whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Internet

Apa Perbedaan Antara ERP & SOA?

Ada banyak kebingungan dalam hal terminologi perangkat lunak. ERP dan SOA sangat berbeda tetapi dapat digunakan dalam kalimat yang sama ketika merujuk pada sistem perusahaan, yang menambah kebingungan.

ERP
ERP singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ERP adalah seperangkat modul fungsional yang melakukan transaksi bisnis seperti penggajian, akuntansi dan pembelian. ERP sejati akan mengintegrasikan fungsi-fungsi ini sehingga mereka berbagi informasi.

SOA
SOA adalah singkatan dari Service Oriented Architecture. SOA adalah alat untuk mengembangkan perangkat lunak. Prinsip utama SOA adalah menulis kode program sesering mungkin. Tugas khusus yang dilakukan dalam banyak program diatur sebagai objek "Layanan". Suatu program yang menangani fungsi yang lebih besar dapat "Memanggil" tugas tersebut dengan mengirim input dan menerima output, atau dengan menyimpan output tersebut dalam database. Contoh sederhana: "Alamat" adalah sekumpulan data yang umum untuk beberapa fungsi bisnis. Dalam database kami menyimpan semua jenis alamat. Data alamat untuk karyawan, pelanggan, vendor, dan kontak semuanya dapat menggunakan logika program yang sama untuk memvalidasi dan memformat data. Seperangkat kode itu dapat ditulis satu kali dan dibagikan oleh semua program. SOA membuat pengembangan di masa depan lebih mudah dan perawatannya tidak terlalu menyakitkan.

ERP Menggunakan SOA
Arsitektur Berorientasi Layanan dapat ditemukan di jantung sistem ERP. Sistem ERP sering menyimpan data yang serupa, yang digunakan bersama oleh berbagai modul atau area fungsional, di satu tempat. Mereka tidak selalu berada dalam lingkungan yang sama tetapi SOA lebih mungkin ditemukan dalam sistem terintegrasi.

Alat vs. Cetak Biru
ERP dapat dibandingkan dengan cetak biru untuk membangun struktur, sedangkan SOA lebih dekat dengan sabuk alat yang digunakan oleh kru konstruksi. Mereka dapat digunakan bersama dan hasilnya kemungkinan besar akan lebih baik, tetapi mereka tidak sama.

Terminologi di Dunia Sistem
Ketika orang melempar istilah seperti ERP atau SOA, mereka hanya milik bersama jika Anda berada dalam diskusi yang sangat teknis yang melibatkan pemilihan perangkat lunak atau pengembangan perangkat lunak baru. Mereka yang menjual perangkat lunak atau teknologi lainnya cenderung menaburkan kata-kata buzz industri ke dalam pemasaran mereka untuk membuat pembeli merasa seolah-olah mereka mendapatkan produk terbaru dan terhebat - bahkan jika mereka tidak tahu apa produk itu.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Internet/101302384.html

Internet
  • Apa Perbedaan Antara OCR dan OMR?

    OCR (pengenalan karakter optik) dan OMR (pengenalan tanda optik) adalah sistem khusus yang mengubah gambar pada kertas menjadi format yang mudah dibaca dan diproses oleh komputer. Baik teknologi OCR dan OMR terdiri dari komponen perangkat keras dan perangkat lunak. Mereka berfungsi dengan membaca ga

  • Apa Perbedaan Antara Garis Bawah & Garis Bawah?

    Sementara beberapa definisi mencantumkan garis bawah dan garis bawah sebagai hal yang sama, mereka biasanya dianggap sebagai karakter atau alat terpisah yang digunakan dalam penulisan dan pemrosesan kata. Garis Bawah Garis bawah adalah garis horizontal yang berada di bawah kata atau karakter In

  • Apa Perbedaan Antara VNC & VPN?

    Akronim VNC dan VPN keduanya berhubungan dengan komputasi dan jaringan, tetapi tujuan dan fungsinya sama sekali berbeda. VNC biasanya dikaitkan dengan dukungan desktop dan administrasi jaringan, sedangkan VPN adalah metode transmisi jaringan yang aman. VNC VNC, atau Virtual Network Computing, ad

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com