whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Perbedaan Antara Transfer Data Serial & Paralel

Sementara penggunaan perangkat periferal dengan koneksi Universal Serial Bus (USB) ada di mana-mana pada saat ini, masih ada beberapa perangkat, seperti printer yang lebih tua, yang menggunakan koneksi lama seperti kabel paralel. Kabel paralel memang menawarkan transfer cepat secara keseluruhan, tetapi kabel serial menawarkan kesederhanaan implementasi dan dengan demikian kemudahan penggunaan. Juga, koneksi serial lebih murah dan dengan demikian telah menjadi standar de facto untuk banyak perangkat komputer seperti pemutar MP3, printer, dan hard drive eksternal.

Dasar-dasar Transmisi
Ketika periferal tersambung ke komputer , mereka memerlukan kabel fisik untuk mengirim sinyal bolak-balik. Dengan cara ini, prosesor dapat berkomunikasi dengan perangkat ini dan mengirim data ke mereka. Komunikasi terjadi ketika komputer mengirimkan pulsa elektronik ke perangkat atau sebaliknya. Pulsa ini dikumpulkan menjadi pesan, file data, atau perintah. Pulsa bolak-balik diatur berdasarkan jenis perangkat periferal dan bagaimana interaksinya dengan sistem komputer.

Transmisi Paralel
Transmisi paralel terjadi pada kabel paralel. Kabel paralel datar dan berpikir, membentuk beberapa kabel yang lebih kecil. Setiap kabel dapat membawa sedikit informasi (baik mewakili 1 atau 0). Kabel paralel dapat membawa banyak bit secara bersamaan, satu untuk setiap kabel. Kabel paralel delapan kabel, misalnya, dapat membawa seluruh byte data. Ini menghasilkan pengiriman data yang lebih cepat per detik, semua hal menjadi sama.

Transmisi Seri - Transmisi serial terjadi melalui kabel tunggal, satu bit setiap kali. Jenis komunikasi ini dinamai "serial" bukan hanya karena data bergerak sedikit demi sedikit, tetapi juga karena bit-bit ini harus diatur dengan cara tertentu sehingga transmisi dapat diatur dan dianggap dapat dipercaya. Misalnya, transmisi tunggal dari perangkat periferal yang menggunakan data serial mungkin hanya membutuhkan 6 bit, sehingga mekanisme serial memiliki cara untuk menentukan cara memberi sinyal pada hal-hal seperti "akhir transmisi."

Kelebihan dan Kekurangan
Koneksi paralel adalah, semua hal dianggap sama, lebih cepat karena tingkat transfer yang lebih tinggi. Namun, port paralel juga membutuhkan lebih banyak perangkat keras, membuatnya lebih mahal untuk diimplementasikan. Selain itu, kecepatan transfer data telah meningkat sedemikian rupa sehingga koneksi serial dapat mentransfer seluruh gigabyte per detik. Koneksi serial juga lebih mudah diimplementasikan, menjadikannya pilihan perangkat keras masuk untuk perangkat periferal plug-and-play seperti hard drive eksternal dan pemutar MP3.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101308643.html

Perangkat keras
  • Apa Perbedaan Antara ERP & SOA?

    Ada banyak kebingungan dalam hal terminologi perangkat lunak. ERP dan SOA sangat berbeda tetapi dapat digunakan dalam kalimat yang sama ketika merujuk pada sistem perusahaan, yang menambah kebingungan. ERP ERP singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ERP adalah seperangkat modul fungs

  • Perbedaan Antara Kecepatan Unduhan & Kecepatan Transfer

    Kecepatan unduh mengacu pada seberapa cepat suatu file dapat disalin dari komputer jarak jauh, sedangkan kecepatan transfer adalah kecepatan di mana data ditransfer antara dua perangkat, seperti hard drive dan memori komputer. Kecepatan Unduhan Kecepatan unduhan tergantung pada kecepatan koneksi

  • Perbedaan Antara GPRS & EGPRS

    Perbedaan operasi antara GPRS dan EGPRS adalah bahwa EGPRS, juga disebut EDGE, adalah pengembangan yang lebih baru dan perluasan teknologi GPRS yang menawarkan kecepatan transfer data paket yang jauh lebih cepat. Ini mengarah ke pengalaman data seluler yang lebih baik secara keseluruhan. GPRS GP

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com