whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Chip Memori Komputer Vs. Perbandingan Memori Manusia

Pada tahun 1996 komputer Deep Blue mengalahkan juara Garry Kasparov dalam permainan catur. Jadi itu adalah bagian dari kumpulan bukti yang berkembang bahwa memori komputer telah sepenuhnya melampaui memori manusia, bukan? Tidak terlalu. Terlepas dari kemajuan teknologi chip memori komputer dan batasan tertentu pada memori manusia, masih banyak yang dapat dilakukan memori manusia yang mana memori komputer tidak dapat.

Variasi
Komputer dan otak manusia memiliki memori jangka pendek dan jangka panjang. Untuk komputer, memori jangka pendek adalah dalam bentuk chip memori akses acak (RAM), atau apa yang kita sebut memori kerja. Memori jangka pendek ini membantu manusia dan komputer menyelesaikan tugas langsung. Memori jangka panjang di komputer adalah dalam bentuk hard drive, tempat berbagai file disimpan yang dapat ditarik dan diaktifkan sesuai perintah - mirip dengan memori yang terkubur dalam memori jangka panjang otak.

Kapasitas
Memori manusia dan chip memori komputer memiliki kapasitas yang besar, tetapi ini adalah salah satu area di mana memori manusia unggul. Chip komputer dapat memberikan komputer sedikit memori dalam hal megabita atau gigabita. Tetapi ingatan manusia, didukung oleh hampir 100 miliar neuron yang menyumbang lebih dari satu triliun koneksi ke neuron lain, diperkirakan memiliki kapasitas kerja sekitar 2,5 petabyte - atau satu juta gigabytes. Selain itu, peneliti Peter Russell, dalam bukunya "The Brain Book," mengatakan bahwa "ingatan bukan seperti wadah yang secara bertahap mengisi ... itu lebih seperti pohon yang tumbuh kait di mana kenangan digantung. Semua yang Anda ingat adalah satu set pengait di mana lebih banyak memori baru dapat dilampirkan. Jadi kapasitas memori terus bertambah. Semakin banyak yang Anda ketahui, semakin banyak yang dapat Anda ketahui. ”

Ingat Situs Ada juga kesamaan dalam cara otak dan komputer mengakses, atau mengingat, memori. Dalam istilah teknis, ingatan manusia adalah content-addressable, atau ingatan berdasarkan konsep dan hubungannya dengan konsep-konsep lain, sebagaimana diatur dan disimpan dalam pikiran seseorang. Memori komputer, di sisi lain, byte-addressable, atau memori berdasarkan instruksi spesifik yang terhubung dengan file tertentu di komputer. Jadi, sementara chip memori komputer bisa sangat konsisten - bahkan lebih daripada memori manusia - dalam hal mengingat, mereka hanya bisa mengingat ketika diberi perintah. Memori manusia, meskipun, walaupun mungkin kurang konsisten, bisa lebih acak dan beragam dalam ingatannya, tergantung pada berbagai rangsangan dan berbagai indera.

Lupa
Otak dan komputer dapat "lupa", tetapi memori komputer chip melakukan ini lebih sering dengan desain daripada otak manusia. Misalnya, memori yang berfungsi komputer "lupa" data ketika tidak lagi membutuhkannya untuk tugas. Kelupaannya adalah dengan desain. Tetapi ketika kita sebagai manusia lupa biasanya tidak disengaja, tidak nyaman dan tidak praktis - seperti ketika kita lupa nama seseorang atau kata sandi akun. Selain itu, komputer dapat mengalami "amnesia" atau "momen senior" ketika kerusakan terjadi atau ketika kelebihan beban, seperti otak manusia.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101308566.html

Perangkat keras
  • Cara Mentransfer Gambar Kartu Memori Sony ke Komputer

    Sony pada tahun 1998 mengungkapkan varian kartu memori mereka, Memory Stick (MS). Sejak itu, perusahaan telah mengeluarkan sejumlah variasi yang menjalankan teknologi dasar ini dan memberi pengguna opsi transfer data yang mereka butuhkan, semuanya dalam kartu kecil eksternal. Memindahkan isi kar

  • Bagaimana Cache Memori Mempercepat Pemrosesan Komputer?

    Pendahuluan Prosesor komputer terus-menerus meminta informasi dari memori komputer dengan kecepatan yang sangat cepat, tetapi memori utama, biasanya disebut memori akses acak (RAM), tidak dapat merespons untuk permintaan ini dengan kecepatan yang sama. Karena itu, prosesor harus menunggu memori uta

  • Jenis-jenis Memori Eksternal

    Memori eksternal dapat berarti banyak hal tetapi apa yang kebanyakan orang pikirkan adalah penyimpanan portabel. Penyimpanan portabel dapat berkisar dari flash drive portabel, hard drive, atau kartu memori yang digunakan dalam perangkat seperti kamera. Menggunakan memori eksternal adalah cara yang b

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com