whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Membuat Listrik Dari Gelombang Radio

Lingkungan perkotaan dipenuhi dengan kilowatt gelombang radio dari pemancar komersial dan pemerintah. Meskipun Anda tidak dapat menghasilkan listrik yang cukup dari sumber energi ini untuk menjalankan rumah Anda, Anda dapat mendeteksinya dengan peralatan elektronik yang sensitif. Semua antena menghasilkan arus listrik dari gelombang radio; mereka menghasilkan sejumlah kecil energi.

Energi Gelombang Radio
Pemancar stasiun radio memadamkan apa saja, dari beberapa watt untuk FM hingga 50.000 watt untuk stasiun AM yang terkenal. Antena siaran mengeluarkan energi yang memancar ke luar dalam gelembung yang terus mengembang. Energi untuk area tertentu melemah menurut prinsip yang disebut Hukum Invers-Square: jumlah yang melewati kaki persegi, misalnya, turun menjadi seperempat dari kekuatan aslinya ketika Anda menggandakan jarak dari sumber. Menurut Komisi Komunikasi Federal, medan listrik maksimum teoritis satu kilometer jauhnya dari pemancar 50.000 watt hanya 394 milivolt per meter; pohon, bangunan, dan kelembaban udara menyerap sebagian energi ini, membuat jumlah sebenarnya lebih kecil.

Antena
Logam dalam antena mengubah sinyal radio menjadi listrik; umumnya, semakin panjang antena, semakin banyak sinyal yang Anda terima. Radio portabel memiliki antena yang relatif pendek dan mengambil energi radio dalam jumlah kecil. Penguat di radio meningkatkan sinyal, memungkinkan Anda mendengar siaran. Untuk memanen energi, Anda membutuhkan kawat berinsulasi setidaknya sepanjang 20 kaki. Letakkan kabel jauh dari furnitur logam, pelapis aluminium dan benda logam besar lainnya yang mungkin menghalangi sinyal yang ingin Anda terima. Pasang kawat berisolasi lainnya ke tanah yang andal, seperti pipa air dingin. Ujung-ujung antena dan kabel ground menciptakan potensi tegangan yang dapat Anda ukur dengan peralatan elektronik.

Osiloskop
Osiloskop cukup sensitif untuk menunjukkan dan mengukur dengan jelas energi listrik yang Anda dapatkan dari gelombang radio. Untuk melihat energi ini, sambungkan antena ke terminal input "panas" input osiloskop dan sambungkan kabel arde ke klip ground probe osiloskop. Atur rentang input vertikal menjadi 1 volt per divisi. Tampilan osiloskop akan menunjukkan pola "white noise" yang menunjukkan energi radio dari berbagai sumber. Anda mungkin harus menyesuaikan input vertikal ke pengaturan yang lebih sensitif, seperti 200 milivolt per divisi atau kurang, untuk membuat pola lebih jelas.

Diode dan Galvanometer
Listrik yang Anda dapatkan dari gelombang radio adalah frekuensi tinggi arus bolak-balik; ketika diperkuat dan disetel ke frekuensi stasiun tertentu, hasilnya adalah siaran audio. Untuk menggunakan gelombang radio untuk listrik, pertama-tama ubah sinyal AC menjadi arus searah dengan dioda, perangkat yang arusnya hanya mengalir satu arah. Hubungkan anoda dioda sinyal kecil ke kabel antena dan kemudian hubungkan katoda ke satu terminal galvanometer. Menyentuh kabel arde ke terminal galvanometer lain akan menyebabkan jarum melompat, menunjukkan DC.

Bahaya
Karena gelombang radio menghasilkan daya yang sangat kecil, menggunakan antena untuk menyelidiki listrik sebagian besar aman. Selalu gunakan kawat berinsulasi, bukan logam telanjang, dan hindari menempatkannya di dekat outlet listrik, saluran listrik, dan sumber listrik lain yang jelas. Jangan melakukan eksperimen apa pun selama badai petir; sambaran petir di dekatnya dapat menyebabkan tegangan besar dalam kabel yang panjang, membahayakan diri Anda sendiri dan semua peralatan yang terhubung.

Aplikasi
Jumlah kecil arus yang Anda dapatkan selama kondisi normal sayangnya membatasi aplikasi praktis untuk listrik yang diperoleh dari radio ombak. Sendiri, arus tidak cukup untuk menyalakan bola lampu atau menjalankan motor, misalnya. Jika Anda memperoleh sekitar 1,5 volt dari antena dan pengaturan dioda, Anda dapat menggunakannya untuk mengisi ulang baterai nikel-logam-hidrida yang dapat diisi ulang; selama beberapa jam atau beberapa hari, baterai dapat mengakumulasi energi yang cukup untuk menyalakan radio atau perangkat kecil lainnya.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101311259.html

Perangkat keras
  • Cara Membuat Detektor Logam Buatan Sendiri

    Apakah Anda ingin mencari harta yang hilang? Jika demikian, detektor logam akan berhasil! Namun, jangan merusak dompet Anda dengan membeli detektor logam kelas atas. Pelajari bagaimana sekarang Anda dapat membuat detektor logam buatan sendiri! Langkah 1 Langkah pertama dalam membuat detektor

  • Cara Membuat CD Audio Dari Video DVD

    Ada dua metode dasar membuat CD audio dari DVD video. Menggunakan komputer Anda dan perangkat lunak yang sesuai, Anda dapat mengekstrak file audio dari DVD video dan membakarnya ke CD audio. Atau, menggunakan perekam CD, Anda dapat mendub audio dari DVD video ke CD audio. Opsi pertama lebih efisien,

  • Cara Membuat MP3 Dari Video YouTube

    Sejumlah program memungkinkan Anda untuk mengkonversi klip YouTube menjadi MP3. Beberapa mengharuskan Anda untuk membeli perangkat lunak, yang lain memerlukan pendaftaran situs web atau membatasi jumlah file yang dapat Anda konversi. Tetapi ada sejumlah situs web yang menawarkan konversi file ce

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com