whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Jenis Catu Daya PC

Baik Anda memiliki desktop atau laptop, komputer Anda harus diberdayakan entah bagaimana. Karena komputer penuh dengan berbagai jenis sirkuit elektronik, meskipun, beberapa di antaranya beroperasi pada tegangan yang berbeda, koneksi sederhana ke stopkontak tidak cukup. Untuk mengubah listrik yang berasal dari dinding ke sesuatu yang dapat digunakan komputer, sistem membutuhkan unit catu daya. Sejak akhir 1990-an, hampir semua komputer desktop modern menggunakan catu daya multi-tegangan ATX untuk menyediakan arus ke komponen internal.

Catu Daya Desktop

Catu daya mengubah Listrik Arus Bolak-balik (AC) yang berasal dari stopkontak di dinding Anda menjadi empat jenis tegangan yang biasa digunakan komputer Anda, semua daya Direct Current (DC): - 5 volt, +5 volt, +12 volt, dan -12 volt. Selain memasok kebutuhan daya komputer, catu daya komputer desktop juga menyediakan pendingin yang sangat dibutuhkan dengan kipas catu daya. Beberapa komputer (seperti server, sistem permainan, dan PC kelas atas) memiliki banyak catu daya dengan banyak penggemar. Ini menjawab dua kebutuhan: peningkatan kebutuhan daya karena komponen berkecepatan tinggi atau beban kerja tinggi, dan peningkatan kapasitas pendinginan, karena komponen berkecepatan tinggi dan beban kerja tinggi menghasilkan banyak panas.

Catu Daya Laptop

Catu daya laptop sedikit berbeda dengan yang digunakan pada komputer desktop. Pekerjaan mengubah daya listrik dari stopkontak menjadi sesuatu yang dapat digunakan laptop dibagi antara dua komponen: adaptor daya eksternal dan catu daya internal. Adaptor daya laptop mengubah listrik dari stopkontak menjadi sesuatu yang dapat digunakan catu daya internal. Biasanya ini adalah tegangan DC yang lebih tinggi daripada catu daya desktop. Adaptor mengubah daya yang Anda dapatkan di stopkontak dan mengubahnya menjadi tegangan lain, seringkali antara 10 dan 18 volt DC. Dari sana, catu daya internal selanjutnya mengubah voltase agar sesuai dengan kebutuhan komputer.

Mode Penghematan Daya

Dengan kemajuan dalam perangkat lunak dan sistem operasi, maka miliki mode daya komputer tingkat lanjut. Misalnya, hampir semua komputer modern mendukung mode "Hemat Daya" atau "Tidur". Mode ini memungkinkan Anda untuk mematikan komputer Anda dengan perangkat lunak daripada menggunakan tombol daya.

Catu Daya ATX

Fitur seperti "Mode Hemat Daya" dan "Tidur" Mode "dimungkinkan oleh catu daya ATX dan motherboard yang kompatibel. Ketika digabungkan dengan catu daya yang kompatibel, motherboard ATX mendukung mode hemat energi yang memungkinkan penulisan sementara atau penyimpanan data sementara komputer "" Hypernation "atau" Sleep Mode. "

Tegangan yang Didukung ATX

Catu daya ATX mendukung enam pengaturan tegangan, yang meliputi +5 volt, -5 volt, +12 volt, -12 volt +5 volt siaga, dan +3,3 volt. Berbagai macam tegangan yang didukung ini menyediakan pabrikan fleksibilitas yang diperlukan untuk membuat periferal dan komponen tambahan dengan beragam persyaratan saat ini.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101317114.html

Perangkat keras
  • Jenis Kabel Data

    Kabel data digunakan untuk mengirimkan informasi antara sistem seperti server, komputer pribadi dan perangkat keras lainnya. Ada tiga jenis utama kabel data yang digunakan untuk mengirimkan data: kabel twisted pair, coax dan serat optik. Ketiga jenis kabel ini digunakan di lingkungan yang berbeda. K

  • Jenis-jenis Kabel Serial

    Komunikasi data antara perangkat digital sering dilakukan melalui kabel serial, yang digunakan untuk mentransfer data antara perangkat yang menggunakan bit-by-bit atau teknik komunikasi port serial. Sebagian besar jenis kabel serial menggunakan antarmuka standar RS-232 (Recommended Standard-232) unt

  • Mencari Informasi Catu Daya Dengan Linux

    Sistem operasi Linux menggunakan utilitas biosdecode untuk mendapatkan informasi dari BIOS komputer, seperti informasi tentang catu daya. Ini adalah utilitas baris perintah; utilitas mengakses informasi dari tabel DMI (Desktop Management Interface). Perintah dmidecode digunakan untuk mencetak inform

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com