whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Perbedaan Antara Disk DVD Single & Double-Layer

Standar cakram Digital Serbaguna merevolusi penyimpanan digital, memungkinkan lebih dari sepuluh kali jumlah data yang dimungkinkan pada compact disc. Kemajuan teknologi akhirnya menghasilkan cakram kapasitas berlapis ganda, meningkatkan kapasitas dari 4,7 gigabita menjadi 8,5 GB. Pembakar dan pemain DVD menggunakan optik dan teknik khusus untuk membaca disk dua lapis, memungkinkan film yang lebih lama untuk tetap berada di satu disk dan memungkinkan kapasitas yang lebih besar untuk foto dan film rumah Anda.

Konstruksi Dasar
Satu lapis DVD atau cakram DVD-5 terdiri dari lapisan reflektif yang terbungkus dalam sandwich polikarbonat. Data dikodekan pada lapisan ini melalui serangkaian lubang, mewakili informasi digital. Lubang-lubang ini kira-kira setengah dari ukuran yang ditemukan pada compact disc, membutuhkan laser khusus untuk membaca data ini. Dual-layer disc atau media DVD-9 adalah dua DVD single-layer yang menyatu secara back-to-back, walaupun secara keseluruhan memiliki ketebalan yang sama. Peningkatan data ini dicapai dengan memiliki fokus laser pembacaan pada lapisan reflektif semi-transparan. Laser kemudian menggeser fokus sesuai kebutuhan, membaca melewati lapisan semi-transparan ke yang kedua. Anda dapat melihat ini terjadi ketika menonton DVD dual-layer, dengan film berhenti sebentar ketika laser beralih layer.

Ripping dan Pengarsipan
Tidak semua DVD burner kompatibel dengan dua layer. Saat menyalin data yang biasanya melebihi 4.7GB dalam kasus ini, diperlukan peningkatan kompresi data. Jika Anda mengarsipkan video, Anda dapat menyandikan data pada tingkat kualitas yang lebih tinggi dengan kompresi yang lebih sedikit menggunakan media dua lapis. Untuk drive komputer yang mendukung pembakaran dua lapis, Anda dapat membeli media dua lapis yang sedikit lebih mahal yang juga mencegah kemungkinan harus menggunakan banyak cakram untuk satu aplikasi. Drive ini diberi label yang sesuai.

Jenis Media DVD
Saat melihat media DVD single dan dual-layer, Anda akan menemukan sebutan yang berbeda. DVD-R adalah standar yang lebih lama, lebih kompatibel dengan sebagian besar drive dan pemutar DVD. DVD + R adalah format yang bersaing, dan merupakan versi utama yang menawarkan media kosong dua lapis. Perbedaan teknis untuk penunjukan mengacu pada cara di mana data disimpan. Seperti CD, data DVD-R mulai menuju pusat disk, berputar ke arah luar. Media DVD + R dikodekan dalam arah yang berlawanan. DVD lapis ganda menggunakan keduanya, dengan spiral terbalik biasanya pada lapisan kedua. Plus- atau minus-RW mengacu pada kemampuan untuk menghapus dan merekam ulang data, meskipun cakram ini biasanya tidak tahan lama dan tidak direkomendasikan untuk pengarsipan data penting.

Versi Tambahan
Tunggal dan dual-layer DVD memiliki iterasi lain, dua sisi, dual-layer. Didesain DVD-18, cakram ini menampung hampir 16GB data, baik untuk mencadangkan seluruh hard drive yang lebih kecil atau menempatkan film di satu sisi dan fitur khusus di sisi lain. DVD-14 adalah versi lain yang jarang dijumpai saat ini, yaitu dua sisi tetapi memiliki satu lapisan di satu sisi dan dua lapisan di sisi lainnya. DVD-10 akrab bagi mereka yang memiliki beberapa rilis DVD yang lebih tua, yang terdiri dari satu lapisan di dua sisi. Format ini banyak digunakan untuk menampung film layar lebar dan layar penuh atau fitur khusus, masing-masing di sisinya sendiri.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101308689.html

Perangkat keras
  • Cara Membakar Data DVD Disc

    Membakar data ke DVD memiliki beberapa fungsi. Terutama, membakar disk data DVD memungkinkan data menjadi portabel di antara sistem dan juga memungkinkan cadangan informasi penting yang aman seperti data keuangan. Membakar disk data DVD adalah proses yang sangat sederhana yang dapat dilakukan ol

  • Cara Membakar DVD

    8.5GB DVD ukuran standar dapat menyimpan data hingga 4,7 gigabytes. DVD dengan kapasitas 8,5 gigabyte dikenal sebagai DVD dual-layer. DVD dua lapis memiliki dua lapisan data yang dapat direkam pada disk, memungkinkannya menampung informasi tambahan. Untuk merekam DVD lapis ganda, Anda memerlukan p

  • Perbedaan Antara DSL & VDSL

    Internet telah berkembang menjadi kekuatan dunia yang ditenagai oleh teknologi yang terus berubah. Bertahun-tahun yang lalu, satu-satunya keputusan yang harus diambil oleh pengguna Internet adalah apakah akan memasang saluran telepon kedua, karena sedang online sepanjang hari menghasilkan sinyal

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com