whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Spesifikasi Komputer IBM 3090

3090 adalah komputer mainframe yang Mesin Bisnis Internasional, lebih dikenal sebagai IBM, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985. Sebagai mainframe, IBM 3090 terdiri dari kerangka struktural besar yang memiliki semua elemen komputasi, seperti chip dan prosesor, digantung atau dipasang di dalam. Insinyur menggunakan mainframe untuk memproses data dalam jumlah besar, yang sangat membantu dalam hal - misalnya - menganalisis statistik atau melakukan transaksi keuangan.

Penyimpanan
IBM 3090 dapat menyimpan data menggunakan dua jenis penyimpanan atau memori: penyimpanan pusat dan penyimpanan yang diperluas. Penyimpanan pusat, juga dikenal sebagai memori utama, menyimpan data yang dapat diakses atau dibagikan aplikasi mainframe secara bebas. Sebaliknya, penyimpanan yang diperluas adalah ruang memori tambahan, yang berarti aplikasi tidak dapat mengakses data di dalam penyimpanan yang diperluas kecuali mereka terlebih dahulu mentransfer data ke penyimpanan pusat. Menurut PCMag.com, mainframe IBM 3090 biasanya mentransfer data dari penyimpanan yang diperluas di halaman 4K, halaman data yang masing-masing memiliki 4.000 piksel. Jumlah penyimpanan yang tepat dalam megabita, atau MB, yang disediakan oleh IBM 3090 bervariasi dari model ke model. Model 300E, sebagai contoh, memiliki 128 MB penyimpanan pusat dan 128 MB penyimpanan diperluas. Unit hard disk IBM 3090 menyediakan ruang penyimpanan tambahan. Unit disk dapat berisi empat, delapan atau dua belas disk tergantung pada model mainframe tertentu, dengan masing-masing disk memasok antara 3,7 dan 22,7 gigabyte penyimpanan.

Dupleks

IBM 3090 memiliki fungsi dupleks. Ini berarti prosesornya dapat menggandakan dan menyimpan data pada dua hard disk yang berbeda, yang mengurangi risiko kehilangan data. Namun, tidak seperti proses mirroring disk yang lebih sederhana, yang bergantung pada satu antarmuka sistem komputer kecil - atau SCSI - pengontrol untuk menyimpan data pada kedua disk, duplexing menggunakan dua pengontrol SCSI yang independen atau redundan. Ini berarti jika satu pengontrol rusak, 3090 masih dapat mengakses data duplikat.

Penyangga
"Penyangga" mengacu pada lokasi sementara yang digunakan komputer mainframe saat mentransmisikan data dari satu perangkat atau komponen ke perangkat lain. . Ini membantu menyinkronkan komponen yang beroperasi pada kecepatan yang berbeda. Semakin tinggi kecepatan buffer mainframe, semakin cepat mainframe dapat mengirimkan data. Menurut The University of Tennessee di Knoxville, IBM 3090 memiliki penyangga berkecepatan tinggi, 64 kilobit, atau kb.

Sistem Operasi
IBM 3090 berfungsi menggunakan Multiple Virtual Storage /Arsitektur Sistem Extended IBM atau sistem operasi MVS /ESA. Sistem operasi ini, bagaimanapun, bertindak sebagai tamu di mesin virtual atau sistem operasi VM, yang pada gilirannya bergantung pada Sistem Pemantau Percakapan atau CMS. CMS adalah sistem interaktif yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan program, mengedit file, dan menyelesaikan tugas lain yang bergantung pada input pengguna.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101306184.html

Perangkat keras
  • Cara Mentransfer Data Komputer Menggunakan Cat 5 Cable

    Baik Anda telah membeli komputer baru atau ingin mengambil file dari komputer lain, Anda mungkin ingin memindahkan semua file sekaligus. Jika kedua komputer memiliki port Ethernet, Anda dapat melakukan ini dengan berbagai cara, menggunakan kabel Cat5. Windows XP mendukung metode transfer file yang d

  • Cara Membersihkan Hard Drive Komputer

    Masalah sering muncul ketika data pada hard drive komputer jatuh ke tangan yang salah. Saat Anda membuang komputer Anda, penting bagi Anda untuk menghapus semua jejak data darinya. Bahkan jika satu-satunya yang Anda miliki di komputer Anda adalah foto keluarga, gagasan orang-orang yang jatuh ke tang

  • Jenis-jenis Database Komputer

    Sistem Manajemen Basis Data (DBMS) membebaskan programmer dari berurusan dengan rincian tingkat rendah menyimpan catatan. Ketika dia ingin catatan, dia kode beberapa perintah sederhana di programnya, dan DBMS mengambilnya dari sana. Dari permulaan yang sederhana, perangkat lunak basis data telah ber

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com