whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Jenis-jenis Komputer Mainframe

Komputer mainframe adalah sistem skala besar yang dirancang untuk memproses dan menyimpan sejumlah besar data yang tidak dapat ditangani oleh sistem yang lebih kecil seperti PC. Mereka sering digunakan oleh perusahaan yang sangat besar, bank dan lembaga pemerintah yang memiliki kebutuhan pemrosesan dan penyimpanan yang sangat besar, dan dapat menangani ratusan pengguna secara bersamaan. Dinamai berdasarkan kerangka kerja yang digunakan komputer untuk digantung, mainframe juga dikenal sebagai "besi besar" dan terus beradaptasi dan berkembang melampaui batasan aslinya untuk mengimbangi kemajuan teknologi.

Ukuran
Ukuran komputer mainframe terutama tergantung pada umurnya. Sebagian besar mainframe yang diproduksi sebelum tahun 2000 adalah leviathans yang luas, yang terdiri atas 10.000 kaki persegi komputer yang digantung yang membentang di satu atau lebih lantai di kantor perusahaan atau fasilitas di luar lokasi. Dengan miniaturisasi elemen komputasi, mainframe modern jauh lebih kecil - sering kira-kira seukuran kulkas besar. Tergantung pada skala mainframe, kebutuhan perusahaan dan biaya yang terkait, mainframe dapat melihat layanan bertahun-tahun sebelum mereka tidak dapat menangani beban kerja.

Tujuan
Komputer mainframe dirancang untuk menangani pemrosesan skala besar, penyimpanan data, dan tugas lain yang terlalu banyak sumber daya untuk ditangani oleh komputer biasa atau jaringan skala kecil - misalnya, transaksi bank. Proses yang tepat ditangani cenderung bervariasi berdasarkan pada pengguna, tetapi mainframe umumnya menggeser sejumlah besar data yang akan mengenakan pajak sistem yang lebih kecil di luar titik puncak - dan mereka melakukannya dengan cepat dan andal untuk memfasilitasi kebutuhan pengguna pada skala perusahaan. .

Produsen Utama
Karena biaya pengembangan dan penyebaran yang mahal, hanya segelintir produsen yang membuat dan mengembangkan mainframe. Produsen utama peralatan dan perangkat mainframe termasuk IBM, Hewlett-Packard, Unisys, Fujitsu, Hitachi dan NEC. Pabrikan ini memasok peralatan mainframe ke klien di seluruh dunia, untuk klien di sektor publik dan swasta. Mainframe adalah investasi yang sangat mahal - pada 2012, IBM merilis sistem mainframe "harga lebih rendah" mulai dari $ 75.000. Biasanya, mainframe harganya lebih mahal, dengan harga bervariasi berdasarkan tipe peralatan yang dibeli dan skala mainframe.

Terminal
Komputer mainframe terutama diakses dan dikendalikan melalui terminal - stasiun kerja komputer yang secara dangkal menyerupai standar komputer tetapi biasanya tidak memiliki CPU sendiri. Sebagai gantinya, mereka jaringan ke mainframe dan bertindak sebagai titik akses bagi pengguna.

Sistem Operasi
Sistem operasi yang diinstal pada mainframe bervariasi tergantung pada produsen. Sebagian besar mainframe menggunakan Unix, varian Linux atau versi sistem operasi zOS IBM. Sistem operasi ini sering dikonfigurasikan secara khusus untuk mainframe yang menjalankannya dan menawarkan kemampuan antarmuka yang diperlukan kepada pengguna.

Komputasi Terpusat vs. Terdistribusi
Komputer mainframe tradisional menggunakan skema komputasi "terpusat" - mainframe adalah sistem picik di mana hanya terminal yang terhubung langsung yang dapat mengakses informasi. Ketika komunikasi dan operasi Internet semakin populer, mainframe terpusat menjadi semakin terbuka terhadap skema komputasi "terdistribusi". Mainframe terdistribusi dapat diakses oleh komputer di luar mainframe itu sendiri, memungkinkan pengguna untuk mengakses materi dari rumah mereka atau saat bepergian melalui Internet.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101308907.html

Perangkat lunak
  • Jenis-Jenis Perangkat Lunak Audit

    Perangkat lunak audit membantu memusatkan informasi audit sehingga bisnis dapat membuat keputusan yang terkoordinasi dengan gagasan umum tentang statistik keuangan perusahaan. Perangkat lunak audit juga biasanya dirancang untuk mempercepat proses audit sehingga bisnis tidak perlu mencurahkan ban

  • Komputer yang Digunakan di Restoran

    Industri restoran pernah berfungsi terutama pada tenaga kerja, api gas dan kertas dan pensil. Saat ini, sebuah restoran modern adalah lingkungan terkomputerisasi berteknologi tinggi di mana banyak tugas diselesaikan secara otomatis oleh komputer untuk membuat operasi berjalan dengan lancar dan u

  • Kerugian Komputer di Masyarakat

    Komputer adalah perangkat yang telah mengubah cara masyarakat beroperasi dalam beberapa dekade terakhir. Itu telah membuat pekerjaan lebih mudah dengan mengotomatisasi banyak tugas yang akan memakan waktu berhari-hari atau berbulan-bulan untuk diselesaikan secara manual, tetapi sekarang dapat dilaku

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com