whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Cara Membuat Jurnal Menggunakan Microsoft Excel

Jurnal adalah spreadsheet yang melacak transaksi dalam urutan kronologis, sebagaimana terjadi. Jurnal mencakup informasi berikut: tanggal, akun, dan jumlah debit atau kredit ke akun itu. Informasi jurnal opsional mencakup nomor referensi (faktur atau nomor cek, misalnya) dan memo untuk menggambarkan transaksi. Jurnal umum akan digunakan untuk semua transaksi. Jurnal khusus untuk jenis transaksi tertentu dapat mencakup jurnal hutang dagang, jurnal piutang dagang dan /atau jurnal tunai. Informasi dalam jurnal khusus ini juga akan dimasukkan ke dalam jurnal umum.

Buka file Excel baru. Dari menu, pilih "File." Dari daftar tarik-turun, pilih “Simpan Sebagai.” Di jendela pop-up, ketik nama file dan klik "Simpan." Di sini, file itu bernama "Spreadsheet Hutang."

Ubah tata letak lembar kerja dengan memilih "File" dari menu. Dari daftar drop-down, pilih "Page Setup." Di jendela sembul, pada tab "Halaman", bagian "Orientasi", pilih tombol radio "Lansekap". Pilih “OK.”

Tambahkan garis kisi ke lembar kerja dengan memilih “File” dari menu. Dari daftar drop-down, pilih "Page Setup." Di jendela pop-up, pada tab "Sheet", "Print", pilih kotak centang "Gridlines". Pilih “OK.”

Untuk mencetak judul kolom pada semua halaman jurnal yang dicetak, pilih “File” dari menu. Dari daftar drop-down, pilih "Page Setup." Di jendela sembul, pada tab "Lembar", "Cetak Judul", masukkan "$ 1: $ 1" di bidang "Baris yang akan diulang". Pilih “OK.”

Format lebar kolom dengan mengklik kiri pada header kolom dan kemudian pilih “Format” dari menu. Dari daftar tarik-turun, pilih “Kolom.” Dari daftar drop-down, pilih "Lebar." Untuk kolom A, masukkan "10" untuk lebarnya. Untuk kolom B hingga D, masukkan "20" untuk lebarnya. Untuk kolom F, masukkan "30" untuk lebarnya. Untuk kolom G, masukkan "15" untuk lebarnya.

Di baris pertama, beri label kolom sebagai berikut: A-Date, B-Account, C-Debit, D-Credit, E-Memo, F -Referensi. Pilih baris pertama dengan mengklik kiri pada pemimpin baris (1). Tebalkan label kolom dengan menahan tombol “Ctrl” dan “B” secara bersamaan.

Format kolom "Tanggal" dengan mengklik kanan pada tajuk kolom (A). Di daftar turun bawah, pilih "Format Sel." Di jendela sembul, pilih "Tanggal" dari daftar "Kategori:". Dalam daftar "Type", pilih format tanggal yang diinginkan. Di sini, jenis "* 3/14/2001" dipilih. Pilih “OK.”

Kiri luruskan kolom “Akun” dengan mengklik kiri tajuk kolom (C). Pilih "Format" dari menu. Di daftar turun bawah, pilih "Sel." Di jendela sembul, pada tab “Alignment”, “Text Alignment”, pilih “Left (Indent)” di bidang “Horizontal:”. Pilih “OK.”

Format kolom “Debit” dan “Kredit” dengan mengklik kanan pada header kolom (D dan E). Di daftar turun bawah, pilih "Format Sel." Di jendela sembul, pilih "Akuntansi" dari daftar "Kategori:". Pilih “OK.”

Di sel B2, masukkan rumus berikut: "\u003d\u003d IF (C2> 0, G2, REPT (" ", 5) & G2)." Salin rumus ini ke bawah melalui lembar kerja.

Di bagian bawah lembar terakhir jurnal, masukkan informasi berikut: Di kolom A, masukkan label "Subtotal"; di kolom D, masukkan rumus "\u003d SUM (D2: D36)," di mana D36 adalah entri terakhir di kolom "Debit"; di kolom E, masukkan rumus "\u003d SUM (E2: E36)," di mana E36 adalah entri terakhir di kolom "Kredit"; di kolom F, masukkan label "Total"; di kolom G, masukkan rumus "\u003d D37-E37," di mana D37 adalah sel terakhir di kolom "Debit" dan E37 adalah sel terakhir di kolom "Kredit".

Untuk mengatur area cetak , pilih "File" dari menu. Dari daftar drop-down, pilih "Page Setup." Di jendela sembul, pada tab "Lembar", di bagian "Area Cetak", ketik "A: F." Pilih “OK.”

Saat transaksi kredit dan debit terjadi, masukkan data di kolom yang sesuai pada baris berikutnya yang tersedia. Jangan masukkan data ke kolom B; Ini dengan benar menyelaraskan informasi akun, membuat kredit dan membiarkan debet dibiarkan selaras.

Kiat

Lebar kolom mungkin perlu disesuaikan tergantung pada lebar data yang dimasukkan ke dalam kolom.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101317682.html

Perangkat lunak
  • Cara Membuat Grafik Termometer di Microsoft Excel

    Fungsi dasar Microsoft Excel adalah membuat spreadsheet yang efisien, tetapi aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat diagram dan grafik dengan mudah dari data di dalam spreadsheet tersebut. Excel menawarkan lebih dari selusin jenis bagan instan, dengan lebih banyak subtipe, membuatnya

  • Cara Membuat Grafik di Photoshop

    Adobe Photoshop adalah salah satu program grafik paling populer di pasaran. Ini karena ukurannya yang kecil karena fleksibilitasnya. Photoshop digunakan untuk beragam proyek, mulai dari membuat iklan dan brosur hingga membuat animasi Anda. Ini juga dapat digunakan untuk membuat grafik tingkat pe

  • Cara Membuat Brosur Bifold Menggunakan Adobe Illustrator

    Adobe Illustrator memberi Anda alat untuk membuat brosur yang terlihat profesional dan dirancang dengan baik. Dengan templat yang disimpan dalam Adobe Illustrator, Anda dapat dengan mudah mendesain brosur untuk tujuan apa pun. Apakah brosur Anda untuk rapat kantor, tugas sekolah, kesadaran kesehatan

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com