whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Media

Cara Menulis Skenario Menggunakan Celtx

Menulis skenario memerlukan mengikuti seperangkat aturan yang cukup rumit tentang tab, indentasi, dan spasi, jadi pengolah kata yang dapat menangani semua itu untuk Anda adalah bantuan besar. Standar industri adalah Final Draft, dan Movie Magic Screenwriter, tetapi harganya mahal jika Anda baru memulai. Celtx adalah lingkungan praproduksi media sumber terbuka yang tidak cukup hingga tingkat Final Draft dan Movie Magic, tetapi bagus dan semakin baik setiap saat. Dan gratis.

Unduh dan instal aplikasi dari celtx.com. Celtx adalah program gratis dengan versi untuk Windows, OS X dan Linux. Pastikan Anda mengunduh versi terbaru untuk sistem operasi Anda dan dalam bahasa Anda. (Ada versi yang dilokalkan ke beberapa bahasa global.) Mengunduh dan menginstal adalah proses yang cukup mudah untuk mengikuti instruksi dan mengklik tombol.

Setelah Anda meluncurkan Celtx, Anda akan melihat layar pembuka dan daftar jenis proyek. Selain templat film, Celtx menawarkan templat untuk sandiwara panggung, pemutaran audio, buku komik, dan lainnya. Trik untuk menggunakan Celtx dengan benar adalah dengan mengabaikan semua kekesalan itu dan fokus pada apa yang ingin Anda lakukan sekarang, yaitu menulis skenario. Anda selalu dapat kembali dan menjelajahi hal-hal lain nanti.

Celtx melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk mengetahui elemen apa yang ingin Anda gunakan selanjutnya. Tapi itu tidak sempurna. Ini akan memulai Anda dengan judul adegan; Anda bisa tahu karena ada garis abu-abu di layar. Juga, cari kotak teks kecil di antara ikon di atas jendela skenario; seharusnya tertulis "Scene Heading." "Ini semua baik dan bagus, tapi hal pertama yang Anda inginkan sebenarnya bukan judul adegan. Menurut tradisi Hollywood, Anda selalu memulai skenario baru dengan FADE IN :. Dan itu adalah transisi. Jadi tarik ke bawah menu yang mengatakan "Scene Heading" dan pilih "Transition." Perhatikan bahwa Anda sekarang rata dengan benar. Ketik kata-kata ajaib "FADE IN :." Anda juga akan mencatat bahwa Anda tidak perlu menekan Shift atau Caps Lock di sini. , Celtx akan secara otomatis mengkapitalkan elemen yang harus ada dalam semua huruf besar sesuai dengan format skenario layar.

Ketika Anda menekan return setelah FADE IN:, Celtx akan memilih tipe elemen berikutnya untuk Anda. Apa yang akan terjadi setelah transisi adalah, lagi, adegan mengarah, sehingga bilah abu-abu akan muncul kembali. Ketik garis siput (sesuatu seperti, EXT. MEADOW - DAY). Sekali lagi, Celtx tahu ini harus ditutup dan mengurusnya untuk Anda. Ketika Anda menekan kembali kali ini , alih-alih membuat judul adegan lain, Celtx tahu itu harus diikuti oleh elemen aksi, dan membuat salah satunya. e sekarang ke adegan pertama Anda. Celtx sangat pandai dalam mencari tahu apa yang harus terjadi selanjutnya dan mengurus pemformatan. Yang harus Anda lakukan adalah menciptakan.

Sejauh ini, kami telah melihat situasi di mana sudah jelas apa yang harus terjadi setelah Anda menekan kembali. Tetapi di lain waktu, Anda akan punya pilihan. Setelah Anda menyelesaikan paragraf tindakan, misalnya, Anda dapat menambahkan lebih banyak tindakan. Atau Anda dapat meminta karakter berbicara. Atau Anda bisa memulai adegan baru. Celtx mengasumsikan Anda menginginkan elemen tindakan lain. Jika Anda ingin memulai adegan baru, tekan saja Return lagi, dan Anda kembali ke Scene Heading. Jika Anda ingin seseorang berbicara, tekan Tab, dan Celtx akan secara otomatis mengatur Nama Karakter untuk Anda. Setelah Nama Karakter, Anda memiliki dua pilihan. Yang paling umum adalah dialog, jadi itulah yang akan diberikan Celtx secara otomatis kepada Anda. Anda bisa, bagaimanapun, menginginkan tanda kurung di sana. (Ini adalah tambahan untuk aktor bagaimana menyampaikan garis.) Jika Anda menginginkannya, ketikkan saja tanda kurung pembuka, dan Celtx akan langsung menyadari apa yang Anda lakukan. Ketika Anda menekan Return setelah garis dialog, Celtx menetapkan Anda untuk Nama Karakter lainnya. Jika Anda ingin kembali ke Tindakan, tekan kembali. Anda hampir selalu bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan dengan menekan kembali atau tab. Jika Anda bingung, lihat menu pull-down di atas jendela skenario. Itu selalu memberi tahu Anda jenis elemen yang Anda masuki saat ini, dan Anda selalu dapat secara manual memilih apa yang Anda inginkan dari sana.

Selain memformat skrip Anda, Celtx berisi banyak fitur tambahan. Sekali lagi, ini akan dengan cepat membuat Anda kewalahan jika Anda hanya menyelam. Tetapi Celtx akan menangani beberapa untuk Anda secara otomatis. Setiap kali Anda memulai adegan baru, garis siput untuk adegan itu muncul, diberi nomor, dalam sebuah kotak di kiri bawah. Saat adegan Anda mulai menumpuk, Anda dapat menggunakan kotak itu untuk menavigasi skrip Anda. Contoh lain adalah Katalog Utama karakter. Di atas item "Skenario" di kotak Pustaka Proyek (di kiri atas) adalah sesuatu yang disebut Katalog Utama. Setiap kali Anda memiliki karakter berbicara untuk pertama kalinya, karakter itu akan ditambahkan ke Katalog Utama. Jika Anda membuka Katalog Utama Anda akan melihat entri untuk setiap karakter, di mana Anda dapat membuat catatan, klip dalam gambar aktor yang Anda bayangkan memainkan karakter ... dan umumnya membuang banyak waktu yang dapat dihabiskan menulis. Anda mungkin menemukan ini bermanfaat, atau mereka mungkin menghalangi Anda. Setelah Anda terbiasa dengan antarmuka penulisan utama, ada semua jenis fitur tambahan untuk dijelajahi jika Anda mau.

Anda dapat menyimpan file Anda sebagai proyek Celtx, tetapi selain menyimpannya di hard drive Anda , tidak banyak yang dapat Anda lakukan dengan file proyek Celtx. Jika Anda ingin mengirim pekerjaan kepada seseorang, Anda mungkin ingin mengekspornya ke .pdf. PDF adalah semacam lingua franca baru Hollywood, dan siapa pun yang ingin melihat skrip Anda mungkin akan menginginkannya dalam format itu. Salah satu tab di sepanjang bagian bawah jendela skrip bertuliskan TypeSet. Ini pada dasarnya adalah jendela pratinjau cetak yang menunjukkan kepada Anda seperti apa script Anda sebenarnya akan terlihat di atas kertas, lengkap dengan page break. Ini tidak dapat diedit, tetapi Anda dapat menyimpan skrip Anda sebagai .pdf dari sini.

Kiat

Seperti disebutkan, ada banyak fitur untuk dijelajahi di Celtx. Tetapi Anda dapat menghasilkan skrip lengkap menggunakan hanya fitur-fitur inti ini.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Media/101314709.html

Media
  • Bagaimana Cara Merip DVD Menggunakan AnyDVD

    AnyDVD dari SlySoft adalah perangkat lunak yang berguna yang menerjemahkan enkripsi DVD dengan cepat. Dengan menghapus CSS dan bentuk enkripsi media standar lainnya, AnyDVD membuat cadangan koleksi DVD Anda menjadi mudah. Meskipun program ini bekerja dengan baik dengan suite pengeditan video bes

  • Cara Membuat Video Menggunakan PowerPoint

    Anda dapat membuat tayangan slide atau video dengan PowerPoint untuk membuat presentasi Anda lebih dramatis dan meningkatkan dampak visual dan suaranya pada audiens Anda. Anda juga dapat menggunakan PowerPoint untuk membuat tayangan slide atau video untuk penggunaan pribadi, seperti video liburan ke

  • Cara Konferensi Video Menggunakan Skype

    Berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman dengan konferensi video menggunakan Skype. Menggunakan konferensi video memungkinkan Anda melihat orang yang Anda ajak bicara. Entah Anda bertemu kakek-nenek atau mengunjungi teman, Skype memudahkan Anda terhubung secara gratis melalui Internet. Pang

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com