whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Laptop Vs. Hard Disk Desktop

Baik dipasang di laptop atau komputer desktop, semua hard drive menggunakan teknologi serupa: memutar piringan magnetik yang merekam dan menyimpan data. Pada komputer generasi sebelumnya, ada beberapa jenis antarmuka koneksi yang dapat bervariasi antara desktop dan laptop, tetapi standar Serial ATA (SATA) sekarang mendominasi kedua pasar. Perbedaan utama yang tersisa antara kedua jenis drive adalah ukuran fisik, ruang penyimpanan, dan kecepatan.

Ukuran Fisik
Secara historis, komputer desktop menggunakan hard drive 5,25 inci, tetapi desktop saat ini terutama mengandalkan Drive 3,5 inci. Ukuran ini memungkinkan untuk beberapa piring-piring internal, menambah ruang penyimpanan drive. Namun, drive ini terlalu berat dan tebal untuk digunakan di komputer portabel. Sebagai gantinya, sebagian besar laptop menggunakan drive 2,5 inci. Hard disk ini lebih ringan, lebih ramping dan menggunakan lebih sedikit energi - premium saat dijalankan dengan baterai. Meskipun umumnya dipasang pada perangkat seperti iPod, drive 1,8 inci juga digunakan di beberapa laptop dan netbook ultra-tipis.

Ruang Penyimpanan
Ketipisan fisik drive laptop 2,5 inci secara langsung memengaruhi kapasitas penyimpanannya . Dengan ruang internal yang lebih sedikit, drive 2,5 inci berisi lebih sedikit piring-piring yang lebih kecil. Sementara beberapa drive 3,5 inci kelas atas membanggakan penyimpanan 4TB - dan terus bertambah - drive laptop tidak dapat memenuhi klaim ini. Sebagai gantinya, bahkan drive laptop yang paling mahal sering berkisar dari ukuran 750GB hingga 1TB. Sementara drive laptop juga menjadi lebih besar dari tahun ke tahun, ukuran fisiknya mencegah mereka dari mengejar ruang yang disediakan oleh drive desktop.

Kecepatan
Untuk membaca dan menulis data, piringan dalam hard drive berputar dengan cepat. Sementara beberapa drive antusias bekerja pada 10.000 rotasi per menit, sebagian besar hard drive desktop berjalan pada 7.200 RPM. Untuk menjaga panas, penggunaan daya dan tingkat kebisingan, banyak drive laptop berjalan lebih lambat, hanya 5.400 RPM. Penurunan kecepatan rotasi ini secara langsung memengaruhi kecepatan komputer, karena drive harus berputar lebih lama untuk mencapai setiap bagian data. Namun, beberapa model laptop menyertakan 7.200 RPM drive, meniadakan perbedaan kecepatan.

Solid State Drives
Dalam beberapa tahun terakhir, banyak laptop dan komputer desktop telah mulai memasukkan solid state drive bukan hard drive. SSD ini menggunakan chip data, bukan piring, menghilangkan kebisingan, panas, dan getaran yang disebabkan oleh hard drive. Meskipun lebih mahal daripada hard drive, SSD juga berjalan secara signifikan lebih cepat daripada bahkan 10.000 RPM disk. Karena perbedaan harga, beberapa komputer desktop menyertakan SSD kecil untuk data yang sering digunakan dan hard drive besar untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Karena kebanyakan laptop tidak dapat memuat dua drive, beberapa model menawarkan drive hybrid, yang memiliki area penyimpanan besar selain SSD kecil yang digunakan untuk caching.

Kompatibilitas
Sementara drive 3,5 inci tidak dapat menampung masuk ke sebagian besar laptop secara internal, Anda masih dapat menghubungkannya menggunakan enklosur eksternal, yang Anda tancapkan ke komputer Anda melalui kabel USB atau SATA eksternal (eSATA). Demikian pula, Anda dapat menggunakan drive 2,5 inci pada desktop dengan penutup, atau menggunakan braket pemasangan untuk memasangnya secara internal. Beberapa komputer desktop juga memiliki ruang drive 2,5 inci, karena sebagian besar SSD memiliki ukuran ini.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101308509.html

Perangkat keras
  • Cara Menghapus Hard Drive Dari Laptop Toshiba

    Untuk sebagian besar, komputer laptop tidak mengharuskan pengguna untuk membukanya untuk menambah bagian baru karena mereka memiliki perangkat keras yang dapat diupgrade oleh pengguna yang terbatas. Ada beberapa bagian seperti hard drive yang dapat dilepas untuk tujuan memutakhirkannya atau meng

  • Tentang Mengganti Laptop HP Hard Drive

    Hewlett-Packard adalah salah satu produsen komputer dan komponen komputer terbesar di dunia, termasuk laptop. Tetapi bahkan dengan teknologi mutakhir dan kinerja tinggi laptop saat ini, biasanya menjadi perlu untuk mengganti hard drive. Memahami mengapa dan bagaimana mengganti hard drive laptop HP d

  • Logam yang Digunakan dalam Hard Drive

    Hard drive digunakan untuk menyimpan data komputer. Teknologi ini terus meningkat, dengan drive yang mencapai ukuran 2 terabyte. Hard drive dibuat dengan berbagai logam dan paduan. Bahan Feromagnetik Hard drive menggunakan logam bermuatan magnetis untuk menghemat data. Gaya magnet memanipulasi l

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com