whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Media

Apa itu SSID?

Pendakian Internet nirkabel yang cepat sebagai sarana untuk terhubung ke World Wide Web telah menyebabkan peningkatan jumlah orang yang menerima sinyal nirkabel. Jalur akses Internet nirkabel dapat menyiarkan sinyal dengan jangkauan hingga 120 kaki, yang berarti bahwa pengguna di lingkungan, gedung apartemen, taman komersial dan area lain dengan konsentrasi besar orang dapat melihat banyak jaringan. Jaringan ini disebut pengidentifikasi set layanan (SSID).

Sejarah

"set layanan" dalam pengidentifikasi set layanan merujuk ke jaringan yang berusaha dijangkau oleh komputer. Jaringan-jaringan ini disebut sebagai LAN nirkabel, atau jaringan area lokal nirkabel. Ini biasanya merupakan pengaturan dalam aplikasi perumahan atau bisnis kecil. Penyedia layanan Internet membawa Internet ke gedung dan menghubungkannya ke modem. Modem memiliki sepotong kabel yang terhubung ke router nirkabel. Router ini mendistribusikan sinyal ke pengguna. Kata "pengidentifikasi" dalam pengidentifikasi set layanan merujuk pada nama yang ditetapkan untuk jaringan.

Jenis

SSID dasar sebenarnya adalah sekumpulan ASCII (Kode Standar Amerika) untuk Information Interchange, bahasa komputer universal) karakter yang unik untuk router nirkabel tertentu. Pengidentifikasi dasar ini biasanya alamat MAC (Media Access Control) router. Alamat MAC adalah seperangkat kode unik yang ditetapkan untuk Internet atau gateway jaringan apa pun. Misalnya, modem dan router yang disediakan oleh penyedia layanan Internet dan titik akses nirkabel masing-masing memiliki alamat MAC yang terpisah. Selain itu, kartu penerima nirkabel di komputer individual juga memiliki alamat MAC dan SSID. Sebagian besar router di pasaran saat ini mendukung SSID yang disempurnakan, yang memungkinkan nama untuk ditugaskan ke jaringan. Ini memungkinkan pengguna di suatu tempat dengan Internet nirkabel gratis untuk mengakses layanan dengan nama jaringan, bukan dengan menggunakan kode 32 digit.

Fungsi

SSID biasanya ditugaskan selama proses pengaturan router atau titik akses nirkabel (WAP). WAP dan router tingkat konsumen memiliki fungsi pengaturan yang dapat dijalankan saat instalasi. Misalnya, nama default untuk router merek Linksys adalah "linksys." Banyak orang memberi nama titik akses mereka dengan nama belakang mereka sendiri atau nama bisnis tempat jaringan itu dibuat. Membuat nama yang unik sangat penting untuk kemudahan penggunaan dan koneksi yang stabil.

Kesalahpahaman

Hanya karena SSID disiarkan ke pengguna, bukan berarti pengguna dapat terhubung ke jaringan tertentu. Perangkat lunak nirkabel komputer mungkin menemukan beberapa jaringan dalam jarak dekat, tetapi ada kemungkinan yang sangat baik bahwa pemilik jaringan memiliki langkah-langkah keamanan untuk membatasi akses. Bagi banyak orang, ini untuk melindungi "pemburu nirkabel", atau orang yang mencuri koneksi internet tetangga mereka tanpa membayar sendiri. Dengan jaringan yang melindungi kata sandi, pengguna juga mencegah orang lain mengakses file di jaringan mereka.

Pertimbangan

Pembuat router dan WAP telah memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan siaran SSID. Di permukaan, ini sepertinya alat keamanan yang efektif untuk mencegah orang dari perburuan broadband. Namun, menghentikan siaran SSID tidak menghentikan sinyal untuk diedarkan. Pengguna komputer yang canggih telah mampu mengatasi blok ini. Kartu akses nirkabel komputer individu memiliki alamat MAC dan SSID sendiri, dan pengguna biasanya tidak mengamankannya. Terdapat potensi bahwa pengguna luar dapat menemukan SSID ini, memasuki komputer tanpa menggunakan kata sandi dan memiliki akses ke konten komputer atau koneksi Internetnya. Oleh karena itu, profesional TI tidak merekomendasikan ini sebagai satu-satunya tingkat keamanan jaringan.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Media/101317023.html

Media
  • Apa itu Filter Komputer?

    Impuls orang tua alami untuk menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita, dan ingin melindungi mereka dari pengaruh yang tidak pantas, datang ke konflik serius di Internet. Ada banyak sekali informasi yang tersedia secara online, informasi yang dapat digunakan anak-anak untuk mempelajari cara mer

  • Vs Internet Nirkabel Non-Nirkabel Internet

    Untuk terhubung ke Internet, Anda memiliki dua opsi: kabel atau nirkabel. Jumlah komputer yang mengakses Internet pada jaringan Anda, jenis modem, dan portabilitas yang lebih disukai akan menentukan yang akan dipilih. Internet Kabel Koneksi kabel dilakukan ketika modem terhubung langsung ke komp

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com