whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Mencegah Kerusakan Listrik Statis pada Perangkat Elektronik

Listrik statis merupakan bahaya konstan bagi perangkat elektronik. Sementara sebagian besar perangkat dilindungi di luar, mereka biasanya sangat rentan ketika satu perangkat sedang dicolokkan ke yang lain. Misalnya, jika tubuh Anda telah membangun muatan statis, Anda dapat dengan mudah menghancurkan PC Anda dengan menghubungkan kamera digital atau pemutar MP3 melalui port USB. Namun, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan yang akan melindungi Anda dari potensi kerugian yang mahal. Baca terus untuk mengetahui cara mencegah kerusakan listrik statis pada perangkat elektronik.

Langkah 1
Pikirkan sebelum Anda terhubung. Kapan saja Anda akan menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya, pertimbangkan tingkat risiko dalam situasi saat ini. Risikonya jauh lebih tinggi pada hari dingin yang kering, daripada pada hari hangat hujan. Risiko ini juga meningkat jika Anda berdiri di atas karpet daripada lantai kayu atau beton.

Langkah 2
Lepaskan sepatu Anda sebelum menghubungkan perangkat Anda. Ini sangat penting terutama jika Anda berada di ruangan berkarpet.

Langkah 3
Lindungi diri Anda, jika mungkin. Sekrup tengah pada kebanyakan outlet listrik terhubung ke ground. Menyentuh jari Anda pada sekrup ini akan menghilangkan muatan yang mungkin Anda bawa. Jika Anda benar-benar ingin aman, maka arde komputer Anda juga, dengan menjalankan kabel tembaga dari kasing ke sekrup pada outlet.

Langkah 4
Dapatkan gelang pentanahan. Ini dijual di sebagian besar toko komputer. Ini adalah gelang yang dikenakan di pergelangan tangan dengan kawat yang bisa Anda pasang ke tanah. Ini sangat berguna jika Anda bermaksud mengerjakan bagian dalam komputer atau perangkat elektronik Anda.
Gunakan perangkat nirkabel bila memungkinkan. Perangkat nirkabel menghilangkan bahaya pelepasan statis, karena mereka tidak terhubung secara fisik dengan komputer Anda atau perangkat lain.

Peringatan

  • Selalu gunakan hati-hati saat bekerja dengan sistem listrik. Jika Anda tidak mengerti bagaimana menghubungkannya ke tanah, berkonsultasilah dengan ahli listrik.

    Barang yang Anda butuhkan

  • Koneksi listrik yang ditanah
  • Kawat tembaga
  • Gelang pentanahan
  • Perangkat nirkabel


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101300214.html

  • Perangkat keras
    • Cara Mencegah Kecelakaan Komputer

      Anda melihat layar biru kematian dan ingin menangis, mengetahui pekerjaan yang terlibat dalam memperbaiki komputer Anda. Alih-alih menghadapi perbaikan komputer, tetap nyalakan dan jalankan komputer Anda dengan menghindari masalah umum yang dapat menyebabkan komputer macet dan terbakar. Mencegah

    • Cara Mencegah Bluebugging

      Ke mana pun Anda pergi, orang-orang menggunakan ponsel pintar mereka. Mereka berselancar di Internet, memeriksa email mereka, atau mungkin hanya membuat panggilan telepon kuno yang bagus. Ketika jumlah ponsel pintar meningkat, demikian juga jumlah serangan ponsel pintar. Bluebugging, salah satu bent

    • Cara Membuka Brankas Elektronik

      Brankas elektronik dianggap oleh beberapa orang sebagai salah satu keamanan terbaik yang dapat Anda miliki untuk barang berharga Anda. Dibandingkan dengan lemari besi dial tradisional, mereka jauh lebih sulit untuk retak. Namun, banyak brankas elektronik memiliki titik lemah yang memungkinkan tangan

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com