whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Menggunakan Ohmmeter

Hukum Ohm terurai menjadi persamaan dasar: Tegangan \u003d Arus x Perlawanan. Arus umumnya diukur dalam amp, dan resistansi dalam ohm. Menguji hambatan pada sirkuit listrik di rumah atau mobil Anda dapat membantu Anda mendiagnosis masalah dengan sirkuit itu. Anda dapat menggunakan ohmmeter sederhana untuk tugas ini, tetapi sebagian besar profesional sekarang menggunakan fungsi ohmmeter multimeter (juga disebut multitester atau VOM, untuk volt /ohmmeter). Baca terus untuk petunjuk tentang cara menggunakan ohmmeter dan uji untuk resistensi.

Langkah 1
Putuskan sambungan sepenuhnya dan /atau matikan semua daya ke sirkuit yang Anda uji. Anda harus memiliki kabel atau sirkuit yang benar-benar mati untuk memastikan keakuratan dalam pengukuran, serta keamanan Anda sendiri. Ohmmeter Anda akan memasok tegangan dan arus untuk rangkaian Anda sehingga TIDAK diperlukan daya lain. Sebagai petunjuk untuk status Blue Point volt /ohmmeter kami, pengujian sirkuit bertenaga dapat "menyebabkan kerusakan pada meter, sirkuit, dan * Anda *."

Langkah 2
Hubungkan kabel pengujian ke ohmmeter. Kabel hitam menuju ke outlet tanah (umum), kabel merah ke outlet volt /ohm

Langkah 3
Konsultasikan dengan manual servis untuk kisaran resistansi normal untuk rangkaian yang Anda uji.

Langkah 4
Atur dial ke pengaturan "ohm (Ω)" dengan multimeter. (Lihat kotak merah yang disorot dalam gambar.) Pada masing-masing ohmmeter, Anda mungkin harus menetapkan rentang untuk pembacaan, dalam ohm, kilohms, atau megohms. Gunakan rentang yang Anda temukan di manual layanan Anda untuk menyetel pemutar.

Langkah 5
Catatan dalam gambar ini kami sedang menguji satu set kabel steker. Hubungkan kabel ohmmeter ke kabel steker, logam ke logam. Tidak masalah kawat mana yang menuju ke ujung mana; tes akan berjalan baik.

Langkah 6
Periksa pembacaan ohmmeter dan lihat apakah itu termasuk dalam kisaran yang tercantum dalam manual layanan Anda. Kabel steker memiliki hambatan yang ditetapkan.

Langkah 7
Catatan dalam gambar ini kami sedang menguji sakelar lampu. Tempatkan kabel pada konektor yang biasanya menghubungkan sakelar ke kabel rumah.

Langkah 8
Ketahuilah bahwa pembacaan OL berarti "melebihi batas." Itu berarti resistance berada di luar grafik, dan Anda memiliki break di sirkuit. Jika Anda mendapatkan pembacaan OL untuk kabel steker, Anda akan tahu ada kawat yang rusak yang perlu diganti. Dalam hal ini, kami mendapat pembacaan OL karena sakelar lampu berada di posisi "OFF".

Langkah 9
Pertimbangkan bahwa pembacaan yang rendah, di mana saja dari 0 hingga 0,5, menunjukkan sangat sedikit atau tidak sama sekali. perlawanan. Ini berarti ada kontinuitas arus di sirkuit. Ini adalah bacaan yang harus Anda dapatkan ketika sakelar lampu berada di posisi "ON".
Uji sirkuit apa pun dengan ohmmeter Anda. Ingat bahwa "melampaui batas (OL)" berarti ada terlalu banyak perlawanan dan penembusan pada kabel di suatu tempat. Angka mendekati nol menunjukkan tidak ada hambatan dan arus lancar. Di sirkuit seperti kabel steker di mana rentang resistensi diperlukan untuk bekerja dengan baik, bacaan apa pun selain kisaran yang tepat menunjukkan kabel buruk yang perlu diganti.

Tip
A volt digital /ohmmeter (DVOM) adalah taruhan terbaik Anda untuk alat multi guna yang sangat akurat.

Peringatan

  • Sekali lagi, lepaskan SEMUA daya dari sirkuit SEBELUM pengujian. Koneksi ke sumber daya dapat menyebabkan kerusakan pada ohmmeter, sirkuit, dan ANDA.

    Item yang Anda butuhkan

  • Ohmmeter atau Multimeter (Volt /ohmmeter)

  • Sirkuit untuk menguji (dengan semua daya MATI)
  • Manual layanan


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101300192.html

  • Perangkat keras
    • Cara Menggunakan Solder Pot

      Pot solder adalah pot atau tangki kecil yang dikontrol suhu dengan bibir menyala yang digunakan untuk memasang kawat dan tips menyolder. Pot solder juga sangat berguna untuk pencelupan elektronik seperti papan sirkuit cetak (PCB) dengan komponen bertimbal melalui lubang. Pot solder digunakan dalam a

    • Cara Menggunakan Adaptor Transflash

      Jika Anda ingin mengisi kartu memori perangkat seluler Anda dengan konten media dari komputer Anda, Anda dapat menggunakan adaptor transflash untuk mengonversi kartu micro SD Anda (kartu transflash) ke ukuran kartu memori SD standar. Kemudian Anda dapat memodifikasi atau menyalin isi kartu trans

    • Bagaimana Saya Menggunakan Laptop Saya di Tempat Tidur?

      Apakah Anda mencari pekerjaan tambahan di malam hari atau bersantai dengan menonton film, membawa laptop Anda ke tempat tidur sepertinya akan memberikan kenyamanan dan kenyamanan. Dalam praktiknya, menggunakan laptop di tempat tidur sering menyebabkan leher kaku atau sakit punggung, dan itu dapat me

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com