whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Bandingkan & Kontras Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jaringan adalah sistem operasi komputer khusus yang mendukung jaringan area lokal dan jaringan area luas. Beberapa sistem operasi multiguna yang mendukung fungsi-fungsi jaringan juga dapat diklasifikasikan sebagai sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan bervariasi dalam hal biaya, dukungan, pemeliharaan, kemudahan penggunaan, ketersediaan perangkat lunak dan faktor lainnya. Linux, Unix dan Windows Server adalah beberapa sistem operasi jaringan yang terkenal.

Sistem
Sistem operasi jaringan utama yang digunakan adalah Windows, yang digunakan pada sebagian besar workstation dan pada server jaringan; UNIX, yang sebagian besar digunakan untuk server daya; Linux, yang merupakan versi rekayasa balik UNIX yang banyak digunakan pada workstation karena kemampuannya untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak dan yang juga dapat memberi daya pada server; dan OS X, yang juga berbasis UNIX dan memberi kekuatan pada Apple Mac. Sistem operasi jaringan yang lebih lama seperti Netware Novell dan Windows NT tidak lagi digunakan secara umum tetapi mungkin memperkuat sistem lama yang usang. Fungsi utama sistem operasi jaringan adalah manajemen sistem file, printer, berbagi aplikasi dan basis data, manajemen direktori, keamanan jaringan, dan tata graha.

Pangsa Pasar
Windows memiliki pangsa pasar terbesar dari sistem operasi jaringan ketika datang ke workstation karena banyak bisnis menggunakan aplikasi berbasis Windows seperti Microsoft Office untuk operasi sehari-hari mereka. UNIX memiliki sedikit keuntungan dalam pangsa pasar ketika datang ke server karena stabilitas, keamanan, kekuatan dan kemudahan administrasi. Windows juga memiliki sebagian besar pasar server karena integrasinya yang mulus dengan workstation berbasis Windows. OS X memiliki pangsa pasar yang lebih rendah daripada sistem operasi jaringan lainnya dan sebagian besar digunakan di workstation.

Biaya
Biaya adalah faktor utama dalam memilih sistem operasi jaringan. Faktor biaya seperti biaya sistem operasi, lisensi, biaya pendukung, biaya pemeliharaan dan administrasi semua faktor menjadi total biaya kepemilikan. Secara umum, Windows biasanya membawa total biaya kepemilikan yang tinggi karena membebankan biaya lisensi pengguna yang sering dimasukkan dalam biaya sistem operasi lain seperti UNIX atau Linux, yang tidak memilikinya. UNIX mencakup server surat sedangkan Windows mengharuskan pembelian Microsoft Exchange dan lisensi tambahan yang menjadikannya sistem operasi yang mahal dibandingkan dengan yang lain.

Keamanan
Keamanan sangat penting dalam jaringan dan merupakan salah satu faktor pembeda terbesar di antara sistem operasi jaringan. Sebagian besar risiko keamanan seperti virus dan malware ditujukan untuk Windows berdasarkan popularitasnya, yang berarti bahwa biaya keamanan sistem Windows tinggi. OS X tunduk pada beberapa ancaman sementara ada beberapa ancaman yang menargetkan sistem UNIX dan Linux. Linux dikembangkan dan dikelola oleh komunitas besar pemrogram dan gratis, sehingga membawa semangat komunitas yang berfungsi untuk mengurangi jumlah ancaman yang ditujukan pada sistem operasi itu.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101312584.html

Jaringan
  • Cara Mengatur Jaringan Pribadi

    Jaringan pribadi dapat disiapkan di rumah Anda sendiri untuk memungkinkan jaringan sumber daya di antara beberapa mesin. Saat Anda membuat jaringan pribadi, Anda dapat mengonfigurasinya sehingga semua anggota jaringan pribadi Anda dapat berbagi printer serta file. Meskipun membuat jaringan dapat

  • Cara Melihat & Mengidentifikasi Perangkat Jaringan

    Windows dapat secara otomatis memindai jaringan Anda untuk perangkat jaringan dan komputer dan menampilkannya. Windows mendeteksi berbagai perangkat, termasuk printer, router dan komputer lain di jaringan. Windows menampilkan perangkat ini di jendela, diurutkan berdasarkan jenis perangkat mereka

  • Cara Mengatur Ethernet LAN

    Jaringan area lokal (LAN) adalah cara yang sangat baik untuk sekelompok komputer di rumah atau kantor untuk berbagi sumber daya dan koneksi Internet yang umum. Dengan teknologi Ethernet kecepatan tinggi dan jaringan plug-and-play (pnp) modern, mengatur LAN Ethernet bisa menjadi tugas yang cepat dan

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com