whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Bagaimana Cara Kerja Amp Meter?

Amp meter, atau lebih sederhana "amperemeter," adalah instrumen yang mengukur arus listrik. Ada dua jenis amperemeter, yang menggunakan desain jarum analog tradisional, dan solid-state baru meter dengan pembacaan digital. Meter dari setiap jenis secara inheren merespons arus searah, atau DC saja, tetapi dengan sirkuit tambahan juga dapat mengukur arus bolak-balik, atau AC.

Meter Analog - Di jantung meter analog adalah galvanometer, instrumen sensitif yang mengandung kumparan kawat bergerak yang terhubung ke terminal input.Kumparan menghasilkan medan magnet dari arus listrik yang melewatinya, dan medan magnet ini bereaksi dengan medan kedua, biasanya dari permanen magnet di meteran. Pegas menetralkan torsi yang diciptakan oleh interaksi dua medan magnet. Seiring meningkatnya arus, pegas membentang sesuai dengan arus input, dan jarum yang terpasang ke kumparan menunjukkan besarnya elec arus trical.

Rentang
Sebuah galvanometer sangat sensitif, dengan kisaran mikroampere yang dapat digunakan hingga beberapa miliampere. Untuk membaca nilai arus yang lebih besar, ammeter analog menggunakan kombinasi resistor seri dan paralel untuk memperluas rentang galvanometer.

Meter Digital
Meter digital menggunakan elektronik solid-state untuk mengukur aliran arus. Desain mereka terdiri dari voltmeter digital yang terhubung melintasi pirau arus yang dikalibrasi. Shunt memiliki resistansi yang sangat kecil, dan melewati sebagian besar arus sementara meter membaca voltase kecil di atasnya. Tegangan sebanding dengan arus yang berjalan melalui shunt, dan voltmeter menggunakan konverter analog-ke-digital dan sirkuit digital lainnya untuk menerjemahkan tegangan ke kode digital yang dapat ditampilkan oleh meter sebagai nilai saat ini.

Arus AC
Arah defleksi koil dalam galvanometer tergantung pada polaritas arus yang diterapkan, sehingga arus AC yang terus menerus berbalik arah tidak akan masuk. Agar meteran saat ini membaca AC, harus memiliki rangkaian jembatan penyearah untuk mengubah arus input ke DC. Dengan penambahan ini, defleksi selalu terjadi dalam arah yang sama, terlepas dari polaritas yang diterapkan saat ini. Pembacaan meter digital juga tergantung pada arah saat ini, sehingga mereka juga menggunakan penyearah untuk membaca arus AC.

Clamp-On Meter
Ammeters biasanya terhubung langsung ke jalur saat ini yang mereka ukur, tetapi beberapa meter memiliki clamp-on probe yang memungkinkan Anda melakukan pengukuran tanpa menembus sirkuit yang Anda ukur. Clamp-on meter tidak seakurat satu kabel ke dalam sirkuit, tetapi dapat berguna untuk pengukuran satu kali atau di mana level arus atau tegangan sangat ekstrem. Beberapa probe penjepit menggunakan kopling magnetik di sirkuit pengukuran, sehingga mereka hanya bekerja untuk arus AC, sementara yang lain menggunakan sensor Hall Effect yang merespons arus DC.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101308641.html

Perangkat keras
  • Bagaimana Cara Kerja TV Layar Datar?

    Berada di antara dua lembar kaca adalah teknologi yang memungkinkan TV layar datar bekerja. Tergantung pada jenis TV layar datar, prosesnya dapat sedikit berbeda. Dalam sebuah TV plasma terdapat sel-sel yang mengandung gas xenon dan neon serta elektroda. Ada dua jenis elektroda, layar dan alamat, ya

  • Bagaimana Cara Kerja Parabola?

    Parabola adalah Antena Parabola adalah jenis antena parabola dan microwave. Yang digambarkan di atas adalah antena reflektor gain tinggi. Ini berarti ia mengambil atau mengirim sinyal elektromagnetik dari satelit. Dapat digunakan untuk data, radio atau televisi. Ukuran dan desain parabola bervarias

  • Bagaimana Motherboard Komputer Bekerja?

    Pendahuluan Motherboard memiliki tujuan penting dalam komputer. Ini adalah pekerja keras di balik proses komputer, membantu menghubungkan semuanya bersama dan menjalankan komputer. Motherboard menghubungkan banyak prosesor dan komponen untuk memastikan semuanya bekerja secara efisien. Tujuan Moth

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com