whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Internet

Apa Perbedaan Antara Situs Web Kredibel & Situs Web Non-Kredibel?

Saat mencari informasi yang dapat diandalkan di Internet, sangat penting bagi Anda untuk menentukan kredibilitas situs web yang Anda jelajahi. Situs web yang kredibel adalah situs yang berisi informasi faktual, otoritatif, tidak memihak, dan terkini. Sekalipun sebuah situs web tampak kredibel pada pandangan pertama, penting untuk mengembangkan mata yang kritis karena hampir setiap orang dapat membuat situs web tentang topik apa pun yang mereka inginkan.

Kredensial Penulis
Lihat siapa yang menulis situs web itu konten dan kualifikasi apa yang dia miliki di bidang pengetahuan itu. Jika dia memenuhi syarat, dia akan menyebutkan kredensinya di situs web. Penting juga untuk melihat organisasi atau institusi apa yang terkait dengan penulis. Jika tautan dan /atau informasi kontak untuk organisasi atau lembaga diposting, situs web lebih mungkin untuk dipercaya. Akhirnya, Anda harus mencari tahu di mana lagi penulis telah diterbitkan. Misalnya, jika ia telah menulis artikel untuk jurnal ilmiah atau jurnal profesional yang diulas sejawat dengan topik yang sama dengan yang ia tulis di situs webnya, Anda biasanya dapat mempercayai bahwa situs web tersebut merupakan sumber yang kredibel.

Penulis Penelitian
Lihat untuk melihat penelitian apa yang dilakukan untuk menulis konten situs web. Jika ada daftar "karya yang dikutip" atau "referensi", Anda tahu bahwa penulis melakukan penelitian. Anda juga harus memeriksa beberapa tautan dalam daftar ini untuk melihat apakah sumber-sumber terpercaya lainnya melaporkan informasi yang sama. Jika penulis tidak merujuk ke mana ia mendapatkan informasinya dan jika ia bukan ahli dalam bidangnya, situs web tersebut tidak dapat dipercaya.

Tanggal Artikel
Lihat saat artikel di situs web tersebut berada tertulis, atau ketika konten situs web terakhir diperbarui. Jika Anda tidak melihat tanggal di mana pun tetapi artikel itu merujuk ke berita lama seolah-olah itu terbaru atau jika berisi banyak tautan mati, kemungkinan situs web tersebut belum diperbarui untuk sementara waktu. Penting untuk menentukan tanggal karena walaupun informasi itu kredibel pada satu titik, penelitian baru mungkin membuat informasi tersebut usang.

Jenis Situs Web
Cari situs web pendidikan (situs yang diakhiri dengan ".edu ") atau situs web pemerintah (yang diakhiri dengan" .gov "), karena informasi yang disediakan di situs-situs ini lebih mungkin untuk dipercaya. Tentu saja, Anda masih perlu menyelidiki siapa yang menulis konten tersebut. Sebagai contoh, seorang siswa mungkin telah menulis sebuah artikel, pada topik yang dia tahu sedikit tentang, diterbitkan melalui server kampusnya. Situs web lain, seperti yang dibuat oleh individu, bisnis, dan organisasi, biasanya diakhiri dengan ".com," ".org" atau ".net." Banyak dari situs web ini memang mengandung informasi yang kredibel, tetapi sama seperti banyak yang tidak. Berhati-hatilah terhadap situs web bisnis karena sering mengandung informasi bias untuk mendorong Anda membeli produk mereka. Juga, banyak orang membuat situs web sebagai hobi dan mungkin tidak memiliki keahlian lebih banyak tentang topik yang mereka tulis daripada Anda.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Internet/101307410.html

Internet
  • Apa Perbedaan Antara ERP & SOA?

    Ada banyak kebingungan dalam hal terminologi perangkat lunak. ERP dan SOA sangat berbeda tetapi dapat digunakan dalam kalimat yang sama ketika merujuk pada sistem perusahaan, yang menambah kebingungan. ERP ERP singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ERP adalah seperangkat modul fungs

  • Apa Perbedaan Antara OCR dan OMR?

    OCR (pengenalan karakter optik) dan OMR (pengenalan tanda optik) adalah sistem khusus yang mengubah gambar pada kertas menjadi format yang mudah dibaca dan diproses oleh komputer. Baik teknologi OCR dan OMR terdiri dari komponen perangkat keras dan perangkat lunak. Mereka berfungsi dengan membaca ga

  • Apa Perbedaan Antara Garis Bawah & Garis Bawah?

    Sementara beberapa definisi mencantumkan garis bawah dan garis bawah sebagai hal yang sama, mereka biasanya dianggap sebagai karakter atau alat terpisah yang digunakan dalam penulisan dan pemrosesan kata. Garis Bawah Garis bawah adalah garis horizontal yang berada di bawah kata atau karakter In

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com