whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Cara Membuat Grafik Kurva I-V dari Sel Surya Silikon Dengan Excel

Kurva I-V, juga dikenal sebagai kurva tegangan-arus, menampilkan kombinasi arus ke tegangan yang mungkin dimiliki oleh sel fotovoltaik. Sel memiliki arus maksimum tetapi tidak ada tegangan selama hubungan pendek terminal negatif dan positif. Ini memiliki tegangan maksimum tetapi tidak ada arus selama putus sirkuit. Dengan menggunakan pengubah variabel, Anda dapat membaca hasil sel di setiap kondisi antara dua ekstrem ini, lalu gunakan data ini dan Microsoft Excel untuk membuat kurva IV, untuk melihat kondisi di antara kedua kondisi ekstrem ini. .

Langkah 1
Muat Excel dan buka lembar kerja kosong.

Langkah 2
Tambahkan judul ke atas tiga kolom yang akan mewakili data Anda. Ketik "Current" di sel A1 dan "Voltage" di sel B1.

Langkah 3
Masukkan tegangan dan data saat ini ke dalam dua kolom ini, di bawah header masing-masing. Mulailah dengan data untuk pembacaan saat ini dari nol - nilai saat ini akan meningkat saat Anda bergerak ke bawah kolom, sedangkan nilai tegangan harus menurun.

Langkah 4
Pilih semua data Anda dengan mengklik dan menahan tombol kiri mouse pada sel A1, lalu seret penunjuk ke bawah ke sel data terakhir di kolom "B."

Langkah 5
Klik ikon "Bagan", lalu pada "Jenis Bagan" klik ikon "Line". Pilih grafik garis yang tidak menempatkan titik data pada grafik, karena ini membuat kurva lebih mudah dilihat. Klik "Selanjutnya," lalu klik tombol radio "Seri data dalam kolom". Klik "Next," lalu klik ikon di sebelah kotak teks "Range for Y-Values". "A," lalu klik ikon lagi. Lakukan hal yang sama untuk kotak teks "Kategori", hanya saja kali ini pilih data di kolom "B." Ini menempatkan Tegangan pada sumbu "Y" dan Arus pada sumbu "X".
Klik "Next." Di kotak teks "Judul", berikan bagan header yang cocok, dan gunakan kotak teks "Subtitle" jika Anda ingin memiliki subjudul. Ketik "Voltage" ke "X Axis," "Current" ke "Y Axis," dan hapus centang pada kotak "Legenda". Klik "Selesai" setelah selesai.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101308028.html

Perangkat lunak
  • Bagaimana Mengubah Sumbu Vertikal pada Bagan Excel Bar

    Microsoft Excel 2007 adalah perangkat lunak spreadsheet yang membantu Anda untuk mengurutkan dan mengklasifikasikan data dalam jumlah besar. Ini juga dapat membantu Anda dalam membuat grafik yang terlihat profesional, termasuk grafik batang. Grafik batang adalah grafik yang memiliki balok untuk

  • Cara Menghitung Rumus Excel Dengan Beberapa Halaman

    Meskipun awalnya terlihat rumit, menghitung rumus di beberapa halaman di Excel sebenarnya cukup sederhana. Saat Anda membuat rumus dalam satu lembar kerja, Anda memasukkan referensi sel dalam rumus. Misalnya, untuk mendapatkan jumlah sel A1 dan B1 Anda memasukkan rumus \u003d SUM (A1: B1). Untuk

  • Cara Membuat Grafik di MS Excel

    Alat bantu visual seperti grafik dapat menambah minat pada presentasi yang kering dan mempercepat pemahaman data yang ingin Anda tampilkan. Memilih jenis bagan yang tepat untuk tujuan Anda sangat penting untuk membuat ilustrasi yang efektif. Excel menyediakan 10 tipe bagan dasar dan puluhan subt

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com