whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Memeriksa Suhu Komputer di BIOS

Salah satu cara di mana Anda dapat memantau kesehatan komputer Anda adalah dengan memeriksa suhunya. CPU, kartu grafis, dan komponen lainnya menghasilkan panas, dan jika sistem Anda tidak menghilangkan panas dengan benar dapat menyebabkan perilaku yang tidak menentu, shutdown, dan bahkan kerusakan perangkat keras. Motherboard Anda memiliki sensor suhu bawaan untuk memantau tingkat panas dan Anda dapat memeriksanya dengan masuk ke BIOS.

Memasuki BIOS
Untuk masuk ke pengaturan BIOS di komputer Anda, Anda harus reboot mesin. Selama proses startup, sistem akan memeriksa memori dan perangkat keras dan dapat menampilkan splash screen pada monitor dengan instruksi. Biasanya, menekan tombol "Delete" atau "F1" akan memungkinkan Anda untuk masuk ke pengaturan BIOS, tetapi Anda mungkin memiliki jendela hanya beberapa detik untuk mengeluarkan perintah tergantung pada kecepatan dan konfigurasi komputer Anda. Jika Anda melewatkannya dan Windows mulai dinyalakan, restart dan coba lagi.

Memeriksa Suhu
Setelah masuk ke BIOS, cari opsi di menu yang berisi kata-kata seperti "PC Health" atau "Monitor." Terminologi yang tepat tergantung pada produsen motherboard Anda, tetapi Anda harus dapat menemukan bagian yang sesuai dengan mudah. Sesampai di sana, Anda dapat melihat informasi dari sejumlah monitor yang berbeda, termasuk monitor suhu CPU dan monitor suhu sistem. Sensor CPU biasanya langsung di bawah CPU, sedangkan monitor sistem berada di tempat lain pada motherboard untuk memberi Anda gambaran tentang tingkat panas sekitar di dalam PC Anda.

Gangguan dan Beban Tinggi
Karena Anda harus nyalakan kembali komputer Anda untuk mengakses BIOS, memeriksa suhu dengan cara ini mungkin tidak memberi Anda gambaran yang akurat tentang masalah panas Anda. Akan tetapi, butuh waktu untuk menghilangkan tingkat panas yang berlebihan, jadi jika sistem Anda mulai berlaku tidak menentu Anda mungkin dapat mem-boot ulang dan menangkap pembacaan suhu yang meningkat sebelum semuanya menjadi dingin. Jika sistem Anda tiba-tiba macet karena beban tinggi, seperti yang disebabkan oleh permainan komputer kelas atas, memeriksa suhu saat boot ulang dapat memberi tahu Anda jika shutdown terjadi karena terlalu panas.

Menggunakan Monitor Suhu
Jika sistem Anda terus mengalami masalah stabilitas, Anda harus mengunduh program pemantauan perangkat keras. Program-program ini berjalan di dalam Windows dan memberi Anda data waktu nyata tentang suhu dan kecepatan kipas, tidak hanya dari motherboard Anda tetapi juga dari kartu grafis dan komponen lainnya dengan monitor terkait. Dengan cara ini Anda dapat memantau fluktuasi suhu saat Anda menggunakan PC dan mengatasi lonjakan suhu yang mungkin memperingatkan akan kegagalan perangkat keras yang akan terjadi.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101312037.html

Perangkat keras
  • Cara Membangun Monitor Komputer

    Mungkin Anda melihat monitor layar datar dan Anda tidak terinspirasi. Mungkin Anda memiliki monitor layar datar yang berfungsi, tetapi hanya mengumpulkan debu di lemari. Menginspirasi diri sendiri dan menggunakan monitor itu untuk membuat sesuatu yang baru; begini caranya. Langkah 1 Temukan

  • Cara Melakukan Flash pada BIOS

    Chip Basic Input Output System (BIOS) terletak pada motherboard dan berisi instruksi dasar yang mengatur bagaimana komputer Anda berkomunikasi dengan perangkat kerasnya sendiri dan perangkat terpasang lainnya. Jika Anda ingin menambahkan fitur tambahan ke komputer Anda, seperti dukungan untuk teknol

  • Cara Memulihkan Phoenix BIOS

    Meskipun sebagian besar orang berpikir sistem operasi adalah perangkat lunak inti yang diperlukan untuk menjalankan sebuah komputer, tanpa BIOS komputer, maka sistem operasinya bahkan tidak dapat diluncurkan. Ketika instalasi BIOS mengalami masalah, hal itu dapat menyebabkan komponen komputer tidak

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com