whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Mendesain Sirkuit LED Sederhana

 

Item yang Anda perlukan


  • LED




  • Baterai atau sumber daya

  • Klip kawat atau buaya

  • Bermanfaat untuk memiliki (multimeter)

  • Bermanfaat untuk memiliki (menyolder setrika)


    Sirkuit LED sangat mudah dirancang. LED atau Light Emitting Diode, adalah sumber cahaya arus sangat rendah yang sangat aman dan tahan lama untuk digunakan dalam proyek Anda. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana merancang dan membangun sirkuit LED yang sangat sederhana.

    Langkah pertama adalah memilih berapa banyak LED yang ingin Anda nyalakan dan tipenya (warna, kecerahan). Dengan rangkaian sederhana ini Anda akan agak dibatasi oleh jumlah tegangan yang dapat disediakan dengan aman untuk proyek Anda.

    Hitung jumlah tegangan yang Anda butuhkan dari catu daya Anda.

    Cari spesifikasi "diode forward voltage" dari situs web pembuat atau pengemasan. Jika Anda tidak memiliki informasi ini, Anda dapat menggunakan yang berikut untuk memperkirakan:

    Merah atau Oranye 2.0 V Kuning 2.1 V Hijau 2.2 V True Green, Biru, Putih 3.3 V Biru (430 nm) 4.6 V

    Katakanlah Anda ingin memiliki 3 LED Merah di sirkuit Anda. Hanya gunakan nilai tegangan maju dioda. Jadi, 3 x 2.0 \u003d 6V, diperlukan.

    Setelah Anda memiliki voltase yang diperlukan, pilih bagaimana Anda ingin memberi daya pada rangkaian. Apakah Anda ingin mencolokkannya ke stopkontak dan tidak perlu mengganti baterai atau Anda ingin kebebasan untuk bergerak?

    Tegangan DC paling mudah. Baterai AA, AAA, atau 9V murah dan mudah ditemukan untuk proyek sederhana. Cara paling mudah untuk menggunakan AC sebagai sumber Anda adalah colokan dinding (wall wart), colokan hitam besar yang menyertai sebagian besar setiap perangkat elektronik yang Anda beli. Anda mungkin memiliki sebuah kotak penuh dengan ini. Anda harus memotong steker dari ujung kabelnya. Gunakan multimeter untuk menentukan timah positif dan negatif.

    Tegangan AC juga dapat dirancang di sirkuit. AC hanya akan menggerakkan LED setengah dari waktu karena tegangan mengalir dalam gelombang. Penyearah jembatan gelombang penuh dapat digunakan untuk menyalakan daya sepenuhnya LED. Inilah dasarnya apa yang dilakukan kutil dinding untuk Anda.

    Temukan catu daya yang lebih besar dari nilai tegangan maju dioda yang dihitung dari langkah 2. Dalam kasus kami, kami menghitung 6 volt. Nilai catu daya yang lebih besar dari 6 volt akan dibutuhkan. Jika Anda mengendarai sejumlah besar LED, arus mungkin juga penting.

    Hitung nilai resistor LED yang diperlukan.

    LED tidak dapat terhubung langsung ke baterai atau catu daya. LED akan langsung hancur karena arus terlalu besar. Arus harus dikurangi. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan resistor. Hitung nilai resistor LED dengan rumus berikut:

    Nilai Resistor LED, R \u003d (tegangan suplai - tegangan LED) /arus LED

    Dalam contoh kami:

    Katakanlah kami gunakan baterai 9V, lalu berikan tegangan \u003d 9V. Tegangan LED untuk LED merah, dari Langkah 2 adalah 2,0 V Arus LED adalah 20 mA (ini adalah nilai khas jika tidak disediakan oleh pabrikan)

    Jika nilai resistor tidak tersedia, maka pilih resistor standar terdekat nilai yang lebih besar. Jika Anda ingin meningkatkan masa pakai baterai, Anda dapat memilih nilai resistor yang lebih tinggi untuk mengurangi arus. Pengurangan arus akan menghasilkan LED redup.

    R \u003d (9 - 2.0) /20 mA \u003d 350 ohm, gunakan nilai standar berikutnya yang lebih tinggi \u003d 360 ohm

    Sambungkan sirkuit Anda bersama-sama.

    Anda dapat menyatukan kabel secara langsung, menggunakan konektor crimp, atau menggunakan papan sirkuit kecil. Pilih metode terbaik berdasarkan ukuran proyek Anda.

    Langkah terakhir adalah memasang LED di proyek Anda. Radio Shack dan lainnya menjual pemegang LED chrome atau plastik yang memudahkan pemasangan yang terlihat profesional. Anda dapat menambahkan tombol push sesaat atau sakelar on /off ke sirkuit LED Anda.

    Merancang dan membangun sirkuit LED sederhana adalah proyek yang mudah.

    Kiat

    Semakin lama memimpin pada LED adalah sisi positifnya. Ingat bahwa jika Anda tidak memiliki nilai resistor yang tepat, Anda dapat menempatkan lebih dari 1 resistor secara seri dan menambahkan nilainya untuk mendapatkan resistansi total.

    Peringatan

    Pastikan jika Anda menggunakan AC dengan penyearah gelombang penuh untuk mempertimbangkan penurunan tegangan. Ukur output dengan multimeter untuk memastikan. Jangan pernah menghubungkan LED secara paralel. Selalu berhati-hatilah saat bekerja dengan sumber daya dan besi solder. Mereka bisa berbahaya.

    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101317277.html

  • Perangkat keras
    • Cara Menggoreng Papan Sirkuit

      Papan Sirkuit adalah kabel elektronik inti untuk sebagian besar elektronik modern, dan menggoreng papan sirkuit berarti merusak perangkat Anda dengan parah. Papan sirkuit terdiri dari papan fiberglass yang ditenun dengan kawat tembaga atau bahan konduktif lainnya. Beberapa papan sirkuit modern,

    • Cara Menghitung Tegangan DC Ripple

      Dalam elektronik ada dua jenis arus: arus bolak-balik dan arus searah. Penyearah digunakan untuk mengubah dari arus bolak-balik ke arus searah. Penyearah tidak sempurna, dan biasanya ada osilasi residu, atau riak, dalam output sinyal dari penyearah. Anda dapat menghitung riak ini menggunakan has

    • Cara Mendesain Tes Kepribadian

      Sejak pengembangan Indikator Jenis Myers-Briggs pada tahun 1962, orang telah terpesona oleh tes kepribadian. Dan mudah untuk melihat alasannya; mereka mengklaim memiliki rahasia kepribadian, yang merupakan jantung dari interaksi manusia. Tes kepribadian sering digunakan oleh bisnis untuk menyaring k

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com