whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Apa Perbedaan Antara SNMP, SMTP, IMNP & IMAP?

Komputer dan sistem jaringan yang terhubung ke Internet berkomunikasi melalui Internet Protocol Suite, atau TCP /IP. Transfer informasi antara server, agen dan klien yang ditautkan pada kerangka kerja TCP /IP Internet harus dikelola oleh seperangkat protokol standar seperti Protokol Manajemen Jaringan Sederhana (SNMP), Protokol Transfer Surat Sederhana, Protokol Akses Pesan Internet (IMAP), dan Protokol Pesan Kontrol Internet (ICMP). Masing-masing protokol memainkan peran yang berbeda dalam transfer dan pengelolaan informasi dan ditentukan oleh Kelompok Kerja Jaringan melalui dokumen Request for Comment (RFC).

Protokol Manajemen Jaringan Sederhana
Status komputer dan peralatan jaringan dimonitor oleh protokol pemeliharaan yang dikenal sebagai SNMP. SNMP mengelola komponen jaringan seperti gateway, server dan host. Setiap komponen memiliki agen jaringan sendiri untuk melakukan fungsi manajemen jaringan. SNMP mentransfer informasi manajemen ini dari agen ke agen. Kelompok Kerja Jaringan mendefinisikan SNMP pada tahun 1990 dengan implementasi RFC 1157.

Protokol Transfer Surat Sederhana - Email ditransfer antar sistem melalui layanan surat yang dikenal sebagai Protokol Transfer Surat Sederhana. SMTP didasarkan dari File Transfer Protocol (FTP), yang mentransfer file dari satu host ke host lain melalui Internet. Kelompok Kerja Jaringan menstandarkan SMTP pada tahun 1982 dengan implementasi RFC 821.

Protokol Akses Pesan Internet (IMAP)
Sementara SMTP mentransfer email antar server, Protokol Akses Pesan Internet (IMAP) memberikan klien akses ke file dalam server email. Klien diizinkan untuk membuat, mengelola, atau memanipulasi folder file dan pesan email. IMAP4, versi terbaru dari IMAP, ditentukan oleh Kelompok Kerja Jaringan pada tahun 2003 dengan penerapan RFC 3501.

Protokol Pesan Kontrol Internet (ICMP)

Pesan kesalahan terkait jaringan biasanya diteruskan ke sistem operasi komputer oleh Protokol Pesan Kontrol Internet. Kesalahan dikirim, misalnya, ketika datagram tidak dapat mencapai tujuan yang dimaksud atau jika lalu lintas data dapat diarahkan ke gateway lain melalui rute yang lebih pendek. Kelompok Kerja Jaringan menstandarkan ICMP pada tahun 1981 dengan implementasi RFC 792.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101307468.html

Jaringan
  • Apa Fungsi Router di Internet?

    Router adalah perangkat yang digunakan pada jaringan untuk mengarahkan lalu lintas Internet dari sumber ke tujuan. Router digunakan di jaringan pribadi dan di Internet. Router juga berfungsi untuk melindungi terhadap lalu lintas luar yang memasuki jaringan internal. Segmentasi Router dapat menge

  • Apa Itu Koneksi Jaringan Gateway Internet?

    Koneksi jaringan gateway Internet dibuat oleh perangkat yang menghubungkan jaringan rumah ke Internet, seperti router, hub, sakelar atau stasiun pangkalan. Banyak perangkat berbagi jaringan memiliki opsi ini untuk memungkinkan pengguna mengontrol statusnya, serta melihat laporan lalu lintas jaringan

  • Apa Manfaat Protokol Pesan Kontrol Internet?

    Jaringan komputer menyediakan penggunaan yang tidak terbatas untuk masyarakat saat ini. Tanggung jawab administrator jaringan terdiri dari selalu dapat melacak masalah saat itu terjadi di jaringan. Untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif, mereka mengandalkan sejumlah besar alat dan keahlian.

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com