whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Cara Mengkonfigurasi Router Cisco Dengan Firewall

Router Cisco dengan firewall berbasis perangkat lunak menawarkan beberapa fitur keamanan terbaik industri jaringan. Konfigurasi router Cisco dengan firewall mirip dengan konfigurasi router tanpa firewall. Satu-satunya tambahan adalah dimasukkannya perintah berbasis keamanan yang membatasi akses melintasi antarmuka eksternal. Dalam kedua kasus tersebut, konfigurasi sangat menantang bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan Cisco Command Line Interface (CLI). Oleh karena itu, konfigurasi, baik custom maupun standar, hanya boleh dilakukan oleh administrator jaringan yang berkualifikasi.

Mengkonfigurasi Router Cisco dengan Cisco IOS Firewall

Langkah 1
Di admin workstation, instal perangkat lunak emulasi terminal; biasanya, ini terletak di CD instalasi router Anda. Jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi pihak ketiga, banyak pilihan tersedia gratis di Internet.

Langkah 2
Sambungkan router ke port COM serial yang tersedia di workstation dengan menggunakan kabel serial RS-232 .

Langkah 3
Di workstation, mulai perangkat lunak emulasi terminal. Daya pada router; urutan boot awal akan dimulai. Jika router sebelumnya dikonfigurasi, maka prompt akan muncul, seperti "hostname>"; jika tidak, pada router yang tidak dikonfigurasi akan menyatakan "Router>".

Langkah 4
Ketik "en" atau "aktifkan" pada baris perintah awal dan tekan "Enter." Permintaan kata sandi akan muncul. Masukkan kata sandi Anda, dengan demikian mengalihkan Anda ke mode istimewa. Prompt perintah Anda akan berubah menjadi "Router #".

Langkah 5
Ketik "conf t". Tekan "Enter". Ini akan menempatkan Anda dalam mode konfigurasi global. Permintaan Anda akan berubah menjadi "Router (config) #".

Langkah 6
Tentukan apakah router Anda saat ini dilengkapi dengan IOS Firewall dengan mengetikkan "IP inspect?". Tekan "Enter". Jika router berisi IOS Firewall, daftar perintah muncul yang dirancang khusus untuk konfigurasi firewall. Jika tidak, maka "% Perintah Tidak Dikenal" muncul. Jika Anda perlu menginstal Cisco IOS Firewall, tautan disediakan di bagian Sumberdaya.

Langkah 7
Jika Anda perlu mengkonfigurasi antarmuka khusus - sehingga membatasi akses dan lalu lintas jaringan - ketikkan e "antarmuka [NAMA]", menggantikan nama antarmuka yang dapat dikonfigurasi untuk [NAMA]. ", 1]

,Prompt perintah berubah menjadi "Router (config-if) #".

Langkah 8
Mulailah memasukkan konfigurasi baru router Anda. Tekan "Enter" setelah setiap entri baris perintah. Gunakan tautan yang disediakan di bagian Sumber Daya artikel ini untuk menentukan konfigurasi firewall mana yang terbaik untuk kebutuhan jaringan Anda. Dalam banyak kasus, administrator jaringan harus merancang konfigurasi khusus karena kerumitan jaringan.

Langkah 9
Setelah memasukkan semua perintah konfigurasi, ketik "CNTL /Z" dan tekan "Enter," dengan demikian mengembalikan baris perintah ke mode istimewa.

Langkah 10
Ketik “show IP route” atau “show IP arp” dan tekan “Enter.” Daftar alamat IP tetangga jaringan akan ditampilkan, yang menunjukkan router Anda dikonfigurasi dengan benar dan berkomunikasi dengan tetangga yang dikenal dengan konfigurasi baru.

Langkah 11
Pada prompt perintah, ketik "show running- config ”dan tekan“ Enter. ” Konfigurasi berjalan Anda yang baru ditampilkan.
Simpan konfigurasi baru Anda ke router. Ketik “copy running-config startup-config” dan tekan “Enter.” Ini akan menyalin konfigurasi Anda saat ini ke konfigurasi awal Anda, menyimpannya ke dalam memori router.

Kiat
Itu selalu yang terbaik untuk mengubah file konfigurasi pada router uji yang tidak dalam produksi langsung. Ini mencegah kesalahan langsung.
Kumpulkan semua IP dan peta jaringan yang diperlukan sebelum memulai konfigurasi router Anda, sehingga menciptakan pengalaman konfigurasi yang lebih cepat.

Peringatan

  • Jangan pernah mengubah konfigurasi router Anda tanpa terlebih dahulu membuat cadangan konfigurasi yang ada menggunakan TFTP di admin workstation Anda.
  • Jangan pernah masuk ke menu konfigurasi router Cisco kecuali jika Anda adalah administrator jaringan dan memiliki pengetahuan tentang desain jaringan.

    Item yang Anda perlukan

  • Admin Workstation dengan port serial
  • Perangkat lunak emulasi terminal
  • Kabel serial RS-232
  • Router Cisco dengan firewall iOS


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101301825.html

  • Jaringan
    • Cara Menggunakan AT & T Uverse Router dengan Vonage VoIP

      AT&T Uverse adalah teknologi yang menggunakan kabel serat optik untuk menyediakan koneksi internet yang cepat. Kecepatan Internet yang meningkat ini akan memungkinkan sinyal yang cepat dan konsisten ketika menggunakan layanan Vonage Voice over Internet Protocol (VoIP) Anda. Sayangnya, ketika men

    • Cara Menggunakan Router sebagai Antena

      Router adalah perangkat dalam jaringan komputer yang memungkinkan dua atau lebih komputer untuk terhubung atau berbicara satu sama lain. Terdiri dari kartu antarmuka dan antena, router meneruskan paket data berdasarkan alamat mereka ke tujuan mereka. Jika komputer desktop Anda saat ini terhubung ke

    • Cara Memasang Router Netgear Dengan Satelit Hughes

      Hughes Network Systems menjual akses Internet berkecepatan tinggi melalui satelit. Setiap pelanggan menerima modem satelit HughesNet; modem menjembatani paket jaringan antara jaringan lokal (pribadi atau bisnis) pelanggan dan koneksi HughesNet ke Internet. Modem satelit tidak memiliki kemampuan

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com