whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Bagaimana Mengatur Data Kualitatif

Penelitian kualitatif menghasilkan beragam data, dari berbagai sumber. Sumber data dapat berupa wawancara pribadi (tertulis atau direkam), survei, kuesioner, dokumen resmi atau catatan observasi. Untuk memperumit masalah, lebih sering daripada tidak, ada banyak responden atau peserta dan banyak peneliti. Untuk mengeluarkan dan mengkode data dari berbagai sumber data bisa sulit, tetapi menjadi lebih mudah jika data diorganisasikan dengan tepat.

Langkah 1
Tinjau seluruh kumpulan data sehingga tema atau pola mulai muncul. Perhatikan tema atau pola ini dan tetapkan huruf, angka atau simbol untuk menunjuk kategori. Respons seperti pada topik tertentu dapat dikelompokkan bersama, sehingga memudahkan analisis item.

Langkah 2
Buat tabel kode sehingga kode dapat konsisten dan mudah diakses oleh banyak peneliti. Saat melakukan penelitian kualitatif, lebih disukai menggunakan banyak peneliti sehingga berbagai perspektif dipertimbangkan dalam analisis data.

Langkah 3
Pisahkan data ke dalam kelompok - tema, pola, atau kategori lainnya. Setelah kumpulan data dikodekan, data dapat dikelompokkan sesuai dengan kodenya. Ini juga akan membuat analisis dan diskusi data lebih mudah. Diskusi dan analisis kemudian dapat fokus pada tema independen yang dicatat dalam data.

Langkah 4
Atur data survei berdasarkan pertanyaan, responden, atau sub-topik. Penting untuk mengatur data survei sehingga dapat dengan mudah dianalisis. Salah satu metode organisasi adalah memisahkan data berdasarkan pertanyaan, kategori responden atau sub-topik. Mungkin diinginkan untuk mengelompokkan semua respons untuk pertanyaan pertama bersama, mempertanyakan keduanya bersama-sama dan seterusnya. Di sisi lain, mungkin lebih efisien untuk mengelompokkan data berdasarkan topik. Pengelompokan data dapat memfasilitasi munculnya tema atau pola yang berkembang dalam kumpulan data.
Kode mentranskrip data sehingga sumbernya menjadi jelas. Para peneliti sering menggunakan data yang diperoleh dengan menyalin catatan wawancara yang direkam atau ditulis. Karena data akan dihasilkan dari berbagai wawancara atau rekaman verbal dan dikelompokkan, penting agar sumber data diberi label. Sebagai contoh, pertimbangkan peneliti melakukan analisis item pada data yang diambil dari 20 set catatan wawancara. Jika peneliti mengelompokkan semua respons pada item tertentu, penting agar setiap respons diberi label untuk menunjukkan sumber.

Item yang Anda perlukan

  • kumpulan data kualitatif

    Situs
    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101307428.html

  • Perangkat lunak
    • Cara Menggunakan Excel di Economics

      Excel, program spreadsheet yang merupakan bagian dari paket perangkat lunak Microsoft Office yang populer, adalah alat yang disukai untuk mengelola, menganalisis, dan melaporkan data ekonomi. Dengan fitur-fiturnya yang mudah digunakan, termasuk panduan grafik dan kapasitas analisis data, Excel adala

    • Bagaimana Mengatur Dokumen Word

      Microsoft Word digunakan untuk membuat dokumen untuk pekerjaan, sekolah, dan proyek terkait rumah. Ketika dokumen Word Anda bertambah, terkadang sulit untuk tetap teratur dan menemukan file yang Anda simpan berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang lalu. Namun, meluangkan waktu u

    • Cara Membuat Bagan di MS Access 2007

      Microsoft Access adalah program pembuatan basis data yang merupakan bagian dari Microsoft Office Suite. Selain membuat basis data, ada sejumlah fungsi lain yang dapat dilakukan oleh program ini termasuk membuat grafik. Anda dapat membuat berbagai bagan dengan Access seperti diagram lingkaran dan dia

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com