whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Cara Mengamankan Jaringan Nirkabel Dengan Mac

Mengamankan jaringan Anda dengan kata sandi tidak lagi menjadi pilihan, karena jaringan terbuka membiarkan komputer, file, dan data pribadi Anda terbuka lebar untuk peretas, pencuri, dan cyber-lowlifes lainnya. Mengizinkan data pribadi menjadi rentan meminta masalah; untungnya, mengamankan jaringan nirkabel Anda dengan Mac adalah proses yang cukup mudah yang bahkan dapat ditangani oleh pengguna yang mengalami kesulitan teknis.

Langkah 1
Tentukan jenis router nirkabel yang digunakan jaringan Anda. Baik router nirkabel Apple AirPort atau unit pihak ketiga. Router AirPort memerlukan perangkat lunak berpemilik (tersedia untuk komputer Mac dan Windows) untuk mengonfigurasi, sementara hampir setiap router nirkabel lainnya menggunakan browser Web (Internet Explorer, Safari, Firefox, Google Chrome, Opera) untuk mengonfigurasi. Jika Anda menggunakan Apple AirPort, lanjutkan ke Bagian 2; kalau tidak, lanjutkan dengan Langkah 2.

Langkah 2
Hubungkan ke jaringan Anda dan luncurkan browser. Masukkan alamat router nirkabel Anda di bilah URL (lihat Sumberdaya). Setelah Anda membuka halaman konfigurasi, cari tautan yang memungkinkan Anda mengonfigurasi pengaturan nirkabel, biasanya bernama "Nirkabel" atau "Pengaturan Nirkabel".

Langkah 3
Klik tautan untuk halaman tersebut yang memungkinkan Anda untuk mengatur ulang keamanan nirkabel jaringan Anda. Setelah Anda menemukannya, Anda akan memiliki beberapa opsi. Jika Anda ingin membuat kata sandi Anda sendiri, pilih WPA sebagai metode keamanan; jika Anda ingin kata sandi Anda menjadi serangkaian karakter yang dibuat secara acak, pilih WEP.
Simpan pengaturan Anda sebelum keluar dari browser Anda. Sambungkan kembali ke jaringan nirkabel Anda dengan menarik ikon berbentuk pizza-slice di sudut kanan atas layar dan memilih jaringan nirkabel Anda. Jika Anda telah mengonfigurasinya dengan benar, Anda akan diminta memasukkan kata sandi yang Anda buat pada Langkah 3.

Mengamankan Apple AirPort Anda

Langkah 1
Hubungkan ke jaringan Anda seperti dijelaskan pada Langkah 4 di atas dan kemudian jalankan AirPort Utility, yang ditemukan di "Utilities", di folder "Applications". Pilih unit AirPort Anda dari daftar di sebelah kiri dan klik tombol "Pengaturan Manual". Klik pada tab "Nirkabel" untuk membuka jendela konfigurasi nirkabel.

Langkah 2
Pilih "WPA /WPA Pribadi" di menu tarik "Keamanan Nirkabel" dan masukkan kata sandi (minimal delapan karakter) di kolom "Kata Sandi Nirkabel" dan "Kata Sandi Verifikasi". Perhatikan bahwa dalam hal ini Anda harus membuat kata sandi Anda sendiri, daripada mengandalkan kata sandi yang dihasilkan secara acak.
Klik tombol "Perbarui" ketika Anda selesai mengonfigurasi AirPort Anda. Jaringan nirkabel tidak akan tersedia sampai AirPort telah sepenuhnya reboot. Setelah lampu hijau muncul pada unit AirPort, sambungkan ke jaringan nirkabel seperti yang dijelaskan di atas, dan masukkan kata sandi nirkabel Anda di jendela yang terbuka ketika Anda mencoba menghubungkan tanpa kabel.

Kiat
Komputer Windows dapat terhubung ke jaringan AirPort tanpa perangkat lunak tambahan; namun, untuk mengonfigurasi AirPort di Windows, Anda harus menginstal AirPort Utility untuk Windows.

Peringatan

  • Lupa kata sandi nirkabel Anda akan memaksa Anda untuk mereset router ke default pabrik aslinya.


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101303267.html

  • Jaringan
    • Cara Mengatur Printer Nirkabel pada Mac

      Printer nirkabel dapat digunakan di kantor rumah atau kantor bisnis sehingga satu printer dapat melayani banyak komputer. Dengan printer nirkabel, Anda dapat mencetak dokumen dari komputer Mac tanpa langsung menghubungkan komputer ke printer. Ini membantu di kantor-kantor di mana jaringan kabel

    • Bagaimana Menghubungkan Dua Komputer Mac

      Ketika kebanyakan orang berpikir tentang jaringan komputer, mungkin mereka membayangkan jaringan yang dibuat menggunakan PC berbasis Windows. Meskipun ada sejumlah perbedaan antara komputer Mac dan PC, metode yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer Mac dalam jaringan sederhana secara virtual

    • Cara Memeriksa Keamanan Jaringan Nirkabel

      Jaringan nirkabel, juga disebut jaringan area lokal nirkabel, atau WLAN, memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan komputer menggunakan sinyal radio alih-alih kabel Ethernet. Jaringan nirkabel menggunakan titik akses nirkabel (WAP) yang menerima dan mentransmisikan data ke perangkat berkema

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com