whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Protokol Jaringan Dijelaskan

Protokol jaringan menjabarkan aturan untuk komunikasi data antar komputer. Seperangkat aturan ini memungkinkan produsen kartu jaringan untuk membuat driver yang terhubung antara kabel jaringan, perangkat perangkat keras dan sistem operasi komputer. Beberapa protokol jaringan tersedia, tetapi yang paling umum adalah TCP /IP, yang merupakan "bahasa" Internet. Protokol inilah yang mengirim komunikasi komputer dari kartu jaringan, mentransmisikan melalui kabel dan menemukan komputer yang tepat untuk mengirimkan paket data.

Fitur
Protokol jaringan "berlapis". Ini berarti aturan yang ditetapkan untuk mengirim paket data tersegmentasi menjadi beberapa bagian berbeda. Perancang protokol dapat membuat aturan untuk setiap lapisan, sehingga perancang kartu jaringan dapat menggunakan protokol dengan berbagai cara untuk membuat transmisi data lebih efisien. Ini juga memungkinkan perancang jaringan untuk mengadaptasi protokol untuk tujuan tertentu seperti komunikasi Internet atau kelompok kerja jaringan kecil dengan hanya beberapa klien.

Jenis
Beberapa protokol jaringan ada, tetapi TCP /IP telah mengambil alih sebagai konstruk paling populer. TCP /IP adalah bahasa Internet, sehingga perusahaan dan individu memasukkannya ke dalam topologi jaringan. Protokol jaringan lainnya termasuk IPX, yang merupakan bahasa yang dikembangkan oleh Novell. Apple memiliki AppleTalk yang memungkinkan desktop Mac untuk berinteraksi. Tokenring adalah teknologi lama yang digunakan dengan kabel coaxial. Ini menghubungkan jaringan kecil bersama-sama juga.

Integrasi
Protokol jaringan diintegrasikan ke dalam topologi menggunakan driver yang dibuat oleh perancang perangkat keras dan vendor sistem operasi. Misalnya, ketika pengguna menginstal Microsoft Windows, sistem operasi mencari kartu jaringan, dan menginstal protokol TCP /IP jika ditemukan. Ini memberi tahu sistem operasi bahwa TCP /IP digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan, dan memungkinkan Windows untuk "memahami" paket data yang masuk.

Pertimbangan
Jaringan dapat menggunakan lebih dari satu protokol pada saat yang sama topologi. Ini disebut lingkungan "heterogen". Misalnya, jaringan besar mungkin memiliki klien Windows yang menggunakan server Novell untuk meng-host email dan file bersama. Jaringan menggunakan TCP /IP antara klien Windows dan Internet, dan IPX diinstal untuk berkomunikasi dengan server Novell. Kedua protokol bekerja secara simultan, dan itu mulus bagi pengguna yang menjelajahi Internet dan mengakses server Novell.

Keamanan
Protokol hanya menentukan jalur dan aturan yang diperlukan untuk komunikasi komputer. Keamanan tidak diterapkan kecuali protokol mengirim data terenkripsi. Firewall diimplementasikan pada jaringan karena alasan itu untuk memblokir upaya jahat untuk mendapatkan akses ke sumber daya jaringan. Pengguna harus menginstal perangkat lunak antivirus untuk melindungi dari spyware dan malware lain yang mencuri informasi pribadi.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101302976.html

Jaringan
  • Cara Mengatur Jaringan Pribadi

    Jaringan pribadi dapat disiapkan di rumah Anda sendiri untuk memungkinkan jaringan sumber daya di antara beberapa mesin. Saat Anda membuat jaringan pribadi, Anda dapat mengonfigurasinya sehingga semua anggota jaringan pribadi Anda dapat berbagi printer serta file. Meskipun membuat jaringan dapat

  • Cara Melihat & Mengidentifikasi Perangkat Jaringan

    Windows dapat secara otomatis memindai jaringan Anda untuk perangkat jaringan dan komputer dan menampilkannya. Windows mendeteksi berbagai perangkat, termasuk printer, router dan komputer lain di jaringan. Windows menampilkan perangkat ini di jendela, diurutkan berdasarkan jenis perangkat mereka

  • Cara Mengatur Ethernet LAN

    Jaringan area lokal (LAN) adalah cara yang sangat baik untuk sekelompok komputer di rumah atau kantor untuk berbagi sumber daya dan koneksi Internet yang umum. Dengan teknologi Ethernet kecepatan tinggi dan jaringan plug-and-play (pnp) modern, mengatur LAN Ethernet bisa menjadi tugas yang cepat dan

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com