whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Karakteristik Komputer Mainframe

Meskipun banyak yang percaya bahwa komputer mainframe adalah dinosaurus menuju kepunahan, perusahaan besar dunia masih berjalan pada komputer mainframe. Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan stabilitas, skalabilitas, dan keamanan yang ditawarkan oleh komputasi mainframe. Monolit komputer jenis ini dapat membawa persyaratan dukungan lingkungan dan lainnya tetapi memberikan kekuatan komputasi yang mengejutkan bagi perusahaan yang menggunakannya.

Ukuran

Salah satu perbedaan yang paling jelas dalam mainframe komputer versus server rekanan yang lebih kecil terletak pada ukuran tipisnya. Pada masa-masa awal komputasi, mainframe memenuhi ruangan-ruangan besar dan berlari menggunakan tabung hampa udara yang menghabiskan banyak listrik. Mainframe modern menyediakan daya komputasi yang jauh lebih besar dalam ruang yang jauh lebih sedikit sambil mengonsumsi daya yang jauh lebih sedikit. Sementara beberapa "mainframe" mungkin memang hanya menggunakan desktop, mainframe yang sebenarnya bekerja bahwa daya lingkungan komputasi yang besar memang masih cukup besar.

Kecepatan dan Throughput

Komputer mainframe dirancang untuk memaksimalkan throughput, menangani sejumlah besar data dan transaksi dalam periode yang sangat singkat. Bisnis besar seperti bank, pemroses kartu kredit, dan lembaga keuangan lainnya mengandalkan kemampuan ini untuk menangani input dan output dalam jumlah besar untuk membuat informasi real-time tersedia bagi pelanggan mereka. Pada satu titik, kecepatan ini diukur dalam jutaan instruksi per detik (MIPS). Karena faktor-faktor lain yang berkontribusi pada kecepatan throughput, teknisi mengembangkan definisi yang lebih lucu: "indikator kecepatan prosesor yang tidak berarti." Dengan realisasi ini muncul pengembangan pengukuran baru yang menunjukkan throughput beban kerja aktual yang lebih akurat.

Persyaratan Daya

Karena ukuran mainframe menyusut, demikian juga daya yang dulunya sangat tebal Persyaratan. Namun, kebutuhan akan keandalan menentukan bahwa daya yang dipasok ke komputer mainframe adalah daya bersih. Paku dan lonjakan daya dapat merusak komponen komputasi dan menyebabkan putusnya data kecil yang dapat menyebabkan sakit kepala yang tak terhitung. Untuk alasan ini, mainframe memerlukan catu daya tak terputus (UPS) yang memberikan daya bersih konstan.

Persyaratan Lingkungan

Dua musuh terbesar komputer mainframe adalah panas dan debu , jadi membangun pusat data mainframe disertai dengan masalah lingkungan yang signifikan. Ruang mainframe harus bersih, dingin, dan berventilasi baik. Mesin-mesin ini menghasilkan banyak panas; udara sejuk harus tetap dalam sirkulasi konstan untuk mencegah kerusakan pada komponen komputasi kritis.

Sistem Operasi

Mungkin perbedaan terbesar pada komputer mainframe versus departemen dan server lain harus dilakukan dengan sistem operasi yang mereka jalankan. Mainframe biasanya menjalankan sistem yang lebih besar dan lebih kuat seperti Z /OS, MVS, VSE dan OS /390. Ini jauh lebih kuat dan dapat diandalkan daripada sistem operasi desktop dan server yang telah berkembang biak di perusahaan yang lebih kecil.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101312777.html

Perangkat keras
  • Manfaat Perawatan Komputer

    Seperti halnya perawatan pada mobil, rumah, atau bahkan tubuh Anda sendiri, perawatan komputer rutin dapat memberikan manfaat luar biasa sekaligus menghemat waktu dan uang. Ada beberapa tugas perawatan yang mudah dilakukan dan dapat dikelola oleh siapa saja yang memiliki pengetahuan komputer dasar.

  • Cara Menonaktifkan Mode Hemat Daya DVI

    Beberapa pengguna komputer dengan monitor Dell yang memiliki kartu video berbasis nVidia mengeluh tentang monitor berulang kali memasuki mode Hemat Daya DVI, mengganggu pekerjaan mereka dan kemudian tetap dalam kondisi hemat daya. Ini bisa menjadi paling tidak nyaman dan menjengkelkan, dan bahka

  • Cara Meningkatkan Catu Daya PC

    Dengan komponen modern yang membutuhkan daya lebih dari sebelumnya, Anda mungkin menemukan bahwa Anda perlu menambah catu daya komputer Anda sebelum menginstal peningkatan. Ini berlaku untuk motherboard baru, kartu video, hard drive tambahan atau drive optik, serta perangkat eksternal tertentu y

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com