbedaan Antara Monitor dan TV?

HDTV terutama dirancang untuk tujuan hiburan, dengan pengguna melihat konten melalui Blu-ray, DVD, siaran, kabel, dan streaming Internet. Monitor komputer pada umumnya dimaksudkan untuk dihubungkan ke menara desktop atau komputer laptop, dan untuk menampilkan data, teks, gambar dan video. Ada beberapa persamaan dan perbedaan di antara keduanya, termasuk teknologi gambar, ukuran layar, jarak pandang, dan opsi konektivitas.

Teknologi LCD
Kesamaan paling umum antara HDTV dan monitor adalah teknologi gambar layar liquid-crystal digunakan pada keduanya. Saat ini, sebagian besar TV dan monitor menggunakan versi LCD yang ditingkatkan yang disebut LED. Dioda pemancar cahaya menyalakan kembali layar sebagai pengganti tabung fluoresen yang digunakan dalam LCD. Sebagai akibat dari perubahan tersebut, layar LED lebih ringan dan lebih tipis, menghasilkan lebih sedikit panas, dan menggunakan daya lebih kecil dari layar LCD yang sebanding. Monitor LED dan HDTV juga menghasilkan gambar yang lebih terang dan warna yang lebih cerah.

Ukuran Layar Monitor dan Jarak Pandang
Sebagian besar monitor komputer berada dalam kisaran 21 hingga 27 inci, dengan jarak pandang rata-rata sekitar satu hingga tiga kaki dari monitor. Kedekatannya dengan monitor berarti ketajaman dan kejernihan gambar sangat penting karena font kecil dan ukuran teks adalah norma. Membuat resolusi yang diperlukan lebih mudah dilakukan pada layar yang lebih kecil di mana distorsi dan ketajaman gambar kurang menjadi masalah. Ketika ukuran layar monitor semakin besar, resolusi gambar juga harus meningkat sehingga tingkat kejernihan gambar yang sama dipertahankan pada jarak pandang satu hingga tiga kaki yang sama. Jika tidak, kejernihan dan ketajaman gambar berkurang seiring dengan meningkatnya ukuran layar, memaksa pengunjung untuk menjauh dari layar komputer untuk mendapatkan kembali kejelasan yang sebanding.

Ukuran Layar HDTV dan Jarak Melihat

Karena HDTV dirancang mengingat hiburan, ukuran layar jauh lebih besar daripada monitor komputer. Sebagian besar ukuran layar TV berkisar antara 32 hingga 72 inci, dengan beberapa model bahkan lebih besar. Faktor kunci untuk menikmati HDTV adalah dalam pengalaman menonton layar besar dan sifat mendalam dari gambar definisi tinggi. Biasanya, seorang penonton duduk 6-12 meter dari layar, tergantung pada tata letak ruangan dan ukuran layar. Sebagian besar HDTV juga menggunakan jenis panel kristal cair (disebut In Plane Switching, atau IPS) yang dirancang untuk sudut pandang yang lebih luas sehingga pemirsa tidak perlu duduk langsung di depan layar untuk menikmati pengalaman.

Konektivitas
HDTV memiliki koneksi port yang terkait dengan hiburan untuk mengakomodasi koneksi perangkat game, peralatan audio, pemutar DVD dan Blu-ray, dan streaming Internet. Ini biasanya termasuk porta HDMI, bersama dengan slot media USB dan SD untuk gambar dan penggunaan lainnya. Port monitor komputer lebih terkait dengan komputer daripada terkait hiburan, dengan koneksi khas ke menara desktop dan komputer laptop. Jika Anda memiliki porta yang tepat pada monitor komputer, Anda juga dapat menghubungkan perangkat yang sama seperti pada HDTV.

Pertimbangan Lainnya
HDTV dilengkapi dengan tuner digital bawaan, kendali jarak jauh, dan yang lebih kompleks menu di layar dengan lebih banyak opsi tampilan. Speaker dibangun menjadi HDTV, dan sebagian besar memiliki port audio untuk perangkat eksternal, sedangkan monitor komputer mungkin tidak memiliki speaker atau port audio, sebaliknya mengandalkan perangkat yang terhubung ke audio.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101300611.html

Perangkat keras
  • Apa Perbedaan Antara TTY dan TDD?

    Teknologi telah membuat lompatan dalam memberikan pilihan komunikasi bagi penyandang cacat. TTY dan TDD memungkinkan individu tuna rungu dan tuna rungu berkomunikasi melalui telepon. TTY dan TDD berfungsi bersama - tidak ada perbedaan pembeda. Apa itu TDD? TDD, atau Telecommunications Device for

  • Apa Perbedaan Antara ERP & SOA?

    Ada banyak kebingungan dalam hal terminologi perangkat lunak. ERP dan SOA sangat berbeda tetapi dapat digunakan dalam kalimat yang sama ketika merujuk pada sistem perusahaan, yang menambah kebingungan. ERP ERP singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ERP adalah seperangkat modul fungs

  • Apa Perbedaan Antara OCR dan OMR?

    OCR (pengenalan karakter optik) dan OMR (pengenalan tanda optik) adalah sistem khusus yang mengubah gambar pada kertas menjadi format yang mudah dibaca dan diproses oleh komputer. Baik teknologi OCR dan OMR terdiri dari komponen perangkat keras dan perangkat lunak. Mereka berfungsi dengan membaca ga

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com