whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Masalah Keamanan Sistem Operasi.

Sistem operasi adalah inti dari lingkungan komputasi - memberikan pengguna antarmuka umum dan mudah digunakan untuk perangkat keras dan perangkat lunak yang diinstal pada komputer. Eksploitasi dalam kode sistem operasi mendatangkan malapetaka pada komputer, memberi para peretas kemampuan untuk mencuri data dan merusak perangkat keras dan lunak. Keamanan sistem operasi sangat penting karena melindungi sistem kontrol pusat komputer.

Kerentanan Perangkat Lunak
Sistem operasi terdiri dari ratusan ribu baris kode. Karena manusia memprogram dan men-debug setiap sistem operasi, ratusan kerentanan dimasukkan ke dalam kode pada saat pengembangan. Kelemahan ini, mulai dari perilaku sederhana yang tidak diinginkan atau pesan kesalahan hingga crash sistem skala penuh dan korupsi data, dapat memiliki konsekuensi bencana pada manajemen data dan produktivitas. Produsen sistem operasi, seperti Microsoft dan Apple, sering menerbitkan pembaruan kode, yang disebut tambalan, untuk memperbaiki kerentanan ini dan untuk memastikan stabilitas sistem.

Otentikasi
Sebagian besar sistem operasi memiliki fitur login, atau metode pemisahan file pengguna dan akses ke komputer. Kata sandi dan nama pengguna, yang digunakan di setiap sistem operasi utama, menyediakan akses terkontrol ke domain terpisah pada suatu sistem (baik pada hard disk dan di memori sistem operasi itu sendiri). Pakar keamanan tidak menganggap kata sandi sebagai metode otentikasi yang aman karena sebagian besar kata sandi pengguna mudah ditebak atau ditulis dan disimpan di tempat yang tidak aman. Spoofing otentikasi (menyamar sebagai pengguna resmi lainnya) adalah ancaman keamanan utama untuk sistem operasi karena memungkinkan penyerang untuk mengambil identitas digital yang berbeda untuk mencuri data atau meluncurkan serangan lebih lanjut.

Malware
Malware, kependekan dari malicious perangkat lunak, membajak sistem operasi untuk melakukan semacam tugas bagi penyerang. Virus, trojan, dan spyware adalah bentuk malware yang paling umum, dan masing-masing berfungsi untuk melemahkan kontrol keamanan sistem operasi. Peretas sering mengubah komputer yang dikompromikan menjadi "bot" atau "zombie," memaksa mereka untuk bergabung dengan jaringan ribuan sistem lain untuk melakukan serangan skala besar pada bisnis atau pemerintah. Malware biasanya memerlukan semacam tindakan pengguna - mengunduh dan menjalankan file yang terinfeksi, atau mencolokkan kunci USB yang disusupi - untuk masuk ke sistem operasi.

Keamanan Fisik
Keamanan fisik adalah yang paling penting metode memastikan keamanan sistem operasi. Karena kode sistem operasi dan file konfigurasi dipasang pada hard drive sistem, penyerang dengan akses fisik ke sistem dapat dengan mudah memodifikasi, menghapus, atau mencuri file penting pada suatu sistem. Untuk alasan ini, sebagian besar server komersial disimpan di kamar terkunci dan dipantau oleh penjaga keamanan bersenjata.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101303290.html

Perangkat lunak
  • Cara Memprogram Ulang Laptop

    Memprogram ulang laptop Anda melibatkan memperbarui sistem operasi Anda saat ini atau menginstal ulang sistem operasi. Pemrograman ulang diperlukan ketika sistem operasi tidak bekerja dengan benar. Terkadang Anda tidak dapat menghindari masalah sistem, seperti virus, malware, atau file rusak yan

  • Cara Mentransfer Video Dari Sistem Keamanan ke DVD

    Banyak bisnis dan beberapa pemilik rumah menggunakan sistem keamanan canggih yang merekam video dari kamera keamanan. Beberapa merekam aliran video yang konstan, sementara yang lain merekam selama beberapa detik hanya pada interval tertentu, seperti setiap lima menit. Sebagian besar dari sistem

  • Apa itu Sistem Bicara Toshiba?

    Produsen komputer mencoba untuk menambah nilai pada sistem mereka dengan menawarkan berbagai perangkat lunak yang belum diinstal atau diunduh untuk pelanggan yang membeli mesin mereka. Salah satu program tersebut adalah Sistem Pidato Toshiba, yang diproduksi oleh Toshiba untuk berbagai perangkat kom

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com