whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Bagaimana Cara Kerja Kabel SATA?

Kabel SATA menghubungkan hard drive dan drive optik ke komputer. Kabel ini membiarkan drive bertukar data dengan komputer melalui motherboard. Kabel SATA dapat mengirimkan data lebih cepat daripada kabel pita EIDE yang lebih lama, dan hard drive baru, khususnya, membutuhkan kecepatan transmisi data yang lebih tinggi karena mereka lebih besar dan membaca dan menulis data lebih cepat. Sementara drive SATA bekerja dengan kecepatan lebih tinggi, data yang mereka transfer persis sama dengan kabel yang lebih lama.

Latar Belakang
IBM memperkenalkan antarmuka baru untuk komputer pribadinya pada tahun 1986. Perusahaan tersebut bernama komputer baru AT, untuk teknologi canggih, dan antarmuka baru, yang digunakan untuk menghubungkan hard drive, adalah attachment teknologi canggih (ATA). IBM menggunakan kabel paralel dengan 40 pin, dengan konduktor dibentuk menjadi pita. Antarmuka mentransfer data dua byte sekaligus, dengan sakelar yang menunjukkan apakah transfer mengarah ke disk atau dari disk. Dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, konfigurasi paralelnya terlalu lambat. Sistem serial ATA (SATA) mentransfer data yang sama secara seri melalui kabel yang lebih kecil.

Kabel Sinyal SATA
Kabel sinyal untuk antarmuka SATA memiliki tujuh konduktor dalam kabel datar. Colokan memiliki joging kecil di satu ujung untuk memastikan kabel terhubung dengan cara yang benar. Dua konduktor untuk mengirim data dan dua untuk menerima. Kabel arde antara masing-masing konduktor sinyal mengurangi interferensi antara sinyal, dan membuat keseimbangan tujuh konduktor. Kabel dihubungkan ke bagian belakang drive dan ke konektor pada motherboard. Ketika komputer membaca dari disk atau menulis data ke penyimpanan, sinyal melalui kabel sinyal SATA.

Kabel Daya SATA
Kabel daya untuk antarmuka SATA memiliki konstruksi yang sama dengan kabel sinyal, tetapi memiliki 15 konduktor. Mereka memasok daya ke hard atau drive optik pada level tegangan 3,3, 5 dan 12 volt. Setiap voltase memiliki tiga konduktor yang ditugaskan padanya karena kabel dan pin penghubung terlalu kecil untuk dapat menangani arus penuh yang diperlukan oleh drive. Tiga kabel arde antara masing-masing dua level voltase menyeimbangkan 15 konduktor. Kabel daya SATA menghubungkan catu daya komputer ke drive.

Kabel eSATA
IBM merancang antarmuka ATA untuk menghubungkan hard drive internal ke motherboard komputer. Komputer modern sering memiliki drive eksternal untuk cadangan atau penyimpanan data. Antarmuka eSATA menggunakan kabel eSATA untuk menghubungkan drive eksternal berdasarkan teknologi yang sama. Secara struktural, kabel eSATA mirip dengan kabel sinyal SATA, tetapi memiliki pelindung untuk mencegah interferensi dan menggunakan colokan yang lebih banyak dan lebih persegi. Kabel menghubungkan drive eksternal ke port di bagian belakang komputer, yang terletak pada kartu yang dipasang di salah satu slot ekspansi komputer. Kartu mentransfer sinyal ke motherboard. Drive eksternal biasanya memiliki catu daya sendiri, dan tidak menggunakan kabel daya SATA.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101308278.html

Perangkat keras
  • Bagaimana Cara Kerja TV Layar Datar?

    Berada di antara dua lembar kaca adalah teknologi yang memungkinkan TV layar datar bekerja. Tergantung pada jenis TV layar datar, prosesnya dapat sedikit berbeda. Dalam sebuah TV plasma terdapat sel-sel yang mengandung gas xenon dan neon serta elektroda. Ada dua jenis elektroda, layar dan alamat, ya

  • Bagaimana Cara Kerja Parabola?

    Parabola adalah Antena Parabola adalah jenis antena parabola dan microwave. Yang digambarkan di atas adalah antena reflektor gain tinggi. Ini berarti ia mengambil atau mengirim sinyal elektromagnetik dari satelit. Dapat digunakan untuk data, radio atau televisi. Ukuran dan desain parabola bervarias

  • Bagaimana Motherboard Komputer Bekerja?

    Pendahuluan Motherboard memiliki tujuan penting dalam komputer. Ini adalah pekerja keras di balik proses komputer, membantu menghubungkan semuanya bersama dan menjalankan komputer. Motherboard menghubungkan banyak prosesor dan komponen untuk memastikan semuanya bekerja secara efisien. Tujuan Moth

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com