whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Modem vs. Network Card

Sebagian besar komputer modern dilengkapi dengan modem, kartu jaringan, atau keduanya. Tujuan utama masing-masing adalah untuk memungkinkan akses ke Internet, tetapi banyak pengguna tidak tahu perbedaan antara keduanya.

Jenis Sinyal
Kartu antarmuka jaringan, atau NIC, mengirim dan menerima data sebagai sinyal digital, yang kompatibel dengan teknologi komputer. Modulator-demodulator, atau modem, menerjemahkan data antara format digital yang digunakan oleh komputer dan format analog yang digunakan melalui saluran telepon dan kabel.

Kecepatan
Beberapa modem kabel mampu mendukung kecepatan hingga 30 Mbps, meskipun sebagian besar penyedia Internet kabel hanya menawarkan paket hingga 6 Mbps. NIC jauh lebih cepat, beberapa memiliki kecepatan 1 Gbps (1024 Mbps) atau lebih.

Keandalan
Karena modem harus mengubah data dari analog ke digital dan seringkali mentransfer data itu ke server yang jauh, mereka lebih rentan kesalahan daripada kartu jaringan. NIC memiliki peran yang lebih sederhana dalam jaringan dan kecil kemungkinannya untuk mengalami kegagalan fungsi.

Biaya
Modem kabel berkecepatan tinggi dapat berharga antara $ 50 hingga $ 300, sedangkan modem faks jauh lebih murah dengan harga $ 10 hingga $ 50. Harga kartu jaringan sangat bervariasi tergantung pada kecepatan dan berapa banyak port yang dimilikinya, mulai dari $ 10 hingga ke atas $ 150. (Harga berlaku per Juli, 2010.)

Fungsi Sekunder
NIC memiliki sedikit kegunaan sekunder, meskipun beberapa elektronik dapat diaktifkan melalui kabel ethernet yang terhubung ke kartu jaringan. Modem faks dapat digunakan untuk mengirim dan menerima faks serta mengirim dan menerima panggilan telepon melalui komputer yang dilengkapi modem menggunakan perangkat lunak yang tersedia.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101303340.html

Jaringan
  • Bagaimana Menghubungkan AirPort Extreme ke Modem Kabel

    Router AirPort Extreme mengambil sinyal dari modem kabel Anda dan mendistribusikannya melalui jaringan area nirkabel sehingga beberapa perangkat dapat terhubung ke Internet. Gunakan kabel Ethernet untuk membuat koneksi antara modem dan router AirPort. Setelah koneksi dibuat, Airport Extreme akan

  • Cara Mengaktifkan Modem Kabel Suddenlink

    Ketika Anda berlangganan layanan Internet dari Suddenlink, perusahaan mengirimi Anda modem kabel untuk terhubung ke jaringan mereka. Anda dapat meminta perusahaan mengirim perwakilan ke rumah Anda untuk mengaktifkan modem kabel atau Anda dapat melakukannya sendiri. Untuk mengaktifkan modem dan m

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com