whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Mengukur Amp atau Watt Dengan Multimeter

Multimeter adalah perangkat yang dapat mengukur beberapa detail utama dari rangkaian listrik. Unit-unit ini biasanya digunakan oleh ahli listrik profesional serta penggemar hobi, dan mereka dapat dibeli dari toko ritel seperti Radio Shack. Multimeter digital modern memudahkan untuk mengukur aliran arus, diekspresikan dalam amp; Tegangan juga bisa ditentukan. Setelah tegangan dan arus diketahui, Anda dapat menghitung watt menggunakan rumus sederhana.

Mengukur Amps

Langkah 1
Pilih pengaturan "Lancar" pada tombol utama dari multimeter. Pilih rentang arus yang cukup tinggi untuk rangkaian yang diuji. Misalnya, jika rangkaian memiliki arus yang Anda perkirakan sekitar lima amp, pilih pengaturan "10 amp", bukan opsi "1 amp". Memilih pengaturan yang terlalu rendah dapat membebani multimeter secara berlebihan.

Langkah 2
Masukkan lead ke dalam koneksi multimeter berlabel "saat ini." Biasanya, timah hitam harus terhubung ke port "umum", sedangkan timah merah terhubung ke port yang cocok dengan kisaran saat ini yang dipilih. Pengaturan ini bervariasi, tergantung pada unit. Konsultasikan label multimeter dengan hati-hati untuk mengonfirmasi bahwa konfigurasi sudah benar untuk mengukur arus.

Langkah 3
Tempatkan kabel multimeter ke dalam rangkaian menggunakan konfigurasi seri. Listrik harus diarahkan untuk mengalir sepenuhnya melalui multimeter untuk mendapatkan pembacaan yang akurat. Arus biasanya harus bergerak ke timah merah dan keluar dari timah hitam.
Baca jumlah arus listrik yang ditampilkan pada multimeter. Ingatlah untuk mempertimbangkan nomor ini dalam konteks rentang saat ini yang dipilih. Misalnya, angka "10.00" dapat menunjukkan 10 amp pada satu pengaturan tetapi hanya 0,01 amp jika multimeter diatur ke rentang "miliamps" yang lebih kecil.

Mengukur Watt

Langkah 1
Pilih pengaturan "Tegangan" pada dial multimeter. Seperti yang Anda lakukan saat mengukur arus, pastikan rentang voltase yang sesuai dipilih. Biasanya merupakan ide yang baik untuk memilih rentang voltase tertinggi yang mungkin untuk mencegah kelebihan beban.

Langkah 2
Konfigurasikan lead multimeter ke dalam port yang ditandai dengan "voltase." Timah hitam biasanya dapat tetap dalam posisi "umum". Pindahkan kabel merah ke port berlabel untuk rentang tegangan yang sedang diuji.

Langkah 3
Hubungkan kabel ke sirkuit dalam pengaturan paralel. Lead hitam harus terhubung ke titik negatif atau ground, sedangkan lead merah harus disentuh ke titik sirkuit yang ingin Anda ukur. Tidak seperti pengukuran saat ini, tes tegangan tidak perlu sepenuhnya dialihkan melalui multimeter.

Langkah 4
Baca angka pada layar multimeter. Seperti halnya arus, ingatlah untuk mempertimbangkan konteks pengaturan rentang multimeter.
Gandakan jumlah arus dan jumlah tegangan dalam rangkaian untuk menentukan watt. Misalnya, sirkuit motor yang menggunakan 5 amp dan 12 volt memiliki daya 60 watt.

Peringatan

  • Selalu perhatikan prosedur keselamatan listrik saat menggunakan multimeter. Hindari menyebabkan korsleting dengan lead uji. Konfirmasikan bahwa multimeter berada pada pengaturan yang benar sebelum digunakan. Baca manual pemilik dan ikuti instruksi dengan seksama.

    Item yang Anda butuhkan

  • Multimeter


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101308375.html

  • Perangkat keras
    • Cara Menggunakan Adaptor Kartu SD Dengan PC

      Adaptor kartu SD memudahkan Anda untuk mengunggah foto, file, musik, dan video yang saat ini Anda simpan di kartu Micro atau Mini SD. Adaptor kartu SD memungkinkan pengguna PC untuk mengunggah informasi dari banyak kartu tanpa harus repot dengan kabel untuk setiap perangkat yang terpisah. Cara Me

    • Cara Menghubungkan Komputer ke TV dengan VGA

      Keuntungan besar dari perangkat HDTV adalah kepatuhan dan konektivitasnya dengan komputer. Anda dapat menggunakan TV HD sebagai monitor komputer. Sebagian besar komputer memerlukan kabel Video Graphics Array (VGA) untuk menghubungkan output videonya, tetapi kebanyakan TV saat ini akan menerimany

    • Cara merekam acara dengan AT&T Uverse

      AT&T U-bait menggabungkan kotak kabel untuk televisi berkualitas tinggi dengan perangkat rekaman untuk memberikan pengalaman menonton televisi yang disesuaikan. Penerima U-ayat memungkinkan Anda memprogram perangkat untuk merekam acara televisi favorit Anda, yang kemudian dapat dilihat di kemudian h

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com