whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Apa Jenis-Jenis Sistem Pembayaran Elektronik?

Sistem pembayaran elektronik menjadi lebih populer berkat meningkatnya penggunaan belanja internet. Sistem ini tidak hanya melibatkan transaksi Internet, karena semakin banyak cara dikembangkan untuk memfasilitasi transfer uang elektronik. Dengan meningkatnya teknologi, rentang perangkat dan proses yang digunakan untuk bertransaksi secara elektronik terus meningkat sementara penggunaan uang tunai dan transaksi cek menurun. Ini terutama karena jauh lebih mudah untuk membawa kartu atau menggunakan ponsel untuk membayar pembelian dibandingkan dengan uang tunai.

Kartu
Ini adalah bentuk pembayaran elektronik yang paling umum. Ada tiga jenis kartu: kartu kredit, debit dan prabayar. Mereka biasanya terbuat dari plastik dan memiliki strip magnetik di bagian belakang kartu. Pelanggan memberikan merchant kartu saat berbelanja, dan merchant menggesek kartu melalui terminal atau memasukkan informasi yang relevan ke dalam database, yang kemudian dikirim ke perusahaan kartu kredit, yang menyampaikan pesan konfirmasi kembali ke merchant bahwa pembelian selesai. Proses ini biasanya hanya membutuhkan beberapa detik untuk menyelesaikannya. Kartu kredit adalah bentuk pembayaran elektronik yang sangat populer karena Anda dapat menggunakannya hampir di mana saja untuk hampir semua jenis pembelian, dan Anda tidak perlu memiliki uang tunai untuk membayar barang-barang.

Internet
Internet pembayaran melibatkan seseorang yang mentransfer uang atau melakukan pembelian online. Konsumen memiliki pilihan untuk mentransfer uang langsung dari rekening bank mereka, yang dapat dengan mudah diakses secara online, atau mereka dapat menggunakan kartu kredit, debit atau prabayar. Kebanyakan orang lebih suka menggunakan opsi kedua, terutama saat melakukan pembelian online. Bentuk pembayaran ini terus meningkat popularitasnya dengan industri e-commerce yang terus berkembang.

Pembayaran Seluler
Meskipun jumlah transaksi yang dapat dilakukan melalui ponsel terbatas, mereka masih dapat digunakan untuk memfasilitasi beberapa transaksi elektronik. Produsen ponsel telah mengaktifkan perangkat lunak ponsel mereka untuk memungkinkan pengguna mengakses perdagangan elektronik. Di beberapa negara, penyedia layanan seluler memungkinkan pelanggan mereka untuk memiliki rekening bank di nomor ponsel mereka dan dapat menggunakan dana di akun mereka untuk melakukan transaksi.

Pembayaran Orang-ke-Orang
Pembayaran ini memungkinkan seseorang untuk membayar orang lain menggunakan akun online, kartu prabayar atau mekanisme lain yang menyimpan nilai. Berbagai perusahaan yang memfasilitasi pembayaran tersebut adalah PayPal, Alertpay, dan Moneybookers. Layanan ini dapat dengan mudah diakses melalui Internet melalui komputer, telepon, dan perangkat lainnya. Mereka menyediakan cara yang mudah dan aman untuk melakukan transaksi online.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101306441.html

Perangkat lunak
  • Apa Berbagai Jenis Kabel Serat Optik?

    Kabel serat optik dan teknologi transmisi data serat optik merevolusi transfer data pada akhir abad ke-20. Dengan mengkodekan data sebagai pulsa cahaya, bukan pulsa listrik, kepadatan data pada kabel serat optik jauh melebihi rekan-rekan tembaga mereka. Data dikirim, secara harfiah, pada kecepatan c

  • Apa Kelemahan Rekam Medis Elektronik?

    Lembaga keuangan dan banyak bisnis lainnya telah berhasil beralih dari file berbasis kertas ke file elektronik, tetapi industri perawatan kesehatan adalah masalah lain. Sementara teknologi tinggi digunakan untuk mendiagnosis dan mengobati banyak penyakit, kantor pusat masih berjalan di atas kertas.

  • Apa Kelemahan dari Pertemuan Virtual?

    Ada banyak keuntungan memiliki pertemuan virtual seperti uang yang dihemat untuk perjalanan, kenyamanan, kemudahan membuat akomodasi, dan kemampuan orang untuk kembali bekerja dengan benar jauh setelah pertemuan berakhir. Namun, ada juga beberapa kerugian penting untuk pertemuan virtual. Signifik

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com