whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Keuntungan Port USB Dibandingkan Port Paralel

Di masa lalu, metode utama untuk berinteraksi dengan PC adalah melalui port serial atau paralel PC, dengan kecepatan transfer data terbatas dan hanya satu atau dua soket yang tersedia untuk menghubungkan perangkat. Dirancang sebagai pengganti, sistem Universal Serial Bus memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus, menggunakan transfer data cepat melalui antarmuka universal. Selama masa transisi, banyak motherboard menawarkan port paralel dan USB, dengan antarmuka paralel akhirnya ditinggalkan karena perangkat USB menggantikan perangkat paralel yang digunakan.

Kecepatan
Meskipun lebih cepat daripada port serial, port paralel PC memiliki kecepatan transfer data 150kB /s, meningkat menjadi 2MB /s dalam mode EPP dan ECP. Sebagai perbandingan, USB v1.1 memiliki kecepatan transfer data 12Mbit /s meningkat menjadi 480Mbit /s dengan spesifikasi USB 2.0. USB 3.0 meningkatkan kecepatan lebih jauh, memungkinkan kecepatan data hingga 5Gbit /dtk. Peningkatan bandwidth ini meningkatkan kecepatan operasi data-intensif seperti pemindaian, dan memungkinkan penggunaan perangkat audio dan video berkecepatan tinggi.

Daya
Port paralel PC hanya dapat memberikan daya untuk pensinyalan dan transfer data, artinya periferal memerlukan catu daya eksternal mereka sendiri untuk memberi daya periferal itu sendiri. USB meningkatkan ini dengan menyediakan hingga 500mA untuk memberi daya pada perangkat, meningkat menjadi 900mA dengan USB 3.0. Meskipun periferal berdaya tinggi seperti printer masih memerlukan pasokan eksternal sendiri, banyak periferal kecil seperti webcam atau flash drive menerima semua daya mereka langsung dari port USB. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengisi baterai perangkat seluler seperti ponsel atau pemutar MP3 langsung dari port USB.

Kemudahan Penggunaan
Mendiagnosis masalah dengan perangkat paralel dapat menjadi tugas yang sulit, dengan sejumlah standar port paralel yang berbeda seperti SPP, ECP dan ECP, yang harus Anda atur di BIOS komputer. USB mendukung plug and play, membuatnya jauh lebih mudah untuk menghubungkan perangkat dan membuatnya beroperasi. Saat Anda mencolokkan perangkat ke port USB, ID vendor perangkat dan ID produk dikirim ke komputer, yang memungkinkannya untuk menentukan driver yang tepat untuk perangkat. Jika driver belum ada, komputer dapat meminta Anda untuk driver yang benar dengan nama, atau mengunduh driver secara otomatis melalui Internet dalam banyak kasus.

Banyak Perangkat
Sebagian besar PC hanya memiliki satu port paralel tersedia, yang menyebabkan perangkat seperti printer dan pemindai dirangkai bersamaan, sehingga keduanya dapat terhubung sekaligus. Ini menyebabkan masalah ketidakcocokan lebih lanjut antara produsen perangkat keras yang berbeda, dan membuatnya lebih sulit untuk membuat perangkat berfungsi dengan benar. Dirancang untuk ekspansi, sistem USB memungkinkan hingga 127 perangkat berjalan dari satu kontroler. Meskipun sebagian besar PC memiliki antara empat dan delapan port USB pada motherboard, Anda dapat menggunakan hub USB untuk menambah lebih banyak soket sesuai kebutuhan, memungkinkan beberapa perangkat terhubung dan tersedia untuk digunakan pada saat yang sama.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101307826.html

Perangkat keras
  • Kerugian Perangkat Pelacakan Kendaraan

    Dalam dunia bisnis, beberapa perusahaan menggunakan perangkat pelacakan kendaraan sehingga mereka dapat melacak pergerakan kendaraan. Aplikasi termasuk dapat mengetahui lokasi pengiriman sehingga pelanggan dapat diberitahu jika perlu, serta memastikan bahwa pengemudi mengikuti rute yang ditentuk

  • Keuntungan dari Excel Solver

    Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet yang kuat yang menawarkan banyak fitur untuk pengguna akhir pemula dan pemrogram tingkat lanjut yang sama. Program ini mengatur data dalam kisi tabular. Daftar sederhana dapat diatur, tetapi data juga dapat diproses menggunakan alat canggih yang dibang

  • Cara Membuka USB Flash Drive

    Flash drive USB (universal serial bus) adalah jenis perangkat memori yang dirancang untuk berfungsi sebagai alat portabel untuk mencadangkan file penting di komputer Anda. Agar dapat menggunakan flash drive USB secara efektif, Anda harus tahu cara membukanya untuk mengakses data. Setelah Anda me

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com