whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Membuat CPU & Kartu Grafis Anda Berjalan Lebih Cepat & Lebih Baik

Unit pemrosesan pusat dan kartu grafis, dengan unit pemrosesan grafisnya, adalah dua perangkat keras terpenting di komputer mana pun, karena keduanya menyediakan komputasi dan daya grafis yang dibutuhkan untuk penggunaan biasa. Meningkatkan kinerja CPU dan kartu grafis Anda dapat membantu aplikasi dan game Anda berjalan lebih lancar dan lebih cepat. Perbaikan ini juga dapat memperpanjang umur komputer itu sendiri, karena Anda dapat menunda peningkatan komponen fisik.

Meng-overclocking CPU Anda

Langkah 1 - Akses BIOS komputer Anda dengan mematikan dan me-reboot komputer. Tahan "F2" selama layar boot-up komputer, sesaat sebelum logo Windows muncul.

Langkah 2
Navigasikan ke pengaturan "Kontrol Frekuensi /Tegangan" BIOS. Jalur navigasi dapat bervariasi di antara layar BIOS motherboard.

Langkah 3
Tingkatkan kecepatan clock CPU atau kecepatan bus sisi depan dengan kenaikan 5 atau 10 MHz. Simpan perubahan ini dan reboot setelah setiap kenaikan. Tingkatkan tegangan memori, tegangan chipset, dan tegangan inti jika sistem tidak dapat mem-boot dengan andal ke Windows. Setel ulang voltase ke level sebelumnya dan kurangi sedikit kecepatan bus sisi depan jika perubahan ini tidak berhasil.
Reboot ke Windows dan gunakan perangkat lunak penandaan bangku untuk menguji stabilitas pengaturan overclock yang baru. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan tes dan program macet, kurangi kecepatan bus sisi depan dan coba lagi.

Meng-overclocking Unit Pemrosesan Grafik Anda

Langkah 1
Unduh dan pasang freeware seperti sebagai EVGA Precision, RivaTuner atau ATITool ke komputer Anda. ATITool, misalnya, membantu pengguna menyesuaikan kecepatan inti dan memori kartu grafis nVidia dan ATI /AMD.

Langkah 2
Pilih "Find Max Core" pada ATITool untuk menemukan nilai inti aman maksimum. ATITool akan melakukan overclock GPU dalam peningkatan kecil hingga artefak terdeteksi. Program kemudian akan mengurangi kecepatan inti sambil terus memindai artefak. Klik "Temukan Maks Mem" untuk melakukan prosedur yang sama untuk menemukan nilai memori aman maksimum.
Klik "Baru" untuk membuat profil 3D baru. Masukkan nama profil dan pilih dari kotak drop-down di atas. Tetapkan nilai jam inti dan memori Anda dengan nilai yang ditemukan di akhir tes. Klik "Setel Jam," dan kemudian klik "Simpan." Pilih profil 3D baru di kotak tarik-turun "Profil 3D", sambil membiarkan profil 2D asalnya.

Memperbarui driver CPU dan GPU

Langkah 1
Identifikasi Anda berdua CPU dan GPU. Klik "Mulai," pilih "Panel Kontrol" dan kemudian pilih "Alat Administratif." Klik "Pengelola Perangkat" di bawah "Manajemen Komputer." Luaskan "Processor" dan "Display Adapters" untuk menemukan nama CPU dan GPU. Untuk informasi lebih rinci, sorot dan klik kanan perangkat, lalu klik "Properti."

Langkah 2
Buka browser Web Anda dan navigasikan ke situs web produsen. Buka bagian "Dukungan" dan unduh driver terbaru untuk CPU dan GPU Anda.
Klik dua kali pada installer yang diunduh dan ikuti instruksi di layar. Setelah selesai, komputer mungkin meminta Anda untuk menyalakannya kembali.

Peningkatan CPU dan GPU lainnya

Langkah 1
Bersihkan motherboard, slot pendingin dan kipas yang bersih dari debu dan serpihan-serpihan yang terakumulasi lainnya . Debu yang terakumulasi dari waktu ke waktu dapat menyumbat port udara dan melapisi komponen komputer lainnya, menyebabkannya menjadi lebih panas dari biasanya. Bersihkan debu dari CPU dan kartu grafis dengan sekaleng udara terkompresi dan kain non-statis.

Langkah 2
Tambahkan pendingin tambahan ke komputer Anda. Buka penutup komputer dan temukan slot ekspansi yang tersedia untuk penggemar tambahan. Jika ada slot yang tersedia, pasang kipas ekstra ke case dan kencangkan di tempatnya dengan klip atau sekrup yang disediakan.
Lepaskan keping pendingin CPU asli dan gantilah dengan yang memiliki kipas yang ditingkatkan atau pipa pendingin tembaga. Tambahkan lapisan tipis pasta termal ke bagian bawah pendingin di mana ia bertemu CPU. Tutup penutup komputer saat selesai.

Peringatan

  • Overclocking, jika dilakukan secara tidak benar, dapat menyebabkan kerusakan parah pada CPU dan GPU Anda. Hati-hati saat menyesuaikan kecepatan jam dan pengaturan voltase perangkat ini.

    Item yang Anda perlukan

  • Perangkat lunak penandaan


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101307687.html

  • Perangkat keras
    • Cara Mengganti Kartu Video di Komputer Anda

      Mengganti kartu video adalah proses yang sederhana, asalkan Anda berhati-hati dan melakukan tindakan pencegahan. Berikut cara mengganti kartu video yang disertakan dengan komputer Anda. Langkah 1 Pilih kartu video baru yang kompatibel dengan sistem komputer Anda. Langkah 2 Copot driver ka

    • Cara Mendeteksi Kartu Suara

      Saat Anda mendapatkan komputer baru, mudah untuk menentukan apa yang terkandung di dalamnya. Jika Anda membeli komputer bekas atau menerima komputer pass-me-down, Anda tidak tahu apa yang diinstal di dalamnya. Kartu suara adalah perangkat keras yang sangat penting, terutama di Internet yang kaya mul

    • Cara Membuat Kartu Ucapan di Komputer

      Meskipun ada banyak kartu ucapan yang tersedia di toko, mungkin sulit untuk menemukan kartu yang tepat untuk setiap kesempatan. Jika Anda menginginkan kartu yang lebih personal yang menyertakan foto Anda sendiri, Anda dapat membuat kartu ucapan menggunakan program di komputer Anda. Baik itu untu

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com