whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Perbedaan Antara Identifikasi & Otentikasi

Identifikasi dan otentikasi adalah dua istilah yang menggambarkan fase awal dari proses yang memungkinkan akses ke suatu sistem. Istilah ini sering digunakan secara sinonim, tetapi otentikasi biasanya merupakan proses yang lebih terlibat daripada identifikasi. Identifikasi adalah apa yang terjadi ketika Anda mengaku memiliki identitas tertentu dalam sistem, sedangkan otentikasi adalah apa yang terjadi ketika sistem menentukan bahwa Anda adalah siapa yang Anda klaim. Kedua proses biasanya digunakan bersama-sama, dengan identifikasi berlangsung sebelum otorisasi, tetapi mereka dapat berdiri sendiri, tergantung pada nuansa sistem.

Identifikasi
Identifikasi adalah proses penyajian identitas ", 3, [[Hal ini dilakukan pada tahap awal untuk mendapatkan akses ke sistem dan inilah yang terjadi ketika Anda mengklaim sebagai pengguna sistem tertentu. Klaim dapat berupa penyediaan nama pengguna Anda selama proses login; menempatkan jari Anda pada pemindai; memberikan nama Anda pada daftar tamu atau format lain di mana Anda mengklaim identitas dengan tujuan mendapatkan akses. Identifikasi tidak diperlukan untuk beberapa sistem, seperti kartu ATM, di mana siapa pun dengan kode yang benar dapat memperoleh akses ke akun Anda tanpa mengidentifikasi diri mereka.

Otentikasi
Otentikasi adalah proses memvalidasi identitas yang diberikan kepada suatu sistem. Ini mencakup pengecekan validitas identitas sebelum fase otorisasi. Proses pengecekan validitas bukti yang diberikan untuk mendukung identitas yang diklaim harus cukup kuat untuk mendeteksi penipu. Otentikasi biasanya terjadi setelah identifikasi selesai, seperti ketika Anda memberikan kata sandi untuk mendukung nama pengguna selama proses login. Namun, hal itu dapat terjadi bersamaan dengan proses identifikasi.

Perbedaan
Identifikasi dan otentikasi tidak mudah dibedakan, terutama ketika keduanya terjadi dalam satu transaksi. Mereka mungkin terlihat sama, tetapi mereka adalah dua proses yang berbeda. Perbedaan utama di antara mereka adalah bahwa identifikasi berkaitan dengan penyediaan identitas, sementara otentikasi berkaitan dengan pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan validitas identitas yang diklaim. Sederhananya, proses identifikasi melibatkan membuat klaim ke identitas, sedangkan proses otentikasi melibatkan membuktikan identitas itu.

Contoh
Identifikasi terjadi ketika Anda mengetik nama pengguna Anda di layar login, karena Anda telah mengklaim untuk jadilah orang itu, sementara otentikasi terjadi setelah Anda mengetikkan kata sandi dan menekan tombol "login", pada saat itu validitas klaim Anda terhadap nama pengguna ditentukan. Beberapa metode otentikasi umum termasuk kartu cerdas, biometrik, token dan kata sandi RSA, sedangkan metode identifikasi yang umum adalah nama pengguna dan kartu pintar.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101309023.html

Perangkat lunak
  • Perbedaan Antara MS Works & MS Word

    Perbedaan antara MS Works dan MS Word bermuara pada fungsi yang tersedia, harga dan jumlah ruang disk yang diperlukan untuk setiap paket. Meskipun setiap aplikasi memenuhi kebutuhan khusus untuk pengguna, beberapa orang yang ingin menyesuaikan dokumen lebih cenderung menggunakan MS Word. Seseora

  • Perbedaan Antara Alternator & Generator

    Generator dan alternator keduanya mengubah energi mekanik dari mesin mobil menjadi energi listrik. Generator digunakan sampai sekitar tahun 1970, ketika mereka digantikan oleh alternator, yang digunakan di mobil saat ini. Induksi Elektromagnetik Alternator dan generator bekerja melalui prose

  • Perbedaan Antara Kabel Digital & Satelit

    Pada dasarnya ada dua jenis layanan yang tersedia untuk pemilik rumah yang ingin menikmati beragam program digital: kabel digital dan satelit. Meskipun keduanya memiliki banyak fitur yang sama, ada juga beberapa perbedaan yang berbeda. Lokasi Perbedaan utama antara kabel digital dan sistem s

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com