whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Apa Itu Anti Peretasan?

Dalam konteks keamanan komputer, peretasan mengacu pada membobol sistem komputer untuk mencuri data atau mengganggu sistem dengan cara tertentu. "Anti-Hacking" adalah istilah umum yang diberikan untuk melindungi sistem komputer dari intrusi oleh individu atau kelompok yang tidak berwenang. Ini dapat mencakup firewall perangkat lunak dan perangkat keras, utilitas perangkat lunak anti-malware, dan praktik keamanan yang baik. Yang terakhir termasuk menjaga keamanan kata sandi, mengamankan jaringan nirkabel dan menggunakan enkripsi untuk data sensitif.

Ancaman dari Peretasan
Kebanyakan peretasan sekarang dilakukan secara otomatis melalui penggunaan perangkat lunak berbahaya. Jaringan komputer yang dibajak, yang disebut "botnet," digunakan untuk melakukan sejumlah besar serangan untuk mencuri informasi pribadi untuk pencurian identitas dan penipuan. Peretasan yang ditargetkan dapat menjadi perhatian bagi perusahaan besar. Misalnya, perusahaan yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan dapat diretas untuk keperluan spionase industri.

Firewall Hardware dan Software
Firewall dirancang untuk mencegah penyebaran agen perusak dengan memfilter transmisi jaringan. Firewall terdiri dari perangkat keras atau perangkat lunak yang dapat mengizinkan atau menolak transmisi berdasarkan seperangkat kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Sistem operasi mungkin dilengkapi dengan firewall perangkat lunak. Router digunakan untuk mengirimkan data antara komputer ke Internet atau antar jaringan dan ini sering mengandung komponen perangkat keras pelindung.

Utilitas Anti-Malware
Malware, yang berarti perangkat lunak berbahaya, digunakan untuk mendapatkan akses dan kontrol tidak sah dari sistem komputer. Malware dapat ditransmisikan melalui email, dengan menjelajahi internet atau melalui perangkat penyimpanan yang terinfeksi. PC Windows sangat rentan terhadap malware tetapi Mac semakin menjadi target. Perangkat lunak anti-virus dan anti-trojan yang digunakan dengan benar dapat mencegah infeksi terjadi, mendeteksi malware yang sudah ada, dan menghapus infeksi. Vendor sistem operasi secara rutin merilis pembaruan keamanan, jadi pastikan pembaruan ini selalu diperbarui.

Perlindungan Kata Sandi
Kata sandi yang kuat sedikitnya delapan dan lebih disukai 12 karakter dan tidak hanya terdiri dari huruf. dan angka tetapi simbol dan tanda baca. Kata sandi terkuat tidak akan membantu jika diberikan. Namun, peretas dapat menggunakan taktik yang disebut rekayasa sosial untuk membujuk orang lain untuk memberikan kata sandi mereka. Phishing menjelaskan penggunaan email untuk mengamankan kata sandi dengan menyamar sebagai organisasi tepercaya. Peretas juga dapat menelepon orang-orang dengan akses keamanan, mungkin menyamar sebagai pengguna yang bingung atau CEO yang marah, menuntut untuk diberikan identitas dan kata sandi sehingga mereka dapat masuk ke akun yang sensitif. Kesadaran akan rekayasa sosial adalah alat anti-peretasan yang penting.

Enkripsi Data
Enkripsi adalah cara menyamarkan data, mentransformasikannya menjadi kode yang tidak dapat dipahami menggunakan algoritma matematika. Data terenkripsi hanya dapat dibaca oleh seseorang dengan kunci enkripsi yang tepat. Jika data sensitif disimpan atau dikirim tidak terenkripsi, itu dapat dibaca oleh peretas. Perangkat lunak enkripsi dapat membuat ini jauh lebih sulit - semua tetapi tidak mungkin, dalam beberapa kasus. Selain sebagai tindakan anti-peretasan yang bermanfaat, enkripsi juga dapat melindungi data jika perangkat seluler atau perangkat penyimpanan yang berisi data harus hilang.

Keamanan Email
Email dapat digunakan untuk mengamankan kata sandi dengan penipuan. , dan juga untuk menyebarkan malware yang membahayakan keamanan. Banyak virus, worm, dan trojan tersebar melalui lampiran email. Dalam beberapa kasus, hanya perlu membuka atau melihat pratinjau email agar terinfeksi. Praktik yang baik mencakup tidak pernah membuka lampiran kecuali Anda tahu apa itu, tidak pernah membuka email spam yang jelas dan mematikan fungsi pratinjau program email Anda.

Keamanan Transmisi Data
Kapan pun data dikirimkan dari satu perangkat atau jaringan ke perangkat lainnya itu rentan terhadap peretasan. Data sensitif harus dienkripsi untuk mencegah hal ini. Jaringan nirkabel harus selalu diamankan menggunakan protokol keamanan terbaru, karena peretas dapat dengan mudah mengakses jaringan yang tidak aman atau tidak aman. Ingatlah bahwa perangkat seluler juga rentan terhadap peretasan dan mengamankan ini juga, mengenkripsi data sensitif jika relevan, menginstal semua pemutakhiran keamanan yang disarankan, dan memindai malware secara berkala.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101307655.html

Jaringan
  • Apa itu Sistem Pemrosesan Data?

    Sistem pemrosesan data mengambil data mentah dan, melalui kekuatan otomatisasi komputer, menghasilkan informasi yang divalidasi oleh seperangkat aplikasi program. Informasi meliputi teks, perhitungan aritmatika, formula, dan berbagai jenis informasi dan data lainnya berdasarkan sistem komputer. Sist

  • Apa Penggunaan CPU pada Komputer?

    Komputer melakukan banyak sekali operasi yang kompleks. Untuk menjalankan operasi ini, PC harus memproses sejumlah besar informasi. Ini dilakukan oleh perangkat keras yang sangat penting: CPU. Definisi CPU, atau unit pemrosesan pusat, adalah chip yang terpasang pada motherboard komputer yang di

  • Apa Perangkat Lunak Aplikasi Bisnis?

    Aplikasi adalah istilah yang digunakan dalam komputasi untuk menentukan program atau kelompok program yang menjalankan suatu fungsi. Perangkat lunak aplikasi bisnis adalah paket (dapat dibuat khusus tetapi dikemas sebagai satu unit) yang menjalankan fungsi bisnis seperti akuntansi atau penggajian.

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com