whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Cara Memeriksa Keamanan Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel, juga disebut jaringan area lokal nirkabel, atau WLAN, memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan komputer menggunakan sinyal radio alih-alih kabel Ethernet. Jaringan nirkabel menggunakan titik akses nirkabel ("WAP") yang menerima dan mentransmisikan data ke perangkat berkemampuan nirkabel seperti laptop dan smartphone. Karena banyak jaringan nirkabel menggunakan beberapa bentuk keamanan untuk mencegah pengguna yang tidak sah masuk ke jaringan dan untuk melindungi transmisi data dari peretas, Anda harus memeriksa pengaturan keamanan jaringan nirkabel sebelum mengaksesnya.

Langkah 1
Cari jaringan yang tersedia. Menggunakan perangkat berkemampuan nirkabel seperti ponsel cerdas atau laptop, buka menu "Pengaturan Wi-Fi" atau "Pengaturan nirkabel". Bergantung pada perangkat Anda, Anda dapat mencari jaringan nirkabel yang tersedia dalam jangkauan perangkat Anda, yang akan menghasilkan daftar jaringan nirkabel, atau Anda dapat mengetikkan SSID (nama jaringan) spesifik untuk jaringan nirkabel yang ingin Anda akses.

Langkah 2
Pilih jaringan dari daftar "Tersedia". Pilih atau sorot jaringan nirkabel. Jika jaringan diamankan, itu akan ditunjuk oleh ikon kunci.

Langkah 3
Masuk ke router nirkabel untuk memeriksa pengaturannya. Jika Anda memeriksa keamanan jaringan nirkabel rumah atau bisnis Anda, Anda dapat masuk ke router nirkabel untuk memeriksa dan mengubah pengaturan keamanannya. Untuk melakukan ini, ketik URL router ke browser, tekan "Enter," lalu masukkan nama pengguna dan kata sandi yang disediakan dalam manual router. Ini akan memuat beranda pengaturan router.
Mengakses menu pengaturan keamanan. Saat beranda router dimuat, klik tautan pengaturan keamanan. Di sini, Anda dapat memeriksa SSID (nama jaringan) jaringan nirkabel dan menentukan jenis keamanan yang digunakan jaringan nirkabel, seperti WPA, yang memerlukan kode sandi alfanumerik, atau WEP, yang menggunakan kode sandi numerik yang kurang aman. Jika tidak ada pengaturan enkripsi yang dipilih, jaringan nirkabel tidak aman dan dapat diakses oleh pengguna mana pun. Pastikan untuk menyimpan perubahan yang Anda buat pada pengaturan keamanan router Anda dan perbarui perangkat nirkabel Anda untuk mencerminkan perubahan itu.

Kiat
Gunakan pengaturan keamanan WPA-PSK dan ubah kata sandi jaringan nirkabel Anda secara teratur untuk menjaganya aman.

Peringatan

  • Di banyak yurisdiksi melanggar hukum untuk masuk ke jaringan nirkabel rumah atau bisnis orang lain tanpa izin.
  • Sebagian besar jaringan nirkabel diamankan dan mengharuskan pengguna memasukkan kode sandi untuk mengakses jaringan. Jaringan Wi-Fi publik, seperti yang ditemukan di perpustakaan dan kedai kopi, biasanya tidak aman dan tidak boleh digunakan untuk mengirimkan data sensitif, seperti data perbankan online, karena semua data dapat dengan mudah dicegat dan dilihat oleh orang lain menggunakan jaringan.


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101302502.html

  • Jaringan
    • Bagaimana Cara Melihat Kamera Keamanan Rumah Nirkabel Melalui Internet

      Kamera video keamanan di masa lalu membutuhkan kabel eksklusif yang luas dari pengontrol, unit kamera, dan sistem penglihatan mereka yang mahal dan kompleks, tetapi saat ini ada alternatif yang sederhana dan murah. Sekarang ada semakin banyak kamera yang memanfaatkan protokol dan kabel jaringan

    • Cara Menemukan Kunci Enkripsi untuk AT&T U-verse Wireless Home Network

      Saat Anda mengatur jaringan nirkabel menggunakan layanan Internet AT&T U-Vers, siapa pun yang berada dalam jangkauan router nirkabel dapat terhubung ke jaringan jika tidak diamankan. Mengamankan jaringan Anda membantu mencegah pengguna yang tidak sah, tetapi Anda dan tamu Anda juga dikunci jika

    • Cara Memeriksa Status Koneksi DirecTV

      DirecTV adalah bentuk televisi satelit yang memiliki ratusan saluran mulai dari pemrograman lokal, olahraga, film, dan saluran musik. Penerima Anda harus terhubung ke jaringan DirecTV agar dapat berfungsi dengan baik. Saat terhubung, ia dapat memperbarui informasi dalam panduan menonton, menemukan f

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com