whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Karakteristik Kabel UTP

Kabel twisted pair, atau UTP, adalah jenis kabel yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer. Terdiri dari beberapa pasang kawat yang disusun dalam urutan tertentu. Seperti namanya, kabel UTP tidak terlindung secara listrik dan mungkin rentan terhadap gangguan listrik atau radio jika digunakan di lingkungan tertentu.

Karakteristik Fisik
Kabel UTP menggunakan delapan kabel yang dikelompokkan dalam empat pasangan, masing-masing terdiri dari kawat berwarna solid dan kawat dilucuti. Setiap kawat diputar beberapa kali untuk meminimalkan gangguan dengan pasangan lainnya. Jumlah tikungan per inci yang lebih tinggi menghasilkan transmisi data yang lebih tinggi. Asosiasi Industri Elektronik dan Asosiasi Industri Telekomunikasi telah menetapkan enam standar kecepatan untuk kabel UTP, dengan kabel kategori 1 menjadi yang paling lambat dan kabel kategori 6 yang tercepat.

Kinerja
Kategori kabel UTP memiliki tinggi berdampak pada rentang penggunaannya. Kabel kategori 1 memiliki kecepatan 1 Megabit per detik, atau Mbps, dan hanya dapat digunakan dalam telepon. Kabel kategori 2, 3 dan 4 digunakan dalam jaringan telepon dan kecepatan rendah. Kabel kategori 5 memiliki kecepatan 100 Mbps dalam konfigurasi dua pasangan, yang dikenal sebagai 100BaseT Ethernet, dan 1.000 Mbps jika keempat pasangan digunakan, seperti di Gigabit Ethernet. Kabel kategori 6 mampu kecepatan hingga 10.000 Mbps. Kabel kategori 5 paling banyak digunakan dalam jaringan biasa, sedangkan kabel kategori 6 lebih spesifik untuk jaringan berkecepatan tinggi antar server.

Penggunaan
Kabel UTP menggunakan konektor RJ-45, versi telepon yang lebih besar penyambung. Urutan kabel di konektor bervariasi tergantung pada penggunaan kabel. Ada dua jenis kabel: lurus dan crossover. Kabel lurus digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis perangkat, seperti komputer dan sakelar. Dalam konfigurasi kabel lurus, kedua konektor memiliki pengaturan kabel yang sama di kedua ujungnya, yang dikenal sebagai T568B. Kabel crossover digunakan untuk menghubungkan perangkat dari jenis yang sama bersama-sama, seperti komputer-ke-komputer atau switch-to-switch, dan memiliki satu ujung kabel dalam konfigurasi T568B dan ujung lainnya dalam konfigurasi yang sama tetapi dengan dua pasangan terbalik. Konfigurasi ini dikenal sebagai T568A.

Batasan
Panjang maksimum satu segmen kabel UTP tidak boleh melebihi 295 kaki untuk menghindari kehilangan data. Selain itu, jangan gunakan kabel UTP di lingkungan dengan potensi gangguan listrik atau radio yang tinggi. Kabel twisted pair berpelindung, atau STP, direkomendasikan untuk lingkungan seperti itu.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101310925.html

Perangkat keras
  • Jenis-jenis Kabel TV

    Lima jenis kabel tersedia untuk televisi dan hiburan Anda, masing-masing dengan kualitas dan jenis sinyal yang berbeda. Kabel Video Komponen - Kabel video komponen mentransmisikan sinyal video definisi tinggi dengan memisahkan sinyal menjadi tiga bagian berbeda. Kabel Komposit Kabel ini biasa

  • Kerugian TV Kabel

    TV kabel adalah salah satu cara utama orang Amerika menerima pertunjukan yang ingin mereka tonton dalam kenyamanan ruang tamu mereka sendiri. Dengan kemajuan terbaru seperti DVR, kabel digital dan kemampuan bayar per tayang, TV kabel menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun, ada be

  • Jenis-jenis Kabel Serial

    Komunikasi data antara perangkat digital sering dilakukan melalui kabel serial, yang digunakan untuk mentransfer data antara perangkat yang menggunakan bit-by-bit atau teknik komunikasi port serial. Sebagian besar jenis kabel serial menggunakan antarmuka standar RS-232 (Recommended Standard-232) unt

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com