whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Apa itu Intel Chipset?

Chipset Intel adalah komponen komputer yang ditempatkan di motherboard yang kompatibel dengan prosesor merek Intel. Chipset terdiri dari dua chip, northbridge dan southbridge, yang mengontrol komunikasi antara prosesor, memori, periferal, dan komponen lain yang terpasang pada motherboard. Menurut Ron White, penulis "Bagaimana Komputer Bekerja," chipset adalah yang kedua setelah prosesor dalam menentukan kinerja dan kemampuan PC (Lihat Referensi 1)

Fungsi Northbridge

Northbridge, kadang-kadang disebut sebagai Graphics and AGP Memory Controller (GMCH) pada beberapa mesin Intel, bekerja dengan kartu grafis untuk meringankan prosesor dari beberapa beban operasi dengan permintaan tinggi yang terkait dengan pengeditan video dan permainan perangkat lunak. Ini juga menghubungkan prosesor ke modul Random Access Memory (RAM) yang diinstal pada motherboard, sehingga memberikan prosesor dengan data yang diperlukan untuk menjalankan instruksi yang diperlukan oleh aplikasi apa pun yang digunakan. Northbridge menyinkronkan operasi semua perangkat yang disebutkan di atas dengan mengendalikan jalur utama di antara mereka, "bus sisi depan." (Lihat Referensi 2)

Fungsi Southbridge

Tidak seperti northbridge, southbridge, atau, dalam beberapa kasus, I /O Controller Hub (ICH), tidak Ini mengoordinasikan fungsi perangkat keras yang lebih lambat; memungkinkan perangkat hard drive, mouse, keyboard, USB dan FireWire untuk berkomunikasi dengan northbridge sesuai kebutuhan oleh permintaan perangkat lunak. Southbridge juga mengontrol kipas, sensor suhu, dan BIOS. Perbedaan utama antara southbridge tradisional dan ICH yang digunakan dalam beberapa chipset Intel adalah bahwa ICH mengontrol bus PCI; jalur yang digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat perangkat keras (dikontrol oleh northbridge dalam konfigurasi lain). Juga, bus yang digunakan untuk mentransfer data ke dan dari ICH dua kali lebih cepat dari southbridge konvensional. (Lihat Referensi 2)

Pertimbangan

Chipset adalah faktor yang paling membatasi dalam potensi peningkatan komputer. Ini menentukan model dan kecepatan CPU dan jenis dan jumlah RAM yang dapat diinstal. Ini juga menentukan opsi pengguna dalam hal kartu grafis, kartu suara, dan jumlah port USB. Motherboard Intel kelas bawah sering menyertakan kartu grafis terintegrasi yang tidak dapat diubah. Motherboard kelas atas termasuk slot kartu grafis dan chipset yang dirancang untuk bekerja dengan kartu yang berbeda.

Perlindungan Data

Bagi mereka yang menggunakan lebih dari satu hard drive, beberapa Chipset Ekspres Intel termasuk "Teknologi Penyimpanan Matriks" yang menyimpan salinan data pada banyak drive. Dengan demikian, drive dapat gagal tanpa kehilangan data. (Lihat Referensi 3)

Audio Definisi Tinggi

Pada pertengahan 2010, Intel Express Chipsets terbaru menggunakan antarmuka audio Definisi Tinggi untuk decoding dan pengkodean digital dan analog sinyal suara. Antarmuka ini mampu menangani hingga delapan saluran audio, menghasilkan kualitas suara surround yang lebih tinggi dengan banyak saluran. Intel HD Audio juga memungkinkan satu komputer untuk memainkan dua atau lebih stream audio yang berbeda di lokasi yang berbeda secara bersamaan. (Lihat Referensi 4)

Keamanan

Chipset Express tertentu memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dan menonaktifkan masing-masing port USB dan port hard drive SATA. Fitur ini membantu mencegah penggunaan berbahaya USB port dan penambahan atau penghapusan data yang tidak sah ke atau dari hard drive. (Lihat Referensi 5)

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101313306.html

Jaringan
  • Apa itu Magic Jaringan?

    Magic Jaringan adalah alat yang ditawarkan oleh Cisco Systems untuk memantau dan mengelola komputer jaringan. Ini juga termasuk fitur keamanan, seperti pemantauan orang tua dan pencegahan intrusi. Pada 2012, ketika Linksys - yang saat itu dimiliki oleh Cisco - memperkenalkan router Wi-Fi Smart-nya,

  • Apa itu Fast Ethernet Switch?

    Untuk memahami apa itu switch ethernet cepat, pertama-tama Anda harus memahami dua istilah jaringan yang berbeda: fast ethernet dan switch. Secara keseluruhan, mereka membuat alat yang mengirimkan data dengan kecepatan tinggi melalui jaringan. Definisi Fast Ethernet Fast ethernet adalah istilah

  • Apa itu TTY Port?

    Selama bertahun-tahun, makna istilah port TTY telah berkembang dari menggambarkan koneksi fisik pada komputer menjadi menggambarkan koneksi virtual. Sepanjang jalan, istilah ini selalu merujuk pada komunikasi antara komputer dan pengguna jarak jauh. Sejarah Komputer pertama adalah mesin besar da

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com