whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Menghitung Tegangan DC Ripple

Dalam elektronik ada dua jenis arus: arus bolak-balik dan arus searah. Penyearah digunakan untuk mengubah dari arus bolak-balik ke arus searah. Penyearah tidak sempurna, dan biasanya ada osilasi residu, atau "riak," dalam output sinyal dari penyearah. Anda dapat menghitung riak ini menggunakan hasil cetak dari osiloskop keluaran sinyal dari penyearah.

Langkah 1
Tempatkan ujung salah satu probe tegangan osiloskop Anda pada output ke penyearah Anda. Tempatkan probe tegangan lainnya ke ground. Perhatikan bahwa ada sedikit "riak" yang terlihat pada sinyal yang ditampilkan pada layar osiloskop.

Langkah 2
Tekan tombol cetak pada osiloskop Anda. Ambil cetakannya.

Langkah 3
Pegang probe arus multimeter terhadap output penyearah. Catat nilai rekaman arus.

Langkah 4
Lipat gandakan frekuensi tegangan riak dengan kapasitansi penyearah dan catat nilai ini. Kapasitansi penyearah akan dicatat dalam lembar data penyearah.
Bagi nilai saat ini yang dicatat pada Langkah 3 dengan produk kapasitansi dan frekuensi yang dicatat pada Langkah 4. Nilai yang dihasilkan akan menjadi puncak-ke-puncak tegangan ripple dari sirkuit Anda.

Tips
Jika osiloskop Anda tidak secara otomatis memberi nilai untuk frekuensi sinyal, tentukan frekuensinya dengan mengambil kebalikan dari periode siklus. Ukur periode bentuk gelombang riak pada oscilloscope Anda cetak dan kemudian menemukan kebalikan dari nilai ini. Ini akan menjadi frekuensi sinyal.
Jika osiloskop Anda secara otomatis memberi Anda nilai untuk frekuensi sinyal, bacalah ini dari layar osiloskop dan jangan cetak bacaan osiloskop Anda.
Tegangan riak puncak-ke-puncak adalah perbedaan antara tegangan pada palung, atau dasar, dari riak dan tegangan pada puncak, atau atas, dari riak pada keluaran penyearah.
Karena frekuensi hanyalah kebalikan dari periode, Anda dapat mengalikan arus dengan periode dan membagi produk mereka dengan kapasitansi penyearah untuk menemukan tegangan puncak-ke-puncak. Tergantung pada apakah osiloskop Anda melaporkan frekuensi atau periode dari bentuk gelombang, tetapi tidak ada bedanya dengan hasil akhir.

Barang yang Anda butuhkan

  • Kalkulator
  • Osiloskop
  • Printer
  • Multimeter
  • Lembar data penyearah


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101305505.html

  • Perangkat keras
    • Cara Menulis Kodesemu untuk Menghitung Pajak

      Kodesemu tidak lebih dari sekumpulan langkah atau rencana tentang bagaimana Anda akan menulis kode komputer untuk menyelesaikan suatu tugas. Tidak ada format khusus, dan tidak ada aturan sintaks untuk cara menulis pseudocode. Syarat utama adalah bahwa penulis kodesemu harus dapat memahami apa ya

    • Cara Menghitung Teraflops

      Salah satu ukuran kecepatan komputer adalah jumlah operasi floating point per detik (FLOPS) yang dapat dihitung. Komputer kelas atas saat ini diukur dalam gigaFLOPS (miliaran operasi floating point), sedangkan superkomputer diukur dalam teraFLOPS (triliunan). Beberapa mesin luar biasa diukur dal

    • Cara Menghitung Penggunaan Memori

      Salah satu cara untuk menganalisis kinerja pada komputer adalah dengan melihat jumlah memori yang digunakan. Windows memiliki aplikasi internal yang memberi tahu Anda berapa banyak memori yang dipasang dan berapa banyak yang digunakan. Anda dapat menggunakan Task Manager ini untuk menghitung berapa

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com